9 Universitas Terbaik di Sulawesi Selatan

 
0

Tidak lama lagi mereka yang setiap harinya berpakaian putih abu-abu akan melepas statusnya sebagai seorang siswa. Pencarian jati diri mereka akan berlanjut ke tingkat yang lebih tinggi. Jenjang pendidikan tinggi adalah masa dimana setiap orang ditempa untuk lebih siap dalam menjalani kehidupan yang sebenarnya.

Mahasiswa adalah istilah yang sering disandang oleh mereka yang mengenyam pendidikan di perguruan tinggi. Sejatinya dengan istilah “Maha” didepan kata Siswa, dapat memberikan gambaran tentang  kematangan dalam berpikir dan bertindak.

Berbagai cara dilakukan universitas untuk menjaring calon-calon yang dianggap mampu untuk mengikuti segala proses studi didalamnya. Disamping itu, universitas negeri maupun swasta juga melakukan promosi dan penawaran kepada calon-calon mahasiswa nantinya. Berikut kita akan membahas 9 universitas terbaik di Sulsel.

1. Universitas Hasanuddin (UNHAS)

UNHAS via img.okezone.com

Universitas Hasanuddin (Unhas) merupakan salah satu universitas unggulan di Indonesia. Setiap orang akan merasa bangga saat menjadi bagian dari universitas yang terakreditasi A oleh BAN-PT ini. Berlokasi di jl. Perintis Kemerdekaan KM 10 Makassar ini menjadi kiblat pendidikan di Indonesia timur.

Saat ini berdasarkan webometric per januari 2017, Unhas menduduki peringkat 13 secara nasional dan 2398 untuk tingkat dunia.

Universitas dengan almamater merah sebagai identitas kebesarannya ini memiliki 14 fakultas, diantaranya: Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Hakultas Hukum, Fakultas Kedokteran, Fakultas Teknik, Fakultas Sospol, Fakultas Ilmu Budaya, Fakultas Pertanian, Fakultas MIPA, Fakultas Peternakan, Fakultas Kedokteran Gigi, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan, Fakultas Kehutanan, dan Fakultas Farmasi.

Beragam pintu masuk dibuka untuk universitas terbaik di sulsel ini. Saat ini jalur undangan SNMPTN telah dibuka untuk siswa-siswa di SMA seluruh Indonesia. Selain itu, juga ada Jalur Tertulis SBMPTN dan Jalur Non Subsisi (JNS). Sebagai perguruan tinggi negeri, Unhas juga menyediakan beragam beasiswa baik untuk mereka yang kurang mampu maupun untuk mereka dengan prestasi akademik yang mumpuni.

2. Universitas Negeri Makassar (UNM)

UNM via benyaminlakitan.files.wordpress.com

Universitas negeri ini pada awalnya menjadi salah satu fakultas di Unhas. Seiring berjalannya waktu berubah status menjadi Institut Kependidikan (IKIP) dan di tahun 1999 silam akhirnya menjadi Universitas Negeri Makassar (UNM).

Universitas dengan gedung phinisi yang menjadi penandanya di sekitaran Jl. A. P. Pettarani ini. saat ini membina 9 fakultas, diantaranya: fakultas ilmu sosial, fakultas MIPA, fakultas teknik, fakultas ilmu keolahragaan, fakultas ilmu pendidikan, fakultas bahasa dan sastra, fakultas psikologi, fakultas ekonomi, serta fakultas seni dan desain.

Berdasarkan webometric per januari 2017, UNM menduduki peringkat 82  secara nasional dan 5595 untuk tingkat dunia. Sama halnya di Unhas, UNM juga menyediakan pintu SNMPTN undangan, jalur tes tertulis SBMPTN, dan jalur mandiri. Bagi yang kurang mampu dan berprestasi, segudang beasiswa juga bisa didapatkan dari universitas dengan almamater oranye sebagai identitasnya ini.

3. Universitas Atma Jaya Makassar (UAJM)

Universitas Atma Jaya Makassar (UAJM) via cdn2.tstatic.net

Universitas satu ini merupakan salah satu universitas swasta yang ada di kota Makassar. Dengan almamater kuning sebagai identitasnya. Berdasarkan webometric per januari 2017, Universitas Atma Jaya Makassar (UAJM) menduduki peringkat 107 secara nasional.

UAJM sendiri berlokasi di Jl. Tanjung Alang Maccini Sombala, tidak jauh dari pantai losari. Saat ini membina empat fakultas, diantaranya: Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum, Fakultas Teknik, dan Fakultas Teknologi Informatika.

4. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar (UINAM)

Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar (UINAM) via 3.bp.blogspot.com

Universitas satu ini sebelumnya bernama Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Alauddin Makassar, kemudian ditahun 2005 silam berganti nama menjadi Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar (UINAM).

Ada delapan fakultas yang saat ini di bina di universitas dengan jaket hijau sebagai almamater kebanggaanya. Yakni, Fakuktas Syari’ah dan Hukum, Fakuktas Tarbiyah dan Keguruan, Fakultas Ushuluddin dan Filsafat, Fakultas Adab dan Humaniora, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Fakultas Sains dan Teknologi, Fakultas Kedokteran & Ilmu Kesehatan, serta Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam.

