6 Air Terjun yang Bisa Kamu Kunjungi di Kabupaten Gowa

 
0

Kalian yang berada di Makassar kadang merasa bingung bila ingin liburan atau refreshing namun tidak ingin ke tempat yang jauh. Ekspektasinya sih pengen tempat wisata yang suasananya sejuk, dikelilingi pohon-pohon serta aliran air, tapi apa daya berakhir di mall atau bioskop. Walau ada kesenangan tersendiri setelah ke tempat tersebut, pastinya kalian merasa masih perlu mengunjungi tempat yang bernuansa alam. Kalian butuh menyegarkan pikiran dengan memandangi yang hijau-hijau, mendengarkan suara aliran air dan kicauan burung, serta menghirup udara yang sejuk. Yah tak dapat dipungkiri, kalian memang membutuhkan itu ketika Kalian merasa penat.

Berbicara mengenai tempat wisata yang sejuk dengan pemandangan pepohonan di sekitar beserta aliran air, Kalian menyadari gak sih? Salah satu daerah yang bertetangga langsung dengan Kota Makassar yaitu Kabupaten Gowa memiliki apa yang Kalian inginkan. Di Kabupaten ini terdapat banyak tempat wisata, beberapa di antaranya adalah Air Terjun.

Yuk, simak 6 Air Terjun di Kabupaten Gowa yang bisa Kalian kunjungi :

1. Air Terjun Salewangang

Air Terjun Salewangang - bagooli.com

Air Terjun Salewangang | Sumber : Instagram

Terletak di kawasan Malino Tinggimoncong Gowa, Air Terjun Salewangang ini menjadi wisata air terjun yang banyak diprimadonakan oleh wisatawan. Aliran airnya yang sangat deras serta bebatuan yang menghiasi sekitar air terjun menjadi daya pikat tersendiri bagi pengunjung.

Dari Kota Makassar menuju lokasi air terjun membutuhkan waktu lebih dari 2 jam untuk bisa sampai ke sana dengan jarak sekitar 60 KM bila melewati jalan Malino.

Untuk menuju air terjun ini, Kalian harus menyiapkan fisik yang kuat karena harus melalui jalur naik turun yang cukup curam. Namun proses perjalanan menuju air terjun Salewangan akan terbayarkan ketika kalian sampai di lokasi. Percayalah, si tempat ini sangat indah. Kalian akan merindukan tempat ini bila sekali mengunjunginya.

2. Air Terjun Bantimurung Gallang

Air Terjun Bantimurung Gallang - bagooli.com
Air Terjun Bantimurung Gallang | Sumber : Instagram

Air terjun ini terletak di Desa Pao Kecamatan Tombolopao, Gowa. Dari Kota Makassar, jaraknya sekitar 80 KM dengan waktu tempuh sekitar 3 jam. Untuk menuju ke sini, bisa dijangkau dengan menggunakan kendaraan roda empat maupun kendaraan roda dua. Air terjun yang berada tepat di belakang kawasan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Tombolopao ini merupakan Air terjun yang juga diprimadonakan oleh wisatawan.

Selain panoramanya yang indah, hal lain yang menjadi daya tarik pengunjung pada tempat wisata ini adalah terdapat beragam jenis kupu-kupu di sini. Air Terjun Bantimurung Gallang sendiri memiliki ketinggian kurang lebih 80meter dengan kedalaman 40 meter. Selain itu, terdapat gazebo yang tak jauh dari lokasi air terjun ini. Sehingga pengunjung dapat dengan nyaman beristirahat di sana.

Ada cerita bersejarah di balik Indahnya air terjun ini. Konon katanya, Air terjun ini telah ada sejak tiga kerajaan masih berdiri di Gowa. Ketiga kerajaan tersebut adalah Kerajaan Ballasuka, Kerajaan Pao dan Kerajaan Lombo. Konon katanya, Air Terjun ini dulunya merupakan tempat untuk mengeksekusi warga yang melanggar hukum adat, yaitu dengan dibuang ke air terjun yang dalam tersebut.

3. Air Terjun Takapala

Air Terjun Takapala - bagooli.com
Air Terjun Takapala | Sumber : Instagram

Bisa dikatakan air terjun ini termasuk salah satu air terjun tertinggi di Gowa. Air terjun yang letaknya di Desa Bulutana Kecamatan Tinggimoncong Gowa ini memiliki ketinggian sekitar 109 meter. Dari Malino Kota memiliki jarak tempuh kurang lebih 6 KM dengan medan yang cukup berlikuserta tampilan pemandangan yang sangat indah.

