Your Theme License is INVALID or EXPIRED

Fakta Menarik Mengenai Luwu Timur

 
0

Deretan Kabupaten Sulawesi Selatan memang cukup banyak dan juga beragam. Meskipun jarang disadari bahwa Sulawesi Selatan memiliki banyak potensi dan juga beragam kekayaan Sumber Daya, namun banyak masyarakat yang belum tahu hal unik dari Sulawesi Selatan. Begitupun dari masing-masing Kabupaten seperti kabupaten Luwu Timur yang sudah pasti jarang didengar oleh masyarakat Indonesia bagian barat, terutama oleh mereka yang tinggal di ibukota.

Luwu Timur merupakan salah satu Kabupaten yang tumbuh dengan baik dan juga memiliki kualitas hidup yang tidak buruk. Mengenai Luwu Timur, dalam artikel ini kita akan membahas mengenai banyak hal termasuk keunikan dan juga berbagai fakta menarik terkait hal tersebut, sehingga Anda bisa mengenalnya lebih banyak :

Danau Terdalam di Asia Tenggara

Danau Matano

Siapa yang menyangka bahwa Danau terdalam di Asia Ternggara ternyata berada di Sulawesi Selatan, lebih tepatnya di Kabupaten Luwu Timur. Banyak orang yang tidak tahu, bahkan masyarakat di sekitar pun tidak mengetahui  hal tersebut. Dari hasil research yang dilakukan oleh Universitas di Sulawesi Selatan dan juga para penguji Internasional, barulah banyak orang yang mengetahui bahwa Danau terdalam di Asia Tenggara ada di Kabupaten ini.

Dengan nama Danau Matano berikut ini profil penjelasan danau tersebut :

Profil Danau Matano

  • Panjang maks. 28 kilometer
  • Lebar maksimal 8 kilometer
  • Area permukaan 164 km2
  • Kedalaman rata-rata 37 meter
  • Kedalaman maks. 590 meter
  • Volume air 98 km 3
  • Ketinggian permukaan 382 meter
  • Permukiman Sorowako

Air Terjun Mata Buntu

Air Terjun mata buntu

Setelah Danau Matano, selanjutnya adalah air Terjun yang menjadi sasaran wisatawan lokal dan juga wisatawan asing yang datang ke Sulawesi Selatan. Air terjun ini memang dikenal indah dan juga menawan, terutama karena masih banyak orang yang belum tahu dan berkunjung ke tempat ini. Air terjun ini memiliki nama mata buntu karena dalam bahasa setempat memiliki arti air yang keluar dari batu. Seperti namanya, memang air terjun ini seperti keluar dari bebatuan.

Berdasarkan kesaksian masyarakat setempat, air terjun ini dulunya bukan bernama mata buntu namun masyarakat menamainya Meruruno yang aritnya gemuruh. Nama ini tentu diambil dari suara gemuruh yang ada di air terjun atau air yang jatuh.

Wisata Gunung Terindah

Bulu Poloe merupakan salah satu Gunung terindah yang banyak dikunjungi oleh masyarakat lokal maupun asing. Seperti yang Anda ketahui, bahwa Gunung ini berarti Gunung patah yang berarti Bulu Poloe. Di mana wisata gunung di Luwu Timur ini yang paling indah di Sulawesi Selatan. Menurut ceritanya dulu bahwa gunung ini patah atau terpisah karena tertimpa oleh badan pohon yang benar-benar besar. Pohon ini bertujuan untuk membuat perahu oleh seorang pangeran kerajaan Luwu.

Namun, di balik legenda dan cerita itu seperti yang Anda harus tahu bahwa biota dan terumbu karang dari gunung ini sangat indah dan juga luar biasa.  Biota di Bawah laut di sekitar Pulau Bulu’ Poloe memang belum pernah tereksploitasi dan masih dijaga oleh Pemerintah. Biota laut ini satu-satunya yang paling dijaga di Sulawesi Selatan.

Kota Cahaya

Malam Hari di Soroako

Kota Cahaya bisa dinobatkan pada ibukota Kabupaten Luwu Timur yang menampilkan beragam dan cahaya yang indah ketika malam hari. Memang pusat kota Luwu Timur tidaklah besar, sehingga tidak memakan area yang banyak untuk masyarakat Kabupaten tersebut tinggal.

