Your Theme License is INVALID or EXPIRED

5 Air Terjun Keren ini Letaknya di Kabupaten Maros, Loh !

 
0

Kabupaten Maros merupakan salah satu daerah di Sulawesi Selatan yang memiliki potensi wisata yang tinggi. Berbagai destinasi wisata ada di Kabupaten ini. Mulai dari taman sejarah, pegunungan Kapur, permandian alam, goa, hingga air terjun. Tak heran bila hari libur tiba, entah hari libur mingguan maupun hari libur nasional, Kabupaten Maros selalu diserang oleh para wisatawan yang hendak menikmati keindahan setiap destinasi wisata di sana.

Selain Rammang-Rammang, Bantimurung, dan Leang-Leang, banyak wisatawan yang jatuh cinta dengan keindahan air terjun yang dimiliki Maros. Bagaimana tidak, air terjun ini selain memiliki udara yang sejuk, juga memiliki panorama yang sangat indah. Walaupun medan untuk mencapai air terjun ini tergolong ada yang cukup ekstrim. Tapi ini tak menghalangi para wisatawan untuk mengunjunginya.

Nah, berbicara mengenai air terjun, setidaknya beberapa air terjun keren inilah yang banyak diprimadonakan oleh wisatawan. Air terjun mana sajakah itu ?

1. Air Terjun Lacolla

"<yoastmark

Inilah air terjun yang paling keren di Kabupaten Maros. Selain instagramable, destinasi wisata yang satu ini memang sangat mengagumkan. Air Terjun Lacolla lerletak di Dusun Malaka Desa Cenrana Baru Kecamatan Cenrana. Agar bisa ke tempat ini, harus pergi ke Bengo dulu. Tepatnya di jalan Poros Maros – Bone, setelah melewati pasar Bengo dan Lapangan sekitar 1,5 km Kalian akan menemukan papan petunjuk Air Terjun Lacolla di bagian kanan dari arah Maros.

Dari jalan poros, jarak menuju Air terjun Lacolla ini kurang lebih sekitar 9 km dengan melewati jalan berbatu dan beton. Dalam perjalanan menuju tempat ini, mata akan dihibur dengar pemandangan sawah bertingkat. Sedangkan ketika sampai di Lacolla, Kalian akan terkagum melihat pemandangan air terjun yang tersusun rapi hingga 4 tingkat.

Sebenarnya Air terjun Laccola ini memiliki susunan air terjun 7 tingkat. Namun 3 tingkat lainnya berpisah agak jauh dari tingkatan lainnya. Hanya4 tingkatan yang benar-benar tersusun sehingga sangat indah terlihat.

Tempat ini memang sangat indah dan mengagumkan. Selain keindahan air terjun, Sejauh mata memandang Kalian pun akan melihat keindahan lainnya dari bebatuan dan tebing-­tebing yang sangat keren.

Lalu apa lagi yang spesial dari Air Terjun Lacolla ini? Ternyata air terjun ini dekat dengan Bukit Kanari, yang juga merupakan destinasi wisata Kabupaten Maros yang Instagramable.

2. Air Terjun Maddenge

Air Terjun Maddenge - bagooli.com
Air Terjun Maddenge | Sumber: Instagram

Selanjutnya ada Air terjun Maddenge yang terletak di kaki gunung Desa Pattiro Deceng kecamatan camba, Maros. Jaraknya sekitar 45 km dari Maros Kota. Posisi Air terjun ini berada di celah tebing sehingga cukup sulit dijangkau. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 6 meter dan berdinding tebing batu. Ini memberikan sensasi yang berbeda dari air terjun lainnya yang ada di Maros. Selain itu, di tempat ini sangat sejuk karena berada di kaki gunung.

Berada di tempat ini akan membuat Kalian ingin berlama-lama di sana. Apa lagi spot foto di tempat ini sangat keren. Agak berbeda dengan air terjun lainnya yang sejauh mata memandang adalah hamparan hijaunya pepohonan dan tumbuh-tumbuhan. Namun di tempat ini berbeda. Mata kalian akan mengagumi tebing-tebing yang tinggi, yang disela-selanya mengalir air terjun yang deras. Anak pencinta alam pastinya tidak akan melewatkan air terjun yang satu ini.

