6 Event Tahunan Makassar yang Paling Ditunggu-tunggu oleh Warganya

 
0

Tiap daerah tentunya memiliki event tahunan yang selalu menjadi momen yang paling ditunggu-tunggu oleh warganya. Selain bertujuan untuk menguntungkan kedua belah pihak  antara pengunjung dan penyelenggara, pengadaan event tahunan ini juga menjadi ajang silaturahmi yang mengeratkan hubungan antara orang-orang yang memiliki passion dalam bidang yang sama. Dengan kata lain, ini menjadi momen untuk memperluas jaringan.

Ada kebahagiaan tersendiri ketika Kita bisa menghadiri suatu event yang memang menjadi passion Kita, bertemu dengan orang-orang baru yang memiliki passion yang sama, serta membeli barang-barang yang telah lama diidam-idamkan pada event tertentu dengan harga yang relatif lebih murah.

Di Makassar sendiri, selalu ada event yang telah menjadi agenda tahunan bagi tiap penyelenggara. Mulai dari event yang bertemakan kuliner, fashion, musik, dan karya sastra. Berikut ini setidaknya terdapat 6 event tahunan Makassar yang selalu ditunggu-tunggu oleh warganya. Event apa sajakah itu?

1. Makassar International Eight Festival [F8]

Festival Internasional ini merupakan program dari Walikota Makassar saat ini ( Bpk Danny Pomanto) dan masuk dalam agenda Internasional resmi Indonesia. Event tahunan Makassar ini pertama kali digelar pada September 2016. Festival F8 tentu saja selalu ramai dikunjungi oleh warga Makassar dan sekitarnya. Bila di tahun 2016 Festival F8 digelar selama 3 hari berturut-turut dan pengunjungnya melebihi dari 300rb pengunjung, maka di tahun 2017 beda lagi. Festival F8 di tahun 2017 digelar selama 5 hari dan dikunjungi oleh lebih dari  1,2Juta pengunjung. Wow!

Nama F8 sendiri bukan hanya sekedar simbol apalagi untuk keren-kerenan. Penamaan F8 pada Festival Internasional Makassar ini mewakili 8 bagian. F8 tersebut terdiri atas: Fashion, Film, Food, Flora & Fauna, Folk, Fine Art, Fusion Music, dan Fiction Writers. Bisa dibilang festival ini adalah yang paling komplit. Karena satu festival telah mencakup perihal makanan, fashion, budaya, musik, kepenulisan, flora & fauna, perfilman, serta seni.

Untuk mendapatkan update terbaru perihal Makassar International Eight Festival [F8] ini, bisa langsung kepoi Instagramnya di f8makassar

2. Femme

Female On The Move atau yang lebih dikenal dengan sebutan Femme merupakan salah satu event tahunan Makassar yang paling ditunggu-tunggu oleh mereka yang tak hanya berasal dari Makassar, tapi juga dari daerah lain di Indonesia. Event Fashion terbesar se-Indonesia Timur ini selalu ditunggu-tunggu kehadirannya oleh warga Makassar khususnya oleh para wanita. Femme pertama kali diadakan pada tahun 2005. Event fashion ini diselenggarakan oleh ‘3 Pro Entertainment’. Selama 13 tahun perjalanan Femme, 3 tempat yang sering digunakan sebagai tempat penyelenggaraan event ini adalah Hotel Sahid Jaya, Hotel Grand Clarion, dan Four Points Hotel by Sheraton Hotel.

Alasan mengapa event fashion ini sangat ditunggu-tunggu oleh para Wanita Makassar adalah karena event yang biasanya diadakan selama 5 hari ini tak hanya menyajikan sesi fashion show. Tapi juga terdapat stand dari para desainer ternama dan desainer lokal. Biasanya para wanita yang hadir di event ini akan membawa banyak uang untuk bisa hunting pakaian. Selain itu, pada event ini juga menyediakan stand kuliner. Sehingga para pengunjung tak perlu khawatir bila mulai merasa kelaparan.

Untuk tahun 2018 ini, Femme baru saja diselenggarakan  pada 11-15 April di Four Points Hotel by Sheraton Hotel. Terdapat 52rb pengunjung selama 5 hari diselenggarakannya Femme dengan omzet melebihi 39M. Femme tahun ini diikuti oleh 350 brand, 100 model lokal dan nasional, 50 desainer ternama tanah air, 25 brand artis, 50 fashion show, serta 30 booth kuliner.

