7 Air Terjun Terindah Pinrang, No. 1 Paling Populer

 
0

Air terjun menjadi sebuah destinasi wisata bahari yang paling indah dan mengagumkan. Layaknya ciptaan Tuhan sang pemilik Alam yang begitu indah ini memancarkan kesejukan yang tiada henti-hentinya. Aliran air yang deras mengikuti gerak gravitasi Bumi seakan memberikan sebuah kode alam yang fantastik dengan penuh gairah untuk menggoda para penikmat alam bebas. Suara-suara gemercik nan merdu mengikuti alunan melodi yang senada memberikan himbauan untuk segera merasakan kenikmatan sejuknya air tersebut. Mengunjungi sebuah wisata bahari seperti Air Terjun dapat memberikan pengobatan dan relaksasi tersendiri terhadap para pengunjungnya.

Pinrang sangat terkenal sebagai salah satu kabupaten Kuliner Palekko / Dangkot dan beberapa jajanan kue tradisional lainnya.  Namun dari segi wisata alam masih banyak masyarakat yang belum mengetahui akan ikon-ikon dengan sentuhan Alam yang indah asli dari kabupaten ini. Setidaknya, Pinrang memiliki 7 Air Terjun yang wajib untuk dikunjungi ketika sedang mengalami kegalauan maupun sedang berlibur bersama dengan keluarga tercinta. 7 Air Terjun tersebut ialah:

1. Air Terjun Kali Jodoh

Air terjun kali jodoh - bagooli.com
Sumber: jejak sendal

Dilihat dari nama tempatnya sudah bisa ditebak bahwa air terjun ini memiliki cerita klasik dan simbolis yang diyakini oleh sebagian masyarakat asli daerah Pinrang. Air terjun kali Jodoh ini memiliki empat sumber air, berada pada kawasan yang luasnya sekitar 2 Ha. Lokasi air terjun berada sekitar 3 Km dari ruas jalan poros Bakaru yang harus ditempuh melalui jalanan menanjak.

Konon, bagi pasangan yang mengunjungi tempat ini akan segera sejodoh. Sedangkan bagi mereka yang belum memiliki pasangan akan menemukan pasangan seperti yang didambakannya. Percaya atau tidak, inilah kisah dari Air Terjun Kali jodoh ini. Jika penasaran dengan benar atau tidaknya, ada baiknya kamu mencoba mengunjunginya. Bisa jadi kisah yang terjadi pada masa lampau tersebut terjadi pada Kamu sendiri, soo jangan cepat percaya juga yah guys, ada baiknya di coba dulu.

2. Air Terjun Latta Pitu

Air terjun latta pitue - bagooli.com
Sumber: imgrum.org

Pinrang memiliki potensi bahkan kaya akan highland atau wisata pengunungan, salah satunya adalah air terjun latta pitu. Latta pitu merupakan bahasa bugis artinya 7 susun atau 7 lapisan yang artinya sebuah destinasi primadona wisata baru yang ada di kabupaten Pinrang ini terletak di Desa Rajang kecamatan Lembang. Berjarak kurang lebih 30 KM dari ibukota Pinrang, latta pitu sebuah area wisata yang terbentuk dari batuan yang dibentuk secara alami oleh alam.

Selain keindahan pegunungan dan pancaran air terjun 7 lapis yang masih hijau dan asri ini, di sana juga terdapat berbagai kuliner yang bisa memberikan kekenyangan pada pengunjung setelah merendam diri mereka di kedinginan air terjun. Adanya fasilitas yang dapat menunjang aktivitas lain di area Air Terjun Latta Pitu ini juga lengkap sehingga sangat memuaskan para pengunjung.

3. Air Terjun Sarambu

air terjun sarambu - bagooli.com
Sumber: halamanindonesia.com

Air Terjun Sarambu adalah Air Terjun yang sangat indah dengan air yang sangat menyegarkan dan sejuk pula. Pemandangan bebatuan dan pohon-pohon yang ada di samping kanan kiri air terjun dapat memanjakan mata dan pikiran untuk terus berada di lokasi ini.

Sarambu yang terletak di daerah Pinrang ini juga memiliki persamaan dengan air terjun di daerah luwu utara yaitu masamba. Letak Sarambu di bagian utara Pinrang yang berlokasi di Benteng Paremba, Kecamatan Lembang. Untuk mencapai lokasi ini, Kamu harus menanyakan kepada warga, sebab letaknya di antara perkebunan. Apalagi tempat ini belum terlalu terkenal seperti Latta Pitu.

4. Air Terjun Baribi

air terjun baribi -bagooli.com
Sumber: imgrum.com

Air terjun Salu Baribi terletak di Desa Tapporang, Kec. Batulappa, Kab. Pinrang. Air terjun Baribi ini merupakan salah satu keindahan alam Kabupaten Pinrang yang masih sangat terjaga dan letaknya di bawah kaki gunung Tirasa yang pasti kesejukan sumber mata air terjun ini lebih terasa.

