Your Theme License is INVALID or EXPIRED

[Foto] 19 Air Terjun yang Terdapat di Kabupaten Bantaeng

 
0

Bantaeng, sebuah Kabupaten yang terletak di bagian Selatan Provinsi Sulawesi Selatan yang memiliki luas wilayah 395,83 Km². Terbagi atas 8 Kecamatan yang terdiri atas 21 Kelurahan dan 46 Desa, Bantaeng dihuni sebanyak 190.000-an jiwa.

Beberapa tahun belakangan ini, nama Bantaeng memang naik setelah gencarnya Bupati Bantaeng beserta jajaran dan warganya melakukan  perubahan-perubahan ke arah yang lebih baik pada Bantaeng. Padahal dulu, Bantaeng hanyalah sebuah Kabupaten biasa yang sangat jarang disebut-sebut prestasi dan keindahannya. Namun kini, Bantaeng sering disebut-sebut karena keindahan, tempat wisata yang beragam, serta keberhasilan Bupati beserta jajarannya dalam mengangkat nama Bantaeng.

Berbicara mengenai keindahan Bantaeng emang gak ada habisnya. Ketika Kamu memasuki kawasan ini, kamu akan mulai melihat keindahan dan kebersihannya. Gak ada tuh yang namanya sampah berserakan di pinggir jalan. Selain karena program pemerintah Bantaeng yang mencetuskan Bantaeng Bersih, para warga yang mendukung sepenuhnya program ini juga memiliki kesadaran diri untuk tetap menjaga kebersihan Kabupaten ini. Salah satu caranya adalah dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Kebersihan dan keindahan ini adalah karya nyata dari usaha Bantaeng  untuk menjadi salah satu Kabupaten terbaik di Sulawesi Selatan. Sehingga keberhasilan ini membawa Bantaeng meraih piala Adipura yang ketujuh kalinya pada Agustus 2017 yang lalu.

Selain terkenal karena kebersihan dan keindahannya, Kabupaten Bantaeng juga terkenal karena beragam tempat wisatanya. Mulai dari 2 pantainya yang paling terkenal yaitu Pantai Marina dan Pantai Seruni, Bantaeng juga memiliki agrowisata yang menjadi daya tarik tersendiri bagi mereka yang berkunjung ke Kabupaten ini. Selain itu, Bantaeng juga memiliki wisata Air Terjun yang banyak.

Mungkin Kamu pernah mendengar Air Terjun Simoko dan Air Terjun Bissappu yang menjadi primadona bagi wisatawan yang datang ke Bantaeng. Tapi, tau gak sih, selain dua air terjun itu, ternyata Bantaeng memiliki belasan air terjun lainnya loohh. Air terjun apa saja kah yang ada di Kabupaten ini?

1. Air Terjun Simoko

Air Terjun Simoko - bagooli.com
Sumber: instagram.com/explorebantaeng

Air Terjun Simoko adalah salah satu wisata air terjun yang paling hits di Bantaeng. Air terjun yang berlokasi di Kelurahan Campaga, Kecamatan Tompobulu ini memiliki ketinggian kurang lebih 50 meter. Walau perjalanan menuju air terjun ini terbilang tidak mudah, namun ketika telah sampai di tempat ini maka rasa capek yang tadi akan hilang setelah melihat air terjunnya yang sangat indah.

2. Air Terjun Bissappu

Air Terjun Bissappu - bagooli.com
Sumber: instagram.com/explorebantaeng

Air terjun ini terletak di Desa Bonto Salluang, Kecamatan Bissappu. Air terjun ini memiliki ketinggian kurang lebih 80 meter yang dikelilingi pepohonan. Dari kota Bantaeng, diperlukan waktu sekitar kurang lebih 20 menit untuk bisa sampai ke tempat ini. Dan dari jarak 200 meter, Kamu telah bisa mendengar suara gemuruh air terjun ini.

3. Air terjun Eremerasa

Air Terjun Eremerasa - bagooli.com
Sumber: instagram.com/explorebantaeng

Air terjun ini Terletak di desa Kampala kecamatan Eremerasa. Lebih tepatnya, di bagian belakang permandian Eremerasa.

4. Air terjun niku’ lulua

Air Terjun Niku'lulua - bagooli.com
Sumber: instagram.com/explorebantaeng

Air terjun niku’lulua terletak di Talle kecamatan Tompobulu, dekat-dekat dengan Air Terjun Simoko.

5. Air Terjun Cekala’

Air Terjun Cekala - bagooli.com
Sumber: instagram.com/explorebantaeng

Air terjun ini terletak di desa Parampangi Kecamatan Sinoa. Air terjun Cekala’ merupakan salah satu air terjun tertinggi di Bantaeng. Akses menuju air terjun ini lumayan sulit. Dan sebaiknya ditemani warga. Karena dalam perjalanan menuju air terjun Cekala’, Kamu akan melewati monyet-monyet yang berkeliaran. Dan bukan tidak mungkin kalau monyet-monyet ini akan mengganggu Kamu.

6. Air terjun Bantimurung

Air Terjun Bantimurung - bagooli.com
Sumber: instagram.com/explorebantaeng

Air terjun ini terletak di Desa Bonto Salluang, Kecamatan Bissappu. Bantimurung ini berada di ketinggian kurang lebih 50 meter yang membelah dinding batu. Air Terjun Bantimurung ini terbilang cukup dekat karena hanya berjarak 2 KM dari kantor polsek Bissappu. Namun untuk bisa sampai di tempat ini, Kamu harus berjalan kaki sejauh 200 meter dengan medan yang cukup menantang. Namun keindahan air terjun ini akan membuat Kamu melupakan lelahnya perjalanan tadi.

