9 Alasan Kenapa Kamu Harus Memilih Nurdin Abdullah Sebagai Gubernur

 
0

Pesta demokrasi di Sulawesi selatan tidak lama lagi akan segera bergulir. Pemilihan Gubernur (PILGUB) nantinya akan dilaksanakan serentak bersama beberapa daerah lainnya yang juga melaksanakan Pilkada. Masa bakti gubernur sebelumnya Syahrul Yasin Limpo, akan berakhir pada tahun 2018 mendatang. Sejumlah tokoh mulai muncul di permukaan, tentang siapa yang layak untuk menjadi orang nomor satu di propinsi Sulawesi Selatan ini.

Tokoh yang sering menjadi perbincangan adalah Nurdin Abdullah, Bupati Bantaeng yang telah menjabat selama dua periode. Kesuksesannya menata Kabupaten Bantaeng menjadi lebih baik ternyata bisa menjadi modal untuk ikut serta dalam pesta demokrasi lima tahunan ini.

Kepopuleran Nurdin Abdullah, saat ini terendus hingga ke tingkat nasional. Tahun 2015 silam bersama walikota Surabaya, Ibu Tri Rismaharini dan Bupati Banyuwangi, Bapak Azwar Anas. Mereka mendapatkan penghargaan dari harian Republika sebagai “Tokoh Perubahan”. Berikut kita akan menyajikan sembilan alasan kenapa kamu harus memilih Nurdin Abdullah sebagai gubernur.

1. Pendidikannya yang Tinggi

Penerimaan Penghargaan via bantaengkab.go.id

Bernama lengkap Prof. DR. Ir. H. M. Nurdin Abdullah, M.Agr . Saat ini menjadi satu-satunya bupati yang bergelar professor di Indonesia. Dari 415 kabupaten di Indonesia, beliau adalah kepala daerah dengan tingkat pendidikan tertinggi.

Pada tahun 1986, beliau menyelesaikan studinya di fakultas pertanian universitas hasanuddin. Kemudian melanjutkan pendidikannya di negeri sakura Jepang untuk gelar magister of agriculture di kyushu university dan mendapatkan gelarnya pada tahun 1991. Tidak hanya sampai disitu, beliau melanjutkan pendidikan S3-nya di Universitas tersebut hingga mendapatkan gelar Doktor dalam bidang pertanian di tahun 1994.

Dengan modal pendidikan yang tinggi, beliau pernah menjadi akademisi di almamater asalnya. Hingga beliau dinobatkan sebagai guru besar fakultas kehutanan di universitas hasanuddin Makassar.

2. Jaringan dan Aksesnya Yang Luas

instagram.com

Berkaca dari pembangunan kabupaten Bantaeng, yang sebelumnya dipandang sebelah mata jika disandingkan dengan kabupaten lainnya di Sulawesi selatan. Kini semua mata bisa terbuka, bahwasanya pembangunan daerah bukan hanya ditopang oleh APBD yang asalnya dari keuangan Negara. Jaringan yang luas dan banyaknya akses untuk mendapatkan bantuan dari dalam dan luar negeri adalah salah satu contohnya.

Jaringan dan akses tersebut sebelumnya dibangun beliau saat masih kuliah di Jepang. Selain itu ditopang dengan banyak relasi bisnisnya saat menjabat direktur di PT Maruki Internasional, President Director of Global Seafood Japan, dan Director of Kyushu Medical Co. Ltd. Sehingga berbagai bantuan masuk ke Bantaeng tanpa mengganggu keuangan daerah sekalipun.

3. Peduli dan Dekat dengan Rakyatnya

Berkunjung Ke Kebun Strowberry via bantaengunik.cf

Masih ingat Presiden Jokowi saat Pilkada Walikota Solo beberapa tahun silam. Beliau mampu memenangkan pilkada periode kedua dengan perolehan suara yang begitu besar. Sama halnya demikian dengan Nurdin Abdullah, beliau mampu meraih kemenangan diatas 80%.

Dari pencapaian sebesar itu, sudah semestinya kita dapat menyimpulkan bahwa sebagian besar masyarakatnya puas terhadap kepemimpian dan pekerjaan beliau. Kedekatannya kepada masyarakat sungguh sangat mudah ditemukan dengan program-program yang pro kepada rakyat.

4. Pemikiran dan aksinya yang Visioner

Diskusi Panel via twitter.com

Pertumbuhan ekonomi kabupaten bantaeng sebelum dan saat Nurdin Abdullah menjabat sangatlah signifikan yakni mencapai 9,2 % dan surplus 21 % di bidang pangan. Selain itu pada tahun 2008 silam, kabupaten Bantaeng masuk dalam ketegori 199 daerah tertinggal di Indonesia dengan pertumbuhan ekonomi hanya 4,7 %. Namun, saat ini semua telah berubah. Bantaeng telah menjadi pusat pertumbuhan ekonomi andalan di Sulawesi Selatan.

Untuk mencapai hal tersebut, bukanlah hal yang sederhanya. Tidak dengan hanya merencanakan tanpa aksi nyata yang jelas. Setidaknya, untuk Pemilihan Gubernur (PILGUB) kita menjatuhkan pilihan kepada pemimpin yang visioner.

