7 Pulau Indah Tersembunyi yang Layak Kamu Kunjungi di Sulawesi Selatan

 
0

Keindahan Sulawesi Selatan sungguh sangat memukau. Sebagai daerah bagian Indonesia tengah, Sulawesi Selatan tak hentinya menyajikan keindahan bagi para pengunjungnya. Selain sebagai propinsi di mana memiliki gunung Karst terbesar kedua di dunia yang dijadikan bahan baku semen oleh dua perusahaan semen terbesar Indonesia yakni Bosowa dan Tonasa. Sulawesi Selatan memiliki sesuatu yang lebih daripada itu.

Hamparan pantai yang luas menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat dan menjadi mata pencaharian terbesar sebagai nelayan. Sulawesi Selatan juga memiliki pulau-pulau tersembunyi yang layak Kamu kunjungi. Tidak kalah dengan Raja Ampat, pulau-pulau di Sulawesi Selatan menyajikan hal yang lebih daripada itu. Keperawanan pulau itu membuat daya tarik tersendiri untuk lokasi berwisata dan berbulan madu untuk pasangan yang baru menikah. Sudah menjadi pembicaraan umum Sulawesi Selatan juga memiliki spot terumbu karang yang indah dan layak Kamu gunakan untuk menyelam atau sekedar menikmati matahari terbenam.

Berikut adalah beberapa pulau yang memiliki keindahan tersembunyi di Sulawesi Selatan yang wajib Kamu kunjungi.

1. Pulau Panambungan

Pulau Panambungan
Sumber: mediawarta.com

Pulau Panambungan adalah salah satu dari gugusan pulau di kabupaten Pangkep. Pulau ini merupakan salah satu pulau tak berpenghuni di Sulawesi Selatan dengan luas kira-kira 4 hektar dan dikelilingi oleh hamparan pasir putih yang indah. Untuk mengunjungi pulau ini, Kamu bisa melaluinya dengan memesan perahu di pelabuhan Paotere dengan perjalanan kira-kira satu jam setengah (tergantung cuaca pada saat keberangkatan).

Sejak tahun 2000, pulau ini di kelola oleh salah satu anak korporasi Bosowa Group yakni Hotel Aryaduta dan telah dijadikan salah satu paket destinasi wisata yang ditawarkan oleh pihak hotel. Bagi penghuni hotel, akan dibebankan biaya sebesar Rp. 300.000, dengan biaya mencakup akomodasi ke pulau dan satu cottage untuk 20 orang.

Pulau ini  terletak dalam wilayah pemerintahan Desa Mattiro Sompe, Kecamatan Liukang Tupabiring. Jika Kamu berkunjung ke pulau ini, Kamu akan dimanjakan dengan lebatnya pepohonan pinus di atas pulau tak berpenghuni ini. Bagi para solo traveler, Kamu bisa menyewa kapal dan menginap di sana dengan persediaan tenda, air minum dan makanan karena di pulau tersebut tidak ada satupun pertokoan atau rumah makan.

2. Pulau Badi

Pulau Badi
Sumber: facebook.com/yousuf.jieeh

Masih satu daerah dengan pulau Panambungan, pulau Badi menyajikan hal yang berbeda. Pulau ini dihuni oleh sekitar 700 KK. Sebelum dikelola oleh salah satu perusahaan kakao terbesar Amerika PT. MARS Symbioscience, pulau ini hanya sebuah pulau biasa. Namun kerjasama antara perusahaan dengan penduduk setempat menjadikan pulau ini terkenal di seluruh dunia, namun jarang diketahui oleh masyarakat lokal.

Pulau ini dikenal sebagai surga bagi para penyelam. Bahkan pulau ini sudah dikunjungi oleh John Mc Kein, seorang penyelam dunia hanya untuk melihat terumbu karang. Perkembangan terumbu karang di pulau Badi sangat pesat karena ditetapkan oleh pemerintah sebagai pusat rehabilitasi terumbu karang dengan luas melebihi 6.500 hektar dan dijuluki salah satu rehabilitasi terumbu karang terbesar di dunia.

Selain terumbu karang, pulau Badi dikenal dunia sebagai pusat budidaya kuda laut, dan hasilnya sudah diekspor ke seluruh dunia untuk berbagai keperluan. Makanan khas pulau ini adalah sotong bakar yang sangat nikmat dan tak boleh dilewatkan begitu saja oleh para pencinta kuliner.

3. Pulau Samalona

Pulau Samalona
Sumber: facebook.com/Ayokesamalona

Pulau ini adalah salah satu destiasi favorit bagi wisatawan. Selain memiliki fasilitas yang lengkap, pulau ini menjadi daerah spot menyelam. Terletak tidak jauh dari pantai Losari, Kamu bisa menyewa perahu untuk menuju ke pulau ini. Perlu diingat bahwa lalu lintas pulau ini memiliki jalur lalu lintas terpadat. Karena selain wisatawan, akses dari dan menuju pulau ini juga dilalui oleh penduduk setempat.

