5 Destinasi Menarik Selama Perjalanan Ke Camba

 
0

Jika kamu mengunjungi maros, jangan lupa kamu berkeliling di camba. Camba adalah salah satu kecamatan yang terdapat di Kabupaten Maros. Daerah yang secara geografis berbentuk lembah dengan ketinggian 340 meter diatas permukaan laut. Kamu akan merasakan sejuknya jika berada di daerah ini. Pada saat kamu berdiri diatas daerah ini dan melihat 360 derajat disekelilingmu. Kamu akan melihat rindangnya bukit dan gunung di sekelilingmu.

Camba adalah daerah dengan beriklim sejuk dengan ibukotanya kelurahan cempaniga. Jika dihitung kira-kira jarak udara dari Bandara Internasional Sultan Hasanuddin adalah 32 KM tetapi jika kamu memilih menggunakan jalur darat menuju camba dari maros akan menjadi 42 KM. Diperkirakan jarak camba dari kota makassar adalah 78 KM jika kamu hendak menggunakan jalan lintas provinsi.

Perekonomian camba dihasilkan dari pertanian. Karena menjadi petani adalah profesi yang banyak di camba selain pegawai negeri sipil. Ada juga beberapa masyarakat camba yang berprofesi sebagai peternak yang kebanyakannya beternak ayam ras tetapi tidak sedikit juga yang beternak sapi.

Sejarahnya camba adalah salah satu wilayah terluas di kabupaten maros yang pada tahun 1963 maros melakukan pemekaran menjadi 4 kecamatan yakni kecamatan Maros Baru, Bantinmurung, Mandai dan Camba kemudia pada tahun 1989 dibentuk kecamatan perwakilan yakni kecamatan Tanralili, Maros Utara dan Mallawa. Camba adalah pintu gerbang menuju Kabupaten Maros jika kamu melalui kabupaten Bone.

Kamu akan disuguhkan dengan pemandangan yang indah dan asri jika kamu mengunjungi camba. Tidak hanya itu kamu juga masih akan melihat berbagai keindahan bebatuan dan goa selama perjalanan menuju camba dari kota maros. Jalan berliku dan berkelok dangan hamparan pohon akan memanjakan mata kamu selama perjalanan. Bagi yang tidak hati-hati maka akan terperosok di sisi jurang karena perjalanan menuju camba harus melalui jalanan menanjak dan tikungan tajam yang dengan jurang.

Perjalan lelah kamu dan mungkin akan sesekali mabuk perjalan mulai dari pusing sampai muntah akan terbayarkan jika kamu sudah tiba di camba. Suasana yang terbilang tidak terlalu ramai dan penduduk yang ramah akan segera menyambutmu ketika berada di camba. Jumlah penduduk camba tidak lebih dari 15.000 orang dimana para pemuda kisaran 18-27 akan jarang terlihat. Hal itu disebabkan karena tidak adanya universitas di daerah ini selain Universitas Terbuka yang menyebabkan usia seperti itu memilih untuk kuliah di Makassar atau setidaknya di kota Maros.

Jika kamu mengunjungi camba ada beberapa tempat dan hal menarik yang akan kamu temui jika kamu sedang atau sudah tiba di camba beberapa diantaranya adalah:

1. Bukit Teletubies

Bukit Teletubies via panoramio.com

Bagi generasi 2000an tidak asing lagi dengan serial anak-anak teletubies. Empat boneka lucu dengan varian warna dan memiliki nama seperti Tinky Wingky berwarna ungu, Dipsy berwarna hijau, Lala berwarna kuning dan yang terkecil berwarna merah sering melalang buana di TV nasional kita dan yang menjadi trademark adalah lokasi rumah mereka yang sering di sebut Bukit Teletubies.

Bukit Teletubies tidak hanya terdapat di camba tetapi juga terdapat di daerah gunung Bromo. Tetapi, bukit teletubies di camba tidak kalah menarik untuk kamu kunjungi. Tidak banyak orang sekitar yang mengetahui mengenai bukit teletubies. Dinamakan bukit teletubies karena para traveller tidak sengaja menemukan daerah ini dan masih dijagaa hingga sekarang.

Lokasi bukit ini terdapat di Jalan poros camba maros, di Dusun Rebbo, Desa Bengo, Kecamatan Cenrana. Kecamatan Cendrana adalah salah satu kecamatan yang akan kamu laluin ketika hendak menuju camba. Kamu akan di manjakan dengan dataran hijau luas dan sangat enak dan tenang jika kamu menjadikannya sebagai salah satu destinasi untuk kemping bersama teman dan keluarga.