Untuk mencapai tempat ini, dibutuhkan waktu kurang lebih 1 jam karena jarak yang cukup jauh dari pusat kota Pinrang, yaitu sekitar 25 KM. Sampai di desa tersebut dibutuhkan waktu berjalan kaki sekitar 10 menit untuk sampai ke lokasi ini.

Perjalanan yang melelahkan dan memacu adrenalin yang kuat akan segera terbayar dengan pesona Air terjun Baribi ini. Untuk kamu yang penasaran segera berkunjung dan menikmati keindahan dari air terjun baribi ini.

5. Air Terjun Karawa

air terjun karawa - bagooli.com
Sumber: Gotrefelly.com

Air Terjun Karawa terletak di lokasi Kecamatan Lembang, Kabupaten Pinrang Sulawesi Selatan. Air terjun ini tidak kalah alami dengan air terjun baribi yang terkenal dengan nuansa alamiah. Tinggi air terjunnya mencapai 60 meter. Disekelilingnya dapat kita lihat diselimuti oleh bebatuan kontemporer jaman dulu yang masih natural dan sangat cantik dengan kolam besar tepat di tengah-tengah air terjun.

Untuk menuju lokasi ini wisatawan harus menempuh perjalanan sejauh 1 kilometer dari jalan kecamatan. Jalan yang menanjak dan menantang membuat pengunjung kerap singgah untuk beristirahat karena perjalanan cukup melelahkan. Namun kelelahan itu terobati setelah menikmati dinginnya Air Terjun Karawa yang dikelilingi bebatuan dan pepohonan yang asri dan rindang. Jalanan menuju ke air terjun pun dapat dilalui sepeda motor.

Bagi pengunjung yang menggunakan kendaraan roda empat harus rela berjalan kaki sejauh 1 kilometer, karena kendaraan tak dapat langsung menembus lokasi air terjun. Sejumlah fasilitas pendukung seperti gazebo dan tempat ganti pakaian sebaiknya disediakan dan dikelola baik oleh pemda atau investor sehingga bisa mendatangkan manfaat ekonomi.

Air Terjun Karawa saat ini masih dikelola secara tradisional oleh masyarakat setempat. Setiap pengunjung dibebani karcis masuk sebesar Rp 5.000 untuk setiap pengunjung.

6. Air Terjun Sarassa

air terjun ito sarasa - bagooli.com
Sumber: Imgrum.org

Air Terjun Sarassa merupakan tempat wisata yang berada di daerah Rajang, Kecamatan Lembang. Untuk sampai ke lokasi Air Terjun dibutuhkan tenaga ekstra. Selain jalananan yang cukup terjal, tempat pijakan kaki sangat licin karena jarang dilalui oleh orang-orang. Perjalanan hanya dapat ditempuh dengan berjalan kaki sekitar 30 menit. Sangat akrab dengan nuansa kesejukan dan keindahan pemandangannya.

Air terjun itu memiliki keunikan dan keindahan tersendiri. Pasalnya, terdapat dua air terjun berdempetan yang jatuh pada aliran sungai yang sama. Jarak antara kedua air terjun itu sekitar 200 meter. Suasananya yang alami mampu menyihir pengunjung untuk betah berlama- lama di air terjun setinggi 70 meter itu.

Namun sangat disayangkan, katanya, infrastruktur jalanan yang dilalui untuk sampai ke lokasi tersebut kurang memadai. Sesampainya di Dusun Loka, kondisi jalan sudah tak mampu dijangkau kendaraan, baik roda dua maupun roda empat, sehingga dibutuhkan jalan kaki untuk hingga dilokasi ini. Tidak memerlukan biaya sepeserpun untuk masuk di lokasi ini dan ada baiknya siapkan makanan atau bekal secukupnya karena belum ada tempat penginapan dan wisata makanan di tempat ini.

7. Air Terjun Kaba-Kaba

air terjun kaba-kaba - bagooli.com
Sumber: sahabat pinrang

Air terjun kaba-kaba ditempuh sekitar 2 jam dari kota Pinrang, akses ke lokasi dapat di tempuh dengan menggunakan sepeda motor atau mobil off road, jadi buat teman yang suka nge trip ini salah satu lokasi recommended buat kamu. Air terjun kaba-kaba merupakan salah satu surga tersembunyi yang berada dibalik gunung dengan keberadaanya yang jauh darihiruk pikuk perkotaan.

Itulah 7 lokasi air terjun yang menjadi ikon yang ada di kota pinrang wajib kamu datangin untuk liburan.

Penulis, Peneliti, Pengajar, volunteer, suka tantangan dan petualang.