3 Taman Terbaik di Kota Makassar yang Bagus untuk Dikunjungi

 
0

Ruang terbuka hijau yang ramah pada masyarakat sekitar adalah impian yang mungkin dirindukan oleh sebagian besar orang di perkotaan. Kehadiran taman-taman di beberapa sudut kota setidaknya membawa ruang baru bagi masyarakat untuk berekspresi sesuai kebutuhan dan keinginannya. Di beberapa kota metropolitan, taman telah dihidupkan kembali sebagai sarana umum untuk kebutuhan masyarakatnya.

Beragam aktivitas bisa kita lakukan di taman-taman, mulau dari mengisi waktu luang sambil bercengkrama bersama keluarga dan kerabat, olahraga dengan berlari mengelilingi taman, atau hanya sekadar menikmati keindahan tamannya.

Terdapat puluhan taman yang ada di kota Makassar saat ini. Namun, akses untuk memanfaatkan taman belum dirasakan dan dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar secara maksimal. Berikut beberapa taman terbaik di kota Makassar yang bagus untuk dikunjungi.

1. Taman Maccini Sombala Of Indonesia

Taman Maccini Sombala Of Indonesia via ksmtour.com

Taman yang baru diresmikan beberapa tahun yang lalu ini, merupakan salah satu taman terbaik yang bagus untuk dikunjungi. Berlokasi di jalan Nuri Baru dan dekat dari pusat kota Makassar. Akses ke lokasi ini tidaklah begitu sulit, karena dekat dari pantai losari. Waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke lokasi ini tidak sampai 15 menit dari pantai losari dengan menggunakan kendaraan bermotor.

Taman Maccini Sombala of Indonesia, dari namanya saja kita akan takjub dengan taman yang satu ini. Mungkin saja sebagian orang akan berpikir bahwa taman ini adalah salah satu taman yang merepresentatifkan Indonesia, karena adanya penambahan kata “of Indonesia” di belakang namanya.

Taman ini memiliki luas sekitar empat hektar dan terdiri dari empat bagian yang dikenal dengan istilah plaza. Beragam fasilitas yang tersedia di taman ini seperti adanya  air mancur, bangku-bangku taman, arena jogging, tempat untuk pejalan kaki, hingga gazebo. Ada yang menarik dari taman ini, karena disegala sisinya terdapat kanal buatan sepanjang 1,5 kilometer dengan lebar 35 meter. Sangat jarang ada taman yang dikelilingi oleh kanal, sungguh sangat menarik bukan?

Taman yang dibuka setiap sore untuk masyarakat umum ini pada dasarya mengkombinasikan tiga unsur kebutuhan masyarakat perkotaan. Saat ini masyarakat kota butuh sarana olahraga yang murah, sarana rekreasi yang mudah di akses, dan adanya edukasi tentang berkebun. Berkebun adalah hal yang sangat jarang bisa kita temui di kota metropolitan seperti Makassar. Namun, Taman maccini sombala of Indonesia ini justru menyadiakan medianya.

Bagi orang yang suka foto-foto ini adalah  surga yang sesungguhnya. Karena hampir disetiap sudut taman ini, merupakan spot yang keren untuk diabadikan. Singgah sebentar, pose, lalu jebret.

Saat pertama kali masuk, pengunjung akan disuguhi gazebo-gazebo yang ditengahnya terdapat sebuah lapangan yang lumayan luas. Bagian gazebo ini, dikenal dengan istilah Plaza I. oh iya, ketika ada event atau kegiatan yang diadakan di taman ini maka di bagian inilah tempat berlangsungnya kegiatan.

Tidak jauh dari bagian gazebo, ada bagian lainnya yang tidak kalah menarik. Plaza II dengan sayur dan buah yang ditanam pada berbagai media tanam. Ada juga bunga anggrek di bagian ini. Setidaknya, sarana edukasi tentang berkebun bisa didapatkan dengan mudah dan asik di taman yang sejuk ini.

Bergeser sedikit di bagian lainnya, yakni Plaza III. Pada bagian ini terdapat pondok-pondok bambu yang tentunya memiliki nilai seni tersendiri bagi penikmat seni. Di sisi lain bagian ini juga terdapat lapangan yang ukurannya agak kecil, yang dihiasi dengan pohon palem.

Lelah berkeliling di taman ini. Plaza IV menjadi lokasi yang paling mantap untuk mengubur rasa lelah itu. Bangku-bangku taman akan memanggil dengan genit untuk segera diduduki sembari menikmati angin yang sepoi. Percaya saja, rasa lelah itu akan segera hilang.

