Fakta Menarik Tentang Kabupaten Sidrap

 
0

Membicarakan mengenai Sulawesi Selatan tidak akan pernah ada habisnya. Walaupun di provinsi ini terdapat beberapa Kota, namun banyak juga daerah atau Kabupaten-Kabupaten yang masih memiliki keunikan dan ciri khas bawaan dari daerah tersebut yang masih terjaga. Salah satunya yang seringkali dibicarakan adalah Kabupaten Sidenreng Rappang atau yang lebih dikenal dengan nama Sidrap.

Kabupaten Sidenreng Rappang

Apakah Anda pernah mendengar Kabupaten Sidenreng Rappang ? Biasanya Kabupaten ini disebut sebagai Kabupaten Sidrap. Salah satu Kabupaten yang terletak di Provinsi Sulawesi Selatan Indonesia ini memang masih asing di telinga masyarakat Indonesia. Padahal banyak keunikan yang dimiliki Kabupaten ini. Dengan luas wilayah sekitar 2.506,19 KM persegi, kurang lebih ada sekitar 264.955 jiwa yang menempati area ini.

Berikut adalah keunikan yang bisa Anda ketahui dari Kabupaten Sidrap ini :

~ Area dengan Kekayaan yang Tinggi

Sidrap - bagooli.com
Sumber: youtube.com

Meskipun daerah yang kecil, namun Sulawesi atau area Timur Indonesia terbukti memiliki kekayaan yang luar biasa. Bahkan banyak perusahaan asing berusaha untuk mengambil kekayaan baik alam maupun sumber daya yang bisa menghasilkan uang yang tinggi. Kabupaten Sidrap sendiri menjadi wilayah yang terkaya di Provinsi Sulawesi Selatan.

Kabupaten ini juga memiliki angka kemiskinan yang rendah jika dibandingkan dengan daerah lainnya di Sulawesi Selatan. Namun tetap saja sebagai Kabupaten terkaya sayangnya masih ada area yang sulit untuk memiliki ekonomi yang merata. Sehingga masih banyak pekerjaan pemerintah untuk meratakan kebutuhan dan juga makmurnya masyarakat Sidrap agar bisa merata. Pekerjaan tambahan lainnya yakni menghindari kedudukan orang asing yang mengambil sumber daya daerah tersebut.

~ Legenda Sidrap

Legenda Sidrap - bagooli.com
news.kabarwajo.com

Banyak masyarakat yang menceritakan legenda Sidrap. Berdasar padaLontara’ Mula Ri Timpakenna Tana’e Ri Sidenreng halaman 147, terdapat seorang raja di Tana Toraja. Konon sebagai saudara sulung, La Maddaremmeng selalu menekan dan juga mengintimidasi kedelapan adik-adiknya, karena kejadian inilah semua adiknya merasa tidak tahan dan akhirnya pergi ke tempat lain.

Mengingat perjalanan yang melelahkan, maka mereka merasa kehausan dan mencari jalan ke tepi genangan air di sisi danau. Danau tersebut berada di hutan lebat sehingga sulit mencapainya. Karena harus menembus semak belukar yang lebat, mereka pun sirenreng-renreng (saling berpegangan tangan). Sesampainya di sana, mereka minum sepuas-puasnya dan duduk beristirahat kemudian mandi.

Setelah itu mereka semakin hari semakin banyak pengikutnya, dengan cara bertani dan mulai bercocok tanam. Tempat itulah yang kemudian dikenal “Sidenreng“, yang berasal dari kata sirenreng-renreng mencari jalan ke tepi danau, dan danau itulah yang sekarang dikenal dengan danau Sidenreng. Dari situ, terbentuk kerajaan Sidenreng.

~ Tokoh Hebat

Sidrap
Sumber: rbmsidrap.blogspot.com

Di daerah Sidrap terkenal akan tokoh yang masuk ke dalam cendekiawan Bugis yang sangat terkenal. Di mana saat masa Addatuang Sidenreng dan Addatuang Rappang (Addatuang adalah semacam pemerintahan distrik pada masa lalu yang dipimpin oleh seorang perempuan) bernama Nenek Mallomo.

Meskipun Beliau bukan dari keluarga istana atau kalangan besar, namun kepandaian hukum negara dan pemerintahannya membuat Nenek Mallomo populer dan terkenal. