7 Program Keren Pemerintah Kota Makassar yang Telah Terlaksana / Diterapkan Saat Ini

 
0

Menjadi kota dunia adalah visi kota Makassar saat ini. Beragam program telah direncanakan untuk mencapai visi itu. Program-program tersebut sejatinya mengantarkan kota Makassar menjadi sebuah kota yang selalu dirindukan oleh mereka yang telah berkunjung atau menetap disana.

Kota yang penuh kenangan, keindahan, dan keramahan warganya ini mulai mengepakkan sayap dengan branding Makassar Sombere’ & Smart City. Perpapaduan kata antara bahasa daerah Makassar dan bahasa inggris ini memberikan kesan bahwa kota Makassar telah siap menjadi sebuah kota dunia.

Sombere’ sendiri bila diartikan atau dipadankan dalam bahasa Indonesia bisa menjadi gabungan dari keramahan, rendah hati, dan nilai persaudaraan. Sedangkan smart city sendiri sudah tentu merujuk kepada sebuah kota masa depan yang warganya nyaman dan mudah dalam mengakses seluruh fasilitas umum. Mungkin saja nantinya, siapapun yang tinggal dan berkunjung ke Makassar akan selalu merasa bahagia.

Berikut 7 Program Keren Pemerintah Kota Makassar yang Telah Terlaksana / Diterapkan Saat Ini.

1. Makassar Home Care

Mobil Ambulance Dottoro’ta via makassarkota.go.id

Bila seorang warga Makassar sakit dan tidak mampu untuk mengakses layanan kesehatan secara mandiri maka pemerintah kota menyiapkan layanan untuk mereka. Program Makassar Home Care saat ini bisa diakses dengan menghubungi nomor-nomor telepon penanggung jawab disetiap titik layanan.

Sebagai penunjang program ini, disediakan mobil layanan kesehatan masyarakat yang akan datang ke rumah warga yang membutuhkan bantuan kesehatan. Mobil layanan ini bernama Dottoro’ta, didalamnya tersedia alat USG dan EKG mobile. Adapun tim medis yang datang ke rumah warga terdiri dari perawat, dokter atau bidan tergantung apa yang dibutuhkan oleh warga.

Mobil Dottoro’ta dilengkapi pula dengan obat-obatan standar. Sehingga tenaga medis bisa memberikan tindakan di rumah  warga apabila tidak membutuhkan perawatan serius. Tapi apabila ternyata membutuhkan perawatan serius, tenaga medis bisa memutuskan akan diantar ke puskesmas atau ke rumah sakit.

Namun, ada beberapa syarat untuk dilayani program homecare diantaranya warga yang memiliki kondisi yang tidak memungkinkan mengunjungi pelayanan kesehatan terdekat. Misalnya warga yang tidak mampu bangun dari tempat tidur, warga lanjut usia, dan warga yang telah di operasi atau kemoterapi. Layanan ini sendiri tidak memandang kaya dan miskin serta semua usia asal memenuhi syarat diatas.

2. Makassarta’ Tidak Rantasa’ (MTR)

Program Makasaarta’ tidak rantasa’ via bisnis.com

Makassar yang bersih dan bebas dari sampah sepertinya adalah langkah nyata untuk menjadikan kota Makassar sebagai kota dunia. Kota anging mammiri ini tidak lepas dari permasalahan klasik sebuah kota besar. Sampah dan kesemrawutan adalah hal yang paling mudah ditemui di kota dengan label metropolitan dimanapun itu.

Makassarta’ tidak rantasa’ adalah sebuah program pemerintah kota yang mana dicanangkan untuk memberantas sampah, kotoran, atau joroknya sebuah kota. Menciptakan kota yang bersih dan ramah untuk warga adalah totalitas program ini. Untuk menunjang program yang keren ini, pemerintah menyediakan fasilitas mobil sampah yang diberi nama Tangkasaki, sebuah mobil sampah dengan model unik dan jelas hanya bisa ditemukan di kota Makassar.

Menjadi kota yang bersih dan nyaman bukan hanya menjadi tugas dan tanggung jawab pemerintah. Setidaknya warga Makassar harus berpartisipasi aktif untuk menjaga kebersihan kota, minimal tidak membuah sampah disembarang tempat. Selain itu untuk mengatasi masalah sampah perkotaan, pemerintah juga mencanangkan TPA (Tempat Pembuangan Akhir) bintang lima. Kita nantikan saja bagaimana realisasi dari program ini.

3. Lorong Garden (LONGGAR)

Lorong Garden Via smartcitymakassar.com

Kalau suatu saat harga cabe naik dan masyarakat lorong sudah mandiri dalam pengelolaan lorong garden, mungkin saja cabe bukan lagi menjadi masalah besar untuk warga Makassar. Lorong yang dulunya identik dengan jalan yang kotor, lingkungan kumuh, jorok dan gelap. Kini disulap dengan lorong yang bersih, rapi dan asri karena ditumbuhi banyak tanaman hijau.