Berdasarkan webometric per januari 2017, UINAM menduduki peringkat 114 secara nasional. Untuk menjadi bagian dari universitas ini juga dibuka beragam pintu termasuk seleksi nasional sama halnya perguruan tinggi negeri lainnya, maupun jalur mandiri.

5. Universitas Muslim Indonesia (UMI)

Universitas Muslim Indonesia (UMI) via ilkom.fs.umi.ac.id

Universitas yang berdiri di Jl. Urip Sumaharjo ini menjadi salah satu universitas terbaik di sulsel. Dengan almamater hijau sebagai identitasnya mampu menjadi salah satu peraih medali emas di Pekan ilmiah nasional (PIMNAS) tahun 2016 silam.

Saat ini di universitas dengan peringkat 170 secara nasional berdasarkan webometric per januari 2017 ini, membina 11 fakultas diantaranya: Fakultas Teknik, Fakultas Kedokteran, Fakultas Pertanian, Fakultas Perikanan dan Kelautan, Fakultas Teknologi Industri, Fakultas Ilmu Komputer, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Fakultas Farmasi, Fakultas Agama Islam, Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi, serta Fakultas Sastra.

6. Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP)

Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) via elearning.poliupg.ac.id

Perguruan tinggi satu ini berada dalam kompleks kampus Unhas Tamalanrea. Almamater hitam adalah identitas kebanggaannya. Berdasarkan webometric per januari 2017, PNUP menduduki peringkat 201 secara nasional.

Sebagai salah satu perguruan tinggi negeri, beragam pintu masuk di dalamnya termasuk jalur seleksi nasional maupun jalur mandiri. Kampus ini menyediakan 6 jurusan dan 21 program studi dengan jenjang Diploma, baik Diploma tiga maupun diploma empat. 6 jurusan tersebut diantaranya, Teknik Sipil, Teknik Elektro, Teknik Kimia, Teknik Mesin, Akuntansi, dan Administrasi Niaga.

7. Universitas Muhammadiyah Makassar (Unismuh)

Universitas Muhammadiyah Makassar (Unismuh) via wartakampus.com

Universitas dengan jaket biru sebagai almamater kebanggannya ini berdiri di Jl. Alauddin Makassar dengan Menara Iqra’ sebagai panandanya. Kampus yang memiliki motto integritas, professional, dan entrepreneuship ini menduduki peringkat 219 secara nasional berdasarkan webometric per januari 2017.

Saat ini Unismuh Makassar membina 7 fakultas, diantaranya: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Agama Islam, Fakultas Teknik, Fakultas Kedokteran, dan Fakultas Pertanian.

8. Universitas Kristen Indonesia Paulus Makassar (UKIP)

Universitas Kristen Indonesia Paulus Makassar (UKIP) via cdn2.tstatic.net

Universitas dengan almamater biru sebagai identitas kebesarannya ini merupakan salah satu universitas swasta di kota Makassar. UKIP saat ini menduduki peringkat 277 secara nasional berdasarkan webometric per januari 2017.

Saat ini UKIP membina tiga fakultas, yakni: Fakultas Teknik, Fakultas Hukum, dan Fakultas Ekonomi. Untuk kampus UKIP sendiri berada di jl. Cendrawasih dan Jl. Perintis Kemerdekaan.

9. Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Parepare

Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Parepare via makassartoday.com

Perguruan tinggi yang satu ini berada di kota Pare-pare. Walaupun tidak berlokasi di kota Makassar sebagai pusat aktivitas di propinsi Sulawesi selatan, STAIN Pare-pare menunjukkan bahwa mereka mampu bersaing dengan kampus-kampus lainnya. Saat ini di kampus dengan suasana islami ini membuka tiga jurusan dengan 16 program studi. Jurusan-jurusan tersebut diantaranya, Dakwah dan Komunikasi, Syariah, serta Tarbiyah.

Berdasarkan webometric per januari 2017, STAIN Pare-pare menduduki peringkat 311 secara nasional. Untuk menjadi bagian dari kampus ini juga dibuka beragam pintu termasuk seleksi nasional sama halnya perguruan tinggi negeri lainnya, maupun jalur mandiri.

Mengetahui universitas terbaik di sulsel berdasarkan peringkat-peringkat diatas setidaknya memberikan gambaran mau kemana kamu melanjutkan studi. Untuk peringkat webometric sendiri adalah pemberian peringkat kepada perguruan tinggi baik negeri maupun swasta secara global dan nasional.

Pada dasarnya dimanapun kita melanjutkan studi, mau di kampus A ataupun B tingkat keberhasilannya itu dipegaruhi oleh seberapa tekun dan kerja keras dirimu untuk meraihnya. Jadi siapkan dirimu untuk menjadi bagian dari universitas terbaik di sulsel!

Alamsyah atau lebih akrab dipanggil Alam seorang anak muda Makassar yang hobi menulis dan berselancar di dunia maya. Gabungan kedua hobinya itu membawanya menjadi seorang blogger dan penanggung jawab konten di beberapa media online. Tahun 2016 silam, dia dinobatkan menjadi salah satu Duta Damai di dunia maya, oleh Pusat Media Damai BNPT. Dia memiliki blog pribadi yang bisa diakses disini