2. Hutan Pinus Bengo-Bengo

Hutan Pinus Bengo-Bengo via fotosulawesi.blogspot.co.id

Tidak jauh dari Bukit Teletubies kamu bisa mengunjungi hutan pinus bengo-bengo. Hutan ini sudah dikenal banyak oleh sebab banyak dijadikan tempat kaderisasi mahasiswa. Di daerah ini kamu bisa mendapati area berkemah dan sarana outbound . Jika kamu ingin mengunjunginya kamu bisa bertanya dengan warga sekitar. Untuk memasuki daerah ini kamu perlu melewati rumah-rumah penduduk. Jika hanya untuk mengambil gambar di sekitar area kamu tidak perlu melapor ke pihak pengelola karen gratis kecuali kamu ingin menginap. Disini sudah disediakan Guest House dan Balai Pertemuan dan tidak jarang area ini penuh.

3. Gua Anjing Taddeang

Gua Anjing Taddeang via fadlyjafar.blogspot.co.id/

Gua ini terletak di kecamatan Simbang di daera Taddeang. Gua ini dinamakan Gua Anjing karena ditemukan oleh warga yang sedang mencari anjingnya yang pada saat itu sedang bersembunyi di dalam gua. Panjangnya mencapai 400m. Walaupun memiliki nama yang seram keindahan gua ini tidak diragukan lagi. Gua ini memiliki dua pintu masuk berlainan ukuran. Satu bisa kamu masuki dengan cara biasa namun pintu masuk lain kamu harus rela merangkak. Di ujung goa ini terdapat kolam air yang indah dan sering dijadikan mata air dadakan oleh para penduduk. Tetapi hingga saat ini belum ada yang tahu air itu bermuara dari mana. Kamu bisa menjadikan spot gua ini sebagai area berfoto yang bagus karena bentuk bebatuan yang indah bisa kamu jadikan latar.

4. Air Terjun Lacolla

Air Terjun Lacolla via enalgattuso8.files.wordpress.com

Air terjun ini adalah air terjun 7 tingkat yang terdapat di kecamatan cenrana. Jika kamu berdiri di puncak air terjun kamu bisa melihat keindahan kota maros, camba dan cenrana sekaligus. Namun medan untuk mencapai air terjun ini sangatlah menantang. Kamu harus melewati pemandangan hutan dan jarak yang sampai 10km dari jalan poros. Air terjun yang sering dikunjungi adalah yang memiliki tingkat tiga karena tingkat empatnya sangat jauh dari lokasi tingkat pertama.

5. Tana Tengnga

Tana Tengnga via ummi-faqih.blogspot.co.id

Objek wisata ini dibangun di kecamatan camba oleh mantan sekretaris provinsi Sulawesi Selatan A. Muallimin. Di daerah ini kamu akan disuguhkan layaknya dunia fantasi. Kamu bisa melakukan berbagai kegiatan seperti outbound, berenang atau sekedar bersantai-santai bersama keluarga. Letaknya yang diatas perbukitan membuat kamu bisa merasakan sejuknya alam camba.

Sebenarnya masih banyak daerah wisata yang belum dimaksimalkan potensinya oleh pemerintah camba. Beberapa lokasi seperti Air Terjun Baruttung dan Air Terjun Maddenge belum memiliki fasilitas yang memadai. Kabar lokasi wisata ini hanya dari mulu ke mulut oleh beberapa traveller yang hobi untuk menyusuri daerah baru.

Kabupaten maros khususnya daerah camba bisa dimaksimalkan potensinya. Apalagi perekonomian camba sudah ditunjang oleh akses jalan yang sudah memadai. Bahkan keamanannya perjalanannya sudah dimaksimalkan. Camba sebagai salah satu destinasi daerah unggulan maros siap menjadi primadona di Sulawesi Selatan bagi penikmat alam bebas yang ingin menjauhkan diri dari hiruk pikuk perkotaan. Jika kamu sedang menjadikan camba sebagai destinasi wisata kamu bisa segera kesini dan akan disambut dengan ramah oleh kearifan lokal yang ada.

Lulusan tahun 2013 dari Universiti Kebangsaan Malaysia Jurusan IT yang berfokus kepada pengembangan web dan perpustakaan digital ini sedikit mengalihkan rutinitas sebagai penulis lepas sejak tahun 2010. Telah menulis di beberapa media online Indonesia. Saat ini tengah menyelesaikan penulisan buku pertamanya secara digital. Bagi yang ingin kenal lebih dekat dengan saya silahkan kunjungi blog pribadi saya disini