Mungkin saja, setiap melewati lorong kamu akan tutup hidung dan berusaha untuk tutup mata karena tidak mau melihat tembok-tembok yang penuh dengan gambar yang tidak senonoh oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Namun, lorong garden menjawab stereotip tersebut. Lorong-lorong kini dihias dan ditanami oleh warga dengan tanaman hijau seperti bunga-bunga yang cantik dan tentunya cabe. Kedepannya, lorong garden ditargetkan akan menjadi salah satu sumber ekonomi masyarakat lorong.

Pemerintah juga sudah menyiapkan program yang tidak kalah keren untuk menunjang masyarakat lorong. Badan Usaha Lorong (Bulo) nantinya menjadi pengepul hasil usaha-usaha masyarakat lorong termasuk didalamnya cabe ataupun sayuran lainnya.

4. War Room Makassar

War Room via www.facebook.com

CCTV (Closed-circuit television) ada dimana-mana, Itulah salah satu indikator keseriusan pemerintah kota Makassar untuk menjadikan kota Makassar sebagai Smart City. CCTV tersebut dipasang di pusat keramaian, ruang publik, perempatan jalan dan juga lorong-lorong yang dianggap potensial terjadinya tindakan kriminal.

War room atau ruang kontrol ini tentunya berbasis teknologi yang canggih. Sehingga semua yang terjadi di kota Makassar bisa dipantau secara realtime. Saat ini CCTV yang terpasang sudah mampu mengontrol kondisi wilayah dibeberapa titik. Namun, kedepannya akan dipasang sebanyak 5oo CCTV diseluruh titik potensial di kota Makassar.

5. Makassar Smart Card

Makassar Smart Card via beritakotaonline.com

Satu kartu untuk semua. Jadi, dalam sebuah kartu yang cerdas seluruh kebutuhan warga bisa terpenuhi. Misalnya saja, saat ingin berbelanja maka smart card ini berfungsi sebagai alat bayar. Selain itu dalam kartu cerdas ini juga tersedia data kepegawaian, data kependudukan, rekam medis dan data pajak bumi dan bangunan.

Keberadaan program ini juga mendukung program pemerintah dalam pengurangan penggunaan uang. Kartu cerdas ini diciptakan untuk memudahkan kebutuhan warga Makassar yang juga nasabah Bank BRI, karena program ini adalah hasil kerjasama antara pemerintah kota Makassar dan Bank BRI.

Untuk keamanan data dari pengguna kartu cerdas ini pastinya hanya bisa diakses/ dibaca oleh orang yang memilikinya. Sehingga data-datanya aman karena password dan kuncinya hanya diketahui oleh sang pemilik.

6. Makassar Care and Rescue Centre (CARESTER)

Makassar Care and Reacue Centre (Carester) Via sulsel.pojoksatu.id

Jika suatu saat sesuatu yang tidak diinginkan ternyata terjadi di rumah atau daerah warga, layanan ini hadir untuk membantu menyelesaikan masalahnya. Carester merupakan layanan darurat yang menjalankan fungsi utama yakni pemadam kebakaran, mobil ambulans dan polisi. Jumlah armada yang masih dikembangkan oleh pemerintah kedepannya mampu membantu warga dalam keadaan darurat seperti drone yang bisa diisi daya dengan wireless.

7. Pete-Pete Smart

Pete-pete Smart Via bisnis.com

Diakhir tahun 2016 silam, pemerintah kota meluncurkan sebuah kendaraan unik dan hanya bisa ditemui di Makassar. Mobil pete-pete ini bisa diisi oleh 12 orang penumpang duduk, 4 orang yang berdiri dan 1 untuk kursi roda. Selain itu untuk menambah kecerdasannya, pete-pete ini dibekali dengan wi-fi, televisi, dan tentunya penyejuk udara. Bagi yang ingin menggunakan layanan ini, harus bersabar dulu karena pete-pete cerdas ini belum beroperasi.

Nah, itulah program keren pemerintah kota Makassar sampai saat ini. Masih banyak program lainnya yang akan menyusul nantinya. Semoga kedepannya Kota Makassar, mampu menjadi Kota Dunia yang selalu dirindukan. untuk itu, Sebagai warga kita sudah seharusnya mendukung program-program yang tentunya untuk kemaslahatan kita sebagai warga Makassar.

Alamsyah atau lebih akrab dipanggil Alam seorang anak muda Makassar yang hobi menulis dan berselancar di dunia maya. Gabungan kedua hobinya itu membawanya menjadi seorang blogger dan penanggung jawab konten di beberapa media online. Tahun 2016 silam, dia dinobatkan menjadi salah satu Duta Damai di dunia maya, oleh Pusat Media Damai BNPT. Dia memiliki blog pribadi yang bisa diakses disini