Air Terjun Takapala memiliki debit air yang sangat besar, apalagi bila musim hujan tiba. Curahan airnya yang bervolume besar itu secara alamiah membentuk kolam yang dapat dimanfaatkan untuk berenang dan bermain air. Walau demikian, pengunjung juga harus tetap berhati-hati dengan tekanan air dari dasar kolam yang cukup kuat.

Hal indah lainnya dari air terjun ini adalah terlihat biasan air yang membentuk sebuah pelangi  di atas kolam tersebut. Selain itu, air terjun yang dikelilingi perbukitan khas dataran tinggi dan pepohonan membuat suasana di tempat tersebut semakin sejuk dan asri.

Pengunjung yang datang ke air terjun ini tak akan melewatkan momen berfoto untuk mengabadikan pemandangan indah di Air Terjun Takapala ini.

4. Air Terjun Parangloe

Air Terjun Parangloe - bagooli.com
Air Terjun Parangloe | Sumber : Instagram

Inilah salah satu air terjun terkeren yang ada di  Kabupaten Gowa. Air terjun Parangloe ini bertingkat dan memiliki susunan batu yang sangat indah. Letaknya berada di  Desa Bori Kecamatan Parangloe Gowa dengan jarak sekitar 40 kilometer dari Kota Makasar.

Ciri khas yang dimiliki air terjun ini adalah  bertingkat-tingkat, tersusun dari lapisan bebatuan yang terekspos secara alami setinggi + 30 m. Tak hanya itu, airnya pun berasal dari sebuah sungai selebar 15-20 meter yang mengalir deras. Yang pernah ke sini pasti sangat setuju bahwa tempat ini sangat indah. Airnya yang jernih, suasananya menenangkan, serta dikelilingi oleh hijaunya pepohonan.

Namun perlu diingat, ketika musim hujan, hindari mengunjungi tempat ini. Karena biasanya akan ada air bah yang tiba-tiba muncul. Sehingga bisa memunculkan korban jiwa. Namun tak perlu takut. Apabila Kalian senantiasa berhati-hati, hal ini bisa diminimalisir, tunggu sampai musim hujan reda untuk mengunjungi air terjun Parangloe ini.

5. Air Terjun Cinta

"<yoastmark

Air terjun yang satu ini bentuk kolamnya agak unik, karena membentuk sebuah hati. Letaknya berada di Desa Tamalatea Kecamatan Manuju, Gowa. Untuk menuju air terjun ini, membutuhkan waktu tempuh sekitar satu setengah jam dari Kota Makassar.

Untuk menuju air terjun ini perlu mengitari hutan, keindahan yang sangat memukau akan membuat siapa saja yang berada di sana akan merasa kagum.  Kolam berbentuk hati yang berada di bawah air terjun cinta ini terisi air yang jernih dan nampak kehijauan. Sehingga kesegarannya akan sangat terasa.

6. Air Terjun Biroro

Air Terjun Biroro - bagooli.com
Air Terjun Biroro | Sumber : Instagram

Selanjutnya, air terjun yang juga tak kalah keren yang berlokasi di Kabupaten Gowa adalah Air Terjun Biroro. Tepatnya, air terjun yang satu ini terletak di Desa Biroro Kecamatan Tinggi Moncong, Gowa. Untuk bisa sampai di air terjun ini, Kalian harus melewati jarak tempuh sekitar 2 KM dari Malino kota dengan menggunakan kendaraan. Kemudian berjalan kaki sekitar 200 meter untuk menuju lokasi.

Berjalan 200 meter tidak akan terasa karena Kalian akan disuguhkan pemandangan sawah yang bertingkat-tingkat yang sangat indah. Spot foto di lokasi air terjun ini sangat keren dan instagramable. Yang pasti, ketika pulang dari tempat ini, Kalian akan merindukan kembali tempat ini.

———–

Sudah tau kan, ternyata ada banyak Air Terjun keren yang letaknya tak jauh dari Makassar ? Gimana nih.. pengen datengin yang mana dulu? Bingung kan.. soalnya semua air terjun di atas pesonanya menggoda banget. Oh iya, selain Wisata Air Terjun, Kabupaten Gowa juga memiliki banyak destinasi wisata lainnya loh.. Selain Malino, di Gowa juga ada tempat main golf, yang pastinya juga memiliki pemandangan yang sangat indah. Tunggu apa lagi? Yuk ke Kabupaten Gowa 😉

Selain kepada-Nya, jangan terlalu percaya pada siapapun. Follow me on Instagram: @ilayahya_