Untuk bisa mendapatkan informasi seputar Femme, bisa di lihat di Instagram Femme.official.

3. Rock in Celebes

Bila mendengar event ini, pasti sudah bisa ditebak siapa peminat atau target dari festival musik yang satu ini. Rock in Celebes sendiri pertama kali diadakan pada tahun 2010. Event tahunan ini sangat-ditunggu-tunggu kehadirannya oleh para pencinta Musik, khususnya pencinta musik yang bergenre Rock. Puncak Festival Rock in Celebes biasanya diadakan selama 2 hari dan tahun lalu diselenggarakan di pelataran Phinisi Point (PIPO) Mall Makassar.

Jangan ketinggalan untuk mendapatkan informasi terbaru mengenai event tahunan Makassar yang satu ini. Karena pihak penyelenggara akan memberikan update terbaru seputar Rock In Celebes melalui official Instagramnya di rockincelebes

4. Festival Jajanan Bango

Sejak digelar pada tahun 2005 yang lalu, Festival kuliner yang diadakan oleh salah satu Kecap produksi Indonesia (Bango) ini menjadi event tahunan Makassar yang selalu ditunggu-tunggu kehadirannya. Perhelatan kuliner akbar tahunan ini diadakan di 2 kota besar di Indonesia, yaitu di Jakarta dan Makassar.

Ciri khas dari Festival kuliner yang satu ini adalah pengunjung akan dimanjakan oleh lebih dari 80 jenis hidangan Khas Nusantara. Biasanya event ini digelar selama 2 hari dan biasanya dekat-dekat Ramadhan.

Buat pencinta kuliner yang sering hunting food, pasti tidak akan melewatkan event satu ini. Oh iya, agar bisa mengetahui langsung perihal Festival Jajanan Bango ini, bisa dicek Via Instagram di bangowarisankuliner.

5. Makassar International Writers Festival (MIWF)

Festival yang satu ini, Makassar International Writers Festival (MIWF) merupakan festival Sastra Internasional pertama yang dihelat di Indonesia Timur. Event ini diselenggarakan oleh Rumata’ Artspace dan telah menjadi program tahunan. Sehingga ini juga merupakan salah satu event tahunan Makassar yang paling ditunggu-tunggu oleh mereka yang memiliki passion di bidang menulis ataupun pencinta karya sastra.

Adapun lokasi digelarnya event tahunan ini, biasanya diselenggarakan di Fort Rotterdam Makassar. Selain sebagai ajang untuk bertemunya para pemilik passion yang sama di bidang literasi, Makassar International Writers Festival (MIWF) ini digelar untuk menumbuhkan minat baca dan menulis warga Makassar. Tak hanya itu, festival ini juga sebagai tempat berkumpulnya para penulis yang bukan hanya lokal tapi juga dari mancanegara.

Di tahun 2017 yang lalu, festival ini dihadiri oleh sekitar 20rb partisipan. Ayo cari tau kelanjutan festival ini di Instagram makassarwriters.

6. Makassar Jazz Festival

Bila sebelumnya para penikmat musik rock dan sejenisnya menanti-nantikan evet tahunan Rock In Celebes, maka lain lagi halnya bagi mereka penikmat musik jazz. Karena di Makassar sendiri biasanya diadakan Makassar Jazz Festival di setiap tahunnya.

Makassar Jazz Festival pertama kali diselenggarakan pada tahun 2010 dan dipromotori oleh Makassar Media One. Biasanya event tahunan Makassar yang satu ini diadakan di Fort Rotterdam Makassar.

Bila ingin mengetahui setiap perkembangan dari event tahunan yang selalu ditunggu-tunggu oleh para penikmat musik jazz ini, bisa dicek di official Instagramnya di makassarjazzfestival.

—-

Nah, itulah Event Tahunan makassar yang selalu ditunggu-tunggu oleh warganya yang berasal dari berbagai kalangan. Mulai dari kalangan pencinta kuliner, musik, fashion, budaya, penulis, penikmat karya sastra, dan lainnya.

Lalu bagaimana Kalian? event apa yang paling kalian tunggu tiap tahunnya? Ataukah ada event tahunan lain yang menurut kalian sangat ditunggu-tunggu oleh warga Makassar dan sekitarnya tapi belum disebutkan di atas? Yuk, tuliskan di kolom komentar 😉

Selain kepada-Nya, jangan terlalu percaya pada siapapun. Follow me on Instagram: @ilayahya_