5. Peduli pada Akses dan Layanan Kesehatan

Meninjau Fasilitas Ambulance via kompasiana.com

Saat membutuhkan layanan kesehatan, seorang warga di kabupaten Bantaeng cukup menelpon layanan 113 maka Dokter dan Perawat akan datang di rumah untuk memeriksa kesehatannya. Layanan yang dicanangkan ini siap sedia selama 24 jam dalam seharinya. Layanan ini diberikan nama Brigade Siaga Bencana (BSB) dengan modal mobil ambulans hibah dari pemerintah jepang. Pelayanan ini didukung oleh 20 orang dokter dan 24 orang perawat dan tentunya dilayani secara gratis.

Rumah Sakit Umum Daerah Bantaeng, saat ini juga disulap menjadi salah satu rumah sakit yang berkualitas. Tidak kalah dengan rumah sakit rujukan lainnya di kota Makassar. Harapannya, dengan membangun Rumah Sakit dengan fasilitas yang lengkap dan memadai, nantinya warga Bantaeng tidak perlu lagi keluar kabupaten untuk berobat. Bahkan mungkin kedepannya, warga sekitar Kabupaten Bantaeng akan ke rumah sakit Bantaeng untuk berobat.

Baca Juga Profil dari CALON GUBERNUR “Ichsan Yasin Limpo,SH.,MH

6. Peduli Pada Akses Pendidikan yang layak

Pemukaan Wisuda via ayokebantaeng.com

Bagi anak-anak yang mengenyam pendidikan di Kabupaten Bantaeng, ini adalah sebuah kesempatan yang sangat jarang didapatkan di kabupaten lainnya. Yakni akses beasiswa studi ke luar negeri dan bebas memilih Negara mana saja tujuan pendidikannya. Bahkan pemerintah daerah menyiapkan Anggaran untuk peningkatan kapasitas dalam berbahasa. Jadi, siapa saja yang ingin belajar berbahasa asing, pemerintah menyediakan les bahasa secara gratis.

Untuk pendidikan gratis sendiri itu berlaku sejak awal saat Nurdin Abdullah menjabat Bupati Bantaeng. Pendidikan dari sekolah dasar (SD) hingga sekolah menengah atas (SMA) semuanya gratis. Bus sekolah juga tersedia di beberapa tempat di daerah Bantaeng. Setidaknya Seorang pemimpin yang baik, adalah mereka yang peduli pada pendidikan. Karena pendidikan merupakan penentu keberlanjutan dan kemajuan suatu daerah. Sejatinya, untuk Pemilihan Gubernur (PILGUB) kita menjatuhkan pilihan kepada pemimpin yang peduli pada pendidikan.

7. Memberdayakan Masyarakatnya

Pendekatan Masyarakat via online24jam.com

Sejak dulu Sulawesi Selatan dikenal sebagai propinsi yang kaya akan hasil pertanian. Namun, hasil pertanian tersebut belum mampu membawa masyarakat kearah yang lebih maju. Disini dibutuhkan pemimpin yang ahli dalam memberdayakan masyarakatnya hingga mereka mampu sejahtera dengan sendirinya.

Salah satu contohnya, dengan adanya pengembangan kawasan agrowisata uluare. Dimana memanfaatkan berbagai sumber daya untuk peningkatan kapasitas masyarakatnya. Termasuk didalamnya memanfaatkan teknologi terbaru dan berkelanjutan.

8. Pembangunan Infrastuktur yang Memadai dan berkualitas

Pengembangan Pertanian via ayokebantaeng.com

Setiap kali musim hujan datang, Bantaeng akan tergenang oleh air. Gambaran kondisi Dimasa saat Nurdin Abdullah belum menjadi Bupati bantaeng. Perbaikan infrastruktur dan pembangunan tanggul serta drainase yang baik akhirnya masyarakat tidak kebanjiran lagi saat hujan, dan kekeringan saat musim kemarau tiba.

Infrasruktur lainnya seperti jalan dan objek wisata seiring berkembangnya waktu, mulai muncul di bantaeng. Pantai seruni, pantai marina, dan beberapa objek wisata keren lainnya akhirnya mampu menjadikan kabupaten Bantaeng sebagai kota tujuan wisata, bukan hanya kota perlintasan. Semestinya dalam menentukan sikap dalam Pemilihan Gubernur (PILGUB)  kita memilih Pemimpin yang mampu mengolah infrastruktur yang memadai dan berkualitas.

9. Banyak Prestasinya

Penghargaan ADIPURA via kompasiana.com

Prestasi dan penghargaan yang telah diterima oleh beliau sudah sangatlah banyak. Baik penghargaan atas nama pribadinya ataupun sebagai kepala daerah di kabupaten Bantaeng. Piala Adipura untuk kabupaten bantaeng, hingga penghargaan atas inovasi teknologi dari berbagai lembaga.

Inilah Sembilan alasan kenapa kamu harus memilih beliau di Pemilihan Gubernur (PILGUB) Sulawesi Selatan nantinya. Mungkin masih banyak alasan lainnya. Sejatinya, memilih karena banyak landasan itu lebih bagus dan terhormat daripada tidak memiliki landasan apapun. Siapkah kamu maju dengan beliau?

Baca Juga Profil dari CALON GUBERNUR “Ir. H. Agus Arifin Nu’mang, MS

Alamsyah atau lebih akrab dipanggil Alam seorang anak muda Makassar yang hobi menulis dan berselancar di dunia maya. Gabungan kedua hobinya itu membawanya menjadi seorang blogger dan penanggung jawab konten di beberapa media online. Tahun 2016 silam, dia dinobatkan menjadi salah satu Duta Damai di dunia maya, oleh Pusat Media Damai BNPT. Dia memiliki blog pribadi yang bisa diakses disini