7. Air Terjun Cinayya

Air terjun Cinayya - bagooli.com
Sumber: instagram.com/explorebantaeng

Air terjun ini terletak di desa Bonto Lojong Kecamatan Ulu Ere. Air terjun Cinayya merupakan air terjun yang masih sangat kurang diketahui oleh orang-orang karena letaknya yang tersembunyi. Dan untuk bisa sampai di tempat ini, Kamu harus melewati rute yang lumayan terjal.

8. Air Terjun Mattepa

Air Terjun Mattepa - bagooli.com
Sumber: instagram.com/explorebantaeng

Desa Bonto Salluang, Kecamatan Bissappu emang punya banyak Air Terjun, dan Air Terjun Matempa ini juga terletak di daerah ini.

9. Air Terjun Baruttung

Air Terjun Baruttung - bagooli.com
Sumber: instagram.com/explorebantaeng

Masih sekompleks dengan permandian Eremerasa, Air Terjun Baruttung juga terletak di desa Kampala kecamatan Eremerasa.

10. Air Terjun Sungai Bialo

Air terjun Sungai Bialo - bagooli.com
Sumber: instagram.com/explorebantaeng

Air Terjun ini terletak di Desa Pattaneteang, Kecamatan Tompobulu. Untuk bisa ke tempat ini, dibutuhkan waktu kurang lebih 45 menit yang harus melewati tanjakan lurus dan berkelok-kelok.

Tempatnya benar-benar adem. Di sekitaran sungai dan air terjun, terdapat semak belukar dan batu-batuan yang bisa membuat Kamu semakin menikmati panorama di sana.

11. Air Terjun Ba’ra

Air Terjun Ba'ra - bagooli.com
Sumber: instagram.com/explorebantaeng

Air Terjun ini terletak di desa Kayu Loe. Untuk bisa ke Air Terjun ini, Kamu harus siapkan tenaga yang banyak buat jalan kurang lebih 7 jam (pulang pergi). Tapi ketika telah sampai di TKP, rasa capek Kamu akan terbayarkan dengan keindahan tempat ini.

12. Air Terjun Bola’

Air Terjun Bola - bagooli.com
Sumber: instagram.com/explorebantaeng

Air terjun ini terletak di desa Bola kecamatan Bissappu dan jaraknya dekat dengan Air Terjun Bissappu.

13. Air Terjun Kayu Loe

Air Terjun Kayu Loe - bagooli.com
Sumber: instagram.com/explorebantaeng

Salah satu Kecamatan yang juga memiliki banyak Air Terjun adalah Kecamatan Eremerasa. Dan Air Terjun kayu Loe ini juga terletak di Kecamatan ini, tepatnya di desa Pa’bumbungan.

14 Air Terjun Pa’ Bentengan

Air Terjun Pa' Bentengan - bagooli.com
Sumber: instagram.com/explorebantaeng

Masih di Kecamatan Eremerasa, Air terjun Pa’ Bentengan  juga terletak di kecamatan ini, tidak jauh dari Air terjun Eremerasa.

15. Air Terjun Campaga

Air Terjun Campaga - bagooli.com
Sumber:instagram.com/explorebantaeng

Nah, Air Terjun yang satu ini terletak di perbatasan Bantaeng – Jeneponto, lebih tepatnya di atasnya daerah Campaga.

16. Air Terjun Talimburu

Air Terjun Talimburu - bagooli.com
Sumber: instagram.com/explorebantaeng

Air terjun ini terletak di kecamatan Gantarang Keke. Ini adalah salah satu air terjun yang lumayan mudah diakses.

17. Air Terjun Tamaona

Air Terjun Tamaona - bagooli.com
Sumber: instagram.com/explorebantaeng

Air terjun ini terletak di kecamatan Ulu Ere.

18. Air Terjun Lapporo

lAir Terjun Lpporo - bagooli.com
Sumber: instagram.com/explorebantaeng

Air terjun ini terletak di Lapporo kecamatan Sinoa. Akses jalan menuju air terjun ini terbilang cukup mudah karena letaknya yang dekat dengan jalan raya, shingga lebih mudah ketika diakses.

 19. Air Terjun Gahuhu

Air Terjun Gahuhu - bagooli.com
sumber: instagram.com/explorebantaeng

Air terjun ini terletak di kelurahan Onto kecamatan Bantaeng.

Nah, itulah 19 Air Terjun yang terdapat di Kabupaten dengan sejuta keindahan ini. Beberapa Air Terjun di atas sebenarnya ada yang masih belum terlalu dikenal orang-orang karena akses menuju ke sana yang terbilang cukup sulit. Mulai dari rutenya yang cukup ekstrim, letaknya jauh, harus melalui pendakian, serta letak air terjunnya yang benar-benar tersembunyi. Sehingga pengunjung dari beberapa air terjun tersebut masih sangat kurang. Dan bukan tidak mungkin bahwa Bantaeng masih memiliki air terjun indah lainnya yang belum ter-ekspos.

Personal Blog: www.ilayahya.com || Instagram: @ilayahya_ || Facebook : Ila Yahya || Youtube: ILA YAHYA || Twitter: @ilayahya_