3. Air Terjun Pung Bunga

Air Terjun Pungbunga - bagooli.com
Air Terjun Pungbunga | Sumber: Instagram

Air Terjun yang satu ini letaknya di daerah Bontosomba Kecamatan Tompobulu, Kabupaten Maros. Untuk ke wisata air terjun ini, Kalian bisa melewati 2 alternatif jalan. Yang pertama adalah jalur Pucak Kariango dan yang kedua adalah jalur Maccopa Maros. Dan agar bisa sampai di Air Terjun Pung Bunga, benar-benar membutuhkan perjuangan.

Bila start dari Kota Makassar melalui jalur Pucak Kariango, membutuhkan waktu tempuh hampir 3 jam. Sebelum memasuki area air terjun Pung Bunga, Kalian akan disambut oleh warga sekitar yang menyediakan jasa parkir kendaraan. Nah, ketika telah memarkirkan kendaraan, Kalian harus berjalan kaki sekitar 300 meter untuk sampai di tempat yang dituju.

Air terjun di sini sangat keren. Dengan ketingian air terjun sekitar 5 meter, rasa capek karena perjalanan tadi akan terbayar karena indahnya tempat itu.

4. Air terjun Bontoa

Air Terjun Bontoa - bagooli.com
Air Terjun Bontoa | Sumber : Instagram

Kabupaten Maros juga memiliki Air terjun Bontoa dengan view yang sangat keren. Letaknya di Desa Laiya Kecamatan Cenrana. Dibutuhkan waktu tempuh sekitar 2 jam dari Maros Kota untuk bisa sampai ke Air Terjun ini.

Ketika sampai di lokasi, Kita akan langsung bertemu dengan puncak air terjun Bontoa. Sebenarnnya ini agak berbahaya, apalagi bila airnya deras. Tapi bila tidak terlalu deras, Kita bisa menyeberang. Air Terjun Bontoa memiliki dua tingkatan. Untuk tingkat kedua adalah yang Kita temui saat sampai di lokasi. Tidak terlalu tinggi tapi airnya lumayan banyak.Nah, untuk turun ke tingkatan yang pertama, harus menyeberangi puncaknya.

Air terjun tingkat pertama berada tepat di bawah air terjun yang tingkat kedua, dan ini cukup tinggi. Arus air terjun tidak hanya satu, melainkan bercabang. Jadi untuk berfoto dengan background jatuhan air yang mengalir dari atas pastinya akan menghasilkan hasil foto yang sangat keren.

Selain kesegaran airnya, suasana di tempat ini juga sangat sejuk serta panoramanya yang sangat indah. Kalian yang berencana melewati waktu libur dengan mengunjungi wisata air terjun, Kalian bisa mencoba ke tempat ini. Karena ini benarbenar kerenn.

5. Air terjun Lengang

Air Terjun Lengang - bagooli.com
Air Terjun Lengang | Sumber : Instagram

Air terjun keren lainnya yang terletak di Kabupaten Maros adalah Air Terjun Lengang. Air terjun ini berada di Desa Laiya Kecamatan Cenrana, Maros. Untuk menuju tempat wisata ini, membutuhkan waktu sekitar 2 jam perjalanan dari Kota Makassar.

Dengan ketinggian sekitar 20 meter, dari atas air terjun ini Kita bisa melihat pemandangan kebun maupun sawah. Yang disukai oleh pengunjung selain merasakan langsung sensasi mandi di air terjun ini, pengunjung juga dapat berfoto sepuas hati karena di tempat ini memiliki spot foto yang sangat keren.

Bagi yang memiliki hammock, bisa memasangnya di sekitar air terjun untuk bisa bersantai menikmati keindahan alam sekitar.

—————–

Nah, itulah beberapa air terjun keren yang letaknya di Kabupaten Maros. Bila Kalian berencana ke wisata Air terjun, kalian boleh menyusun rencana untuk ke tempat-tempat ini. Tapi, pastikan fisik Kalian kuat yah.. karen perjalanan menuju air terjun ini cukup ekstrim. Namun walau demikian, rasa capek Kalian akan terbayarkan dengan look yang sangat indah ketika telah sampai di tempat yang dituju.

Personal Blog: www.ilayahya.com || Instagram: @ilayahya_ || Facebook : Ila Yahya || Youtube: ILA YAHYA || Twitter: @ilayahya_