Pulau Samalona setiap tahunnya mengalami abrasi (pengikisan), sehingga pulau ini menjadi semakin kecil setiap tahunnya. Di tahun 2012, pulau ini hanya seluas 2 hektar. Namun itu bukan penghalang untuk menjadikan pulau ini sebagai daya tarik bagi seluruh dunia. Di pulau ini, Kamu bisa menyewa peralatan menyelam. Untuk menuju pulau, rata-rata biaya penyewaan perahu sekitar Rp. 500.000 untuk pulang pergi. Jika Kamu pandai dalam urusan tawar-menawar, bukan tidak mungkin bahwa kamu akan mendapatkan harga yang lebih murah.

4. Pulau Lakkang

 

Pulau Lakkang
Sumber: facebook.com/danda.jie1

Pulau Lakkang dikenal dengan basis pertahanan tentara Jepang. Disini Kamu bisa menemui salah satu bungker (lubang perlindungan di bawah tanah) peningglanan tentara Jepang. Pulau seluas 195 hektar ini dipenuhi dengan hutan bambu dan terletak di pusat kota Makassar.

Selain bambu, pulau ini juga menyediakan wisata nipah yang dapat dilihat sambil menuju pulau. Dengan merogoh kocek sebanyak Rp. 5000, Kamu sudah bisa menuju pulau melalui dermaga kera di Universitas Hasanuddin atau di dermaga di Jl. Ir. Sutami. Pulau ini dihuni oleh 300 kepala keluarga dan kamu tidak perlu jauh-jauh untuk menikmati wisata pulau jika berkunjung ke Makassar.

5. Pulau Doang-Doang Lompo

Pulau Doang-Doang Lompo
Sumber: indonesiana.co.id

Pulau ini masih masuk jajaran pulau yang terdapat di kabupaten Pangkep. Pulau ini adalah pulau yang tak berpenghuni namun dikelilingi oleh pulau yang telah berpenghuni. Walau belum terlalu dikenal, panorama bawah laut dari pulau ini tak kalah menarik. Tidak banyak informasi mengenai pulau ini, tetapi jika Kamu ingin menyendiri, Kamu bisa menjadikan pulau ini sebagai pilihan untuk tujuan wisata Kamu jika berkunjung ke Makassar.

6. Pulau Passi

Pulau Passi
Sumber: indonesiana.co.id

Terletak di bagian terluar pulau Selayar, pulau ini menyajikan spot memancing yang memberikan keseruan tersendiri karena memiliki kekayaan ikan yang melimpah. Pulau ini menghadap langsung ke Laut Sulawesi sehingga banyak yang menjadikan area ini untuk melaut dan mencari nafkah sebagai nelayan.

Pulau yang masuk wilayah pemerintahan kecamatan Bontoharu ini menjadi lahan para nelayan untuk membangun tambak dan budidaya Lobster untuk tujuan ekspor.  Di pulau ini hanya terdapat dua desa, yaitu Bontokaharu dan desa Kahu-Kahu. Kamu bisa mengakses pulau ini dari Benteng dengan lama perjalanan sekitar 15 menit melalui jalur laut tergantung cuaca dengan menumpang perahu nelayan.

7. Pulau Cambang-Cambang

Pulau Cambang-Cambang
Sumber: facebook.com/hnrvito

Pulau ini sudah menjadi wisata unggulan kabupaten Pangkep di mana Kamu bisa melihat matahari terbenam. Saat ini, pulau cambang-cambang sudah direnovasi. Dan jika dilihat dari udara, akan berbentuk busur panah. Pulau ini sudah menjadi destinasi wisata bulan madu dengan resort dan penginapan yang sudah tersedia di pulau ini.

Pulau ini juga menjadi arena bermain air terbesar dengan seluncuran langsung ke air laut.  Untuk akses menuju pulau ini, Kamu harus merogoh kocek Rp. 150.000 pulang pergi dari pelabuhan Maccini Baji kabupaten Pangkep. Salah satu keunikan pulau ini adalah kamu bisa diantarkan ke lokasi penyu di mana mereka biasa bertelur. Jika merasa bosan, Kamu bisa meminta untuk diantarkan ke pulau-pulau tak berpenghuni lainnya di sekitar pulau tersebut.

Di sisi lain, pulau cambang-cambang memiliki kisah seram. Pulau ini merupakan tempat eksekusi bagi orang-orang sakti yang telah melakukan kejahatan berat dengan cara dipenggal. Kepalanya ditanam di pulau ini, sedangkan tubuhnya dikubur di daerah lain.

Itulah 7 pulau Indah yang terdapat di Sulawesi Selatan yang belum banyak diketahui orang. Bila Anda datang ke Sulawesi Selatan, jangan lupa untuk berkunjung ke pulau-pulau tersebut. Karena pastinya, Anda tidak akan menyesal.

 

Lulusan tahun 2013 dari Universiti Kebangsaan Malaysia Jurusan IT yang berfokus kepada pengembangan web dan perpustakaan digital ini sedikit mengalihkan rutinitas sebagai penulis lepas sejak tahun 2010. Telah menulis di beberapa media online Indonesia. Saat ini tengah menyelesaikan penulisan buku pertamanya secara digital. Bagi yang ingin kenal lebih dekat dengan saya silahkan kunjungi blog pribadi saya disini