2. Taman Macan

Taman Macan via cdn2.tstatic.net

Taman yang satu ini sangat identik dengan patung macan nya. Berlokasi diantara jalan slamet riyadi dan jalan balaikota, membuat taman yang satu ini tidak pernah sepi dari kunjungan orang-orang yang hendak menikmati hijaunya taman kota.

Taman dengan luas 11.000 meter persegi ini menjadi salah satu taman terbaik di kota Makassar yang bagus untuk dikunjungi. Mengisi hari dengan berolahraga di taman yang rindang, sudah menjadi ikon dari taman macan sejak dulu kala.

Kalaupun penat dari rutinitas sehari-hari taman ini menjadi lokasi yang paling strategis untuk menghilangkan sedikit rasa penat tersebut. Taman yang dikelilingi oleh pusat bisnis dan pemerintahan ini, sudah seperti oase ditengah gurun. Gedung-gedung tinggi dan rutinitas sibuknya perkantoran mampu diimbangi dengan pohon-pohon hijau yang rindang dan sejuknya angin sepoi.

Taman macan sudah menjadi public space, jadi tidak mengherankan jika taman ini bisa dikatakan taman yang tidak pernah tidur. Saat pagi menjelang, banyak orang yang berolahraga. Saat siang hari, banyak orang yang berteduh sambil bercengkerama. Hingga saat sore, puncak keramaian di taman ini menyambut. Sering juga pada malam hari, taman ini dijadikan spot kegiatan konser, bazaar, dan sebagainya yang mampu mendatangkan ratusan hingga ribuan pengunjung.

3. Taman Hasanuddin

Taman Hasanuddin via cdn2.tstatic.net

Kota Makassar sangat identik dengan pahlawan Sultan Hasanuddin. Tidak seorangpun yang berkunjung ke Makassar yang tidak akan mendengarkan nama tersebut. Hasanudiin akan kita temui di beberapa akses layanan umum di Makassar. Mulai dari bandar udara, universitas, hingga jalan dan taman kotanya.

Taman hasanuddin terletak diantara jalan sultan hasanuddin dan jalan lamadukelleng. Tidak jauh dari pantai losari dan taman macan. Untuk mengaksesnya juga sangatlah mudah, karena masih dekat dengan pusat kota. Bahkan kita bisa berjalan kaki dari pantai losari ke taman ini.

Taman ini didirikan pada tahun 1991 silam, dengan luas 6.510 meter persegi. Walaupun pengunjung yang berolahraga tidak seramai di taman macan saat sore hari, taman ini juga menyediakan track untuk jogging dan aneka permainan untuk anak-anak.

Banyaknya pohon yang rindang dan dekatnya dengan pantai menjadikannya sebagai salah satu taman terbaik di kota Makassar yang bagus untuk dikunjungi. Saat siang hari, tempat ini bisa menjadi penolong dari panasnya suhu kota Makassar. Untuk waktu-waktu tertentu, taman ini juga digunakan sebagai tempat untuk ekspresi seni bagi beberapa komunitas pecinta seni.

Saat ini taman kota benar-benar menjadi salah satu kebutuhan masyarakat perkotaan. Sarana olahraga dan rekreasi yang  mudah dan murah bisa di dapatkan di taman-taman kota.

Taman kota yang berfungsi sebagai ruang publik sudah semestinya dapat diakses oleh siapa saja. Kebebasan itu akan lebih sempurna saat setiap orang memiliki kesadaran untuk merawat dan menjaga fasilitas yang ada di dalamnya, tanpa harus mengganggu dan merusaknya. Menerapkan budaya cinta akan fasilitas umum adalah salah satu kuncinya.

Ayo, Sama-sama ramaikan taman kota dengan mengakak teman, keluarga, dan kerabat. Kita bisa menikmati sejuknya taman terbaik di kota Makassar ini.

Alamsyah atau lebih akrab dipanggil Alam seorang anak muda Makassar yang hobi menulis dan berselancar di dunia maya. Gabungan kedua hobinya itu membawanya menjadi seorang blogger dan penanggung jawab konten di beberapa media online. Tahun 2016 silam, dia dinobatkan menjadi salah satu Duta Damai di dunia maya, oleh Pusat Media Damai BNPT. Dia memiliki blog pribadi yang bisa diakses disini