6 Wahana Keren Yang Dapat Kamu Kunjungi Di Bantimurung Maros

 
0

Bagi kamu para traveler, berkunjung ke Sulawesi Selatan wajib hukumnya. Di sini kalian dapat mengunjungi objek wisata yang beragam yang terkenal di Sulawesi Selatan adalah Pantai Losari. Namun kamu bisa mengunjungi salah satu wisata alam yang terkenal dengan sebutan Kingdom of Butterfly yaitu Wisata Alam Bantimurung.

Bantimurung adalah salah satu destinasi wisata yang terletak di bulusaraung, Kabupaten Maros. Objek wisata ini adalah sebuah air terjun bertingkat yang terbentuk secara alami. Air terjunnya juga pernah kamu jumpai di berbagai buku pelajaran sekolah, khususnya buku geografi.

Wisata alam Bantimurung sering dikunjungi oleh wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Kamu bisa mengunjungi Bantimurung dengan membayar tiket seharga Rp. 25.000 untuk sekali masuk. Jika kamu sedang berwisata bersama keluarga di akhir pekan. Tempat ini bisa kamu jadikan tujuan. Di dalamnya kamu sudah mendapatkan fasilitas yang cukup lengkap seperti tikar atau jika kamu ingin lebih pribadi kamu bisa menyewa gasebo untuk keluarga. Ada juga fasilitas seperti toilet dan mushola.

Karena ini adalah wisata air. Kamu bisa juga menyewa ban sebagai pelampung dengan harga bervariasi sesuai ukuran. Banyak juga lapak-lapak di luar gerbang yang menjual buah tangan untuk dibawa pulang seperti gantungan kunci dan pajangan dinding. Kekhasannya adalah semuanya memiliki hiasan kupu-kupu. Kamu juga bisa membeli pajangan dengan tiruan kupu-kupu beserta informasi mengenai jenisnya.

Dulu semua suvenir terbuat dari kupu-kupu asli. Namun karena mulai berkurangnya jenis kupu-kupu maka pemerintah maros melarang penggunaan kupu-kupu asli dan memilih untuk membuat penakaran untuk menjaga kelangsungan hidup kupu-kupu yang ada di Kingdom of Butterfly ini.

Tidak hanya air terjun bertingkatya. Kamu juga bisa mengunjungi bjek wisata lain di dalam kawasan bantingmurung ini. Wahana lain yang terdapat di Wisata Alam Bantimurung adalah;

1. Tangga Seribu

Tangga Seribu via instagram.com

Ini adalah satu-satunya wahana yang gratis. Tangga Seribu adalah salah satu dari apa yang dapat kamu temui jika berkunjung ke Bantimurung. Tangga ini dapat dengan mudah kamu temui. Letaknya yang tepat berada disamping air terjun memang sangat mencolok untuk dilihat.

Apakah jumlah anak tangganya seribu?. Tentu tidak dinamakan tangga seribu karena jumlahnya yang banya dan orang terlalu malas untuk menghitung jumlah pastinya. Menaiki tangga ini kamu akan mendapatkan pengalaman yang baru. Disisi kanan kamu akan dimanjakan dengan pemandangan air terjun yang aliran airnya cukup deras. Disisi kirimu kamu akan melihat tekstur yang terbentuk oleh alam di dinding gunung.

Lebar tangga ini cukup untuk menampung dua orang dewasa dengan ukuran normal. Oles sebab itu jika kamu menaiki dalam keadaan ramai kamu akan cuykup berdesakan. Kamu harus hati-hati dalam menaiki tangga ini karena cipratan air terjun dari sisi kanan terkadang anak tangga menjadi basah. Pada awalnya anak tangga seribu terbuat dari batu alami yang dibentuk dari batuan gunung yang dipahat manual tapi karena alasan renovasi anak tangganya sekarang dalam bentuk semen yang dicor dan memiliki tembok yang menghalangi antara tangga dan air terjun disampingnya demi alasan keamanan.-

2. Danau Tengkorak

Danau Tengkorak via cabinbag.files.wordpress.com

Danau Tengkorak adalah sebuah danau di atas air terjun Bantimurung. Daerah sekitar danau yang asri membuat pemandangan danau terlihat indah. Namun saat ini danau ini ditutup untuk umum. Karena danau ini sangatlah berbahaya. Itulah kenapa disebut dana tengkorak. Danau ini terlihat tenang di permukaan tapi terdapat pusaran arus yang deras dibawah air. Danau ini sudah banyak memakan korban. Salah satunya anak usia 16 tahun yang tenggelam dan jasadnya belum ditemukan. Diperkirakan terjepit disela bebatuan yang ada didasar danau.

Saat ini danau ini dibatasi dengan pagar kawat berduri untuk memastikan tidak ada orang yang nekat untuk berenang disana. Jika kamu penasaran kamu akan dapat melihat danau ini ketika berjalan menuju salah satu goa yang terdapat di Bantimurung yaitu goa batu.