Namun, adanya listrik disana menerangi Kabupaten tersebut dan juga memperindah penampilan kota Luwu Timur jika dilihat dari ketinggian.  Selain itu, di sekitar Luwu Timur adalah lautan sehingga jelas kota cahaya ini terlihat lebih terang diantara sekitarnya..

Ikan Purba

ikan danau matano

Keunikan selanjutnya yang bisa Anda temukan adalah ikan purba yang berada di Danau terdalam di Asia Tenggara, Danau Matano. Di mana jika Anda menyusuri danau menggunakan perahu tradisional atau biasa disebut Katinting maka Anda bisa melihat panorama dan keindahan alam yang tidak akan bisa didapatkan di manapun. Dengan kondisi danau seluas 16.000 hektar dengan kedalaman mencapai 600 meter, danau ini tercatat sebagai danau terdalam di Asia Tenggara.

Selain itu, Anda bisa menemukan berbagai macam fauna unik di sini. Di mana  fauna endemik yang bisa Anda temukan adalah kepiting, siput, dan ikan. Uniknya, fauna yang ada di Danau Matano, sebagian besar tidak bisa dijumpai di danau lain yang ada di Indonesia. Salah satunya adalah Ikan buttini yang sudah sulit untuk didapatkan dan juga sudah termasuk ikan yang langka.

Gua Tengkorak

Gua Tengkorak

Selanjutnya, keunikan yang bisa Anda temukan adalah Gua Tengkorak. Gua ini bisa dikatakan unik karena berada di bibir Danau Matano yang sebagian adalah tebing batu papan. Selain itu, Gua ini unik karena memang tidak ada Gua lain yang berada di pinggir Danau yang kebanyak di pinggir laut. Selain itu, ada juga peninggalan sejarah yang terdapat pada gua tengkorak ini.

Dinamakan seperti itu karena memang gua tersebut menyisakan sejarah kelam dari perjuangan masyarakat Luwu Timur. Seperti halnya peralatan perang yang sudah berkarat dan sudah menempel pada batu, layaknya tombak, parang, dan juga peralatan rumah yang terbuat dari besi kuningan, yang diperkirakan telah ada sejak ratusan tahun silam.

Dari semua keunikan diatas, Luwu Timur memang tidak sekaya Kabupaten lainnya seperti Sidrap ataupun Bantaeng. Namun, Luwu Timur tetap banyak dijadikan objek wisata khususnya masyarakat yang ada di Sulawesi Selatan. Karena daerah ini menampilkan geografis yang beragam dan juga berbeda.

Mulai dari pantai dan lautan luas dan juga gunung, serta danau yang nyatanya terdalam di Asia Tenggara. Hal ini bukanlah kebetulan semata di mana Luwu Timur benar-benar dijaga dengan baik oleh masyarakat dan pemerintah setempat agar tetap memiliki sumber daya alam yang alami dan luar biasa.

Biaya Hidup Murah

Terakhir, keunikan yang banyak dilakukan oleh masyarakat Luwu Timur adalah biaya hidup yang murah dan juga terjangkau. Karena ekonomi di sana memang belum terlalu berkembang, menyebabkan masyarakat Luwu Timur juga tidak memaksakan biaya hidup yang terlalu tinggi karena pasti akan menyulitkan mereka dalam menjalankan kehidupan sehari-hari.

Meskipun begitu, karena banyak orang yang berladang maka biaya hidup murah karena bisa didapatkan dari menanam sendiri dan memanen sendiri. Khususnya tanaman atau sayuran untuk panganan sehari-hari. Namun untuk Anda yang ingin mendapatkan kelebihan biaya hidup atau keuntungan di Luwu Timur tidaklah mudah karena biaya hidup yang rendah.

Tambahan informasi untuk Anda yang tertarik dengan area ini, khusus untuk Luwu memang memiliki banyak area atau cabang wilayah, Anda bisa ke arah Utara ataupun ke arah Timur sesuai dengan keinginan. Namun banyaknya area Timur yang menampilkan banyak keunikan seperti yang dibahas di atas. Anda bisa langsung mampir ke Luwu Timur untuk mengetahui seperti apa keunikan dari daerah ini agar bisa merasakan sendiri.