3. Goa Mimpi

Goa Mimpi via 4.bp.blogspot.com

Di Bantimurung terdapat sebuah goa mistis. Namanya goa mimpi. Dinamakan goa mimpi karena goa ini ditemukan berdasarkan mimpi bupati maros pada tahun 1986. Bupati maros pun meminta salah satu warganya bernama Puang Sakka untuk mencari goa tersebut. Berdasarkan penjabaran bupati, goa tersebut benar-benar ada.

Jika kamu kedalam goa akan terasa seperti di dalam mimpi. Goa mimpi mempunya 34 batu yang menyerupai benda seperti bentuk tangan, penjual jamu yang sedang menggendong jamu dan yang terkenal adalah batu yang berbentuk buaya. Bagi kamu yang pertama kali ke goa mimpi sebaiknya memakai pemandu. Jalan yang gelap dan licin serta panjang goa yang cukup dalam membuat kamu akan tersesat.

 4. Goa Batu

Gua Batu via upload.wikimedia.org

Goa ini terletak diujung jalan ketika kamu berjalan melalui tangga seribu. Goa ini dikenal dapat memperlancar jodoh kamu. Oleh sebab itu goa ini disebut juga dengan goa jodoh. Untuk memasukinya kamu bisa menyewa senter seharga Rp. 10.000 atau lampu petromax dengan harga Rp. 50.000 untuk membantu kamu untuk menyusuri lorong goa yang gelap.

Goa ini juga dikenal sebagai tempat pertapaan Raja Bantimurung. Di dalamnya terdapat sebuah cekungan, jika kamu sedang bersama pasangan yang ingin kamu nikahi, kamu bisa menaikinya dan memanjatkan doa. Di dalam goa juga terdapat sebuah mata air tawar yang konon kabarnya jika kamu mencuci muka dengan air tersebut kamu bisa menjadi awet muda.

5. Musium Kupu-Kupu

MuSeum Kupu-Kupu via wisatasulawesi.com

Musium ini  memiliki koleksi 300 jenis kupu-kupu yag di awetkan. Kau dapat belajar ekosistem kupu-kupu disini. Jadi liburan kamu tidak sia-sia dan mendapatkan ilmu. Istilah kerennya Eduliday (Education Holiday). Musium ini berbentuk rumah kaca dengan luas 70 meter persegi dengan harga tiket masuk hanya Rp. 5000.

Koleksi terbanyak musium ini adalah jenis papilo androkles dan papilo blumei yang berasal dari Bantimurung. Ada juga beberapa koleksi kupu-kupu dari Papua. Ukurannya juga bervariasi dari yang kecil hingga yang seukuran telapak tangan manusia dewasa. Kupu-kupu berwarna hijau kuning, dan biru tertata rapi di lemari kaca.

6. Bantimurung Water Park

Bantimurung Water Park via cdn2.tstatic.net

Bantimurung Water Park adalah wahana terbaru yang terdapat di Wisata Alam Bantimurung. Lokasinya berdekatan dengan pintu gerbang berbentuk kera. Tepatnya disebelah kanan. Wahana ini diperuntukkan jika kamu ingin mendapatkan nuansa water park karena wahana ini terlihat berbeda dengan wisata alam air terjunnya. Disini kamu dapat merasakan wahana permainan air seperti water boom.

Wahana ini juga memiliki air terjun buatan yang selalu mengalirkan air. Untuk memasuki wahana ini kamu harus merogoh kocek sebanyak Rp. 12.000. Kamu bisa menikmati semua wahana didalamnya. Di sediakan juga tempat parkir tersendiri. Walaupun luasnya tidak seluas dengan wiata alam. Kamu tetap dimanjakan dengan permainan air dan cocok untuk kamu yang ingin berenang layaknya kolam renang

Itulah wahana yang ada di Wisata Alam Bantimurung Bulusaraung yang dapat kamu nikmati jika berkunjung ke Kabupaten Maros. Ingin merasakan wahana yang jauh dari keramaian kota kamu wajib berkunjung kesini. Kamu pun bisa membeli berbagai cinderamata seperti gantungan kunci dan baju serta hiasan kupu-kupu untuk dibawah pulang. Di tunggu kedatangannya di Kabupaten Maros.

Lulusan tahun 2013 dari Universiti Kebangsaan Malaysia Jurusan IT yang berfokus kepada pengembangan web dan perpustakaan digital ini sedikit mengalihkan rutinitas sebagai penulis lepas sejak tahun 2010. Telah menulis di beberapa media online Indonesia. Saat ini tengah menyelesaikan penulisan buku pertamanya secara digital. Bagi yang ingin kenal lebih dekat dengan saya silahkan kunjungi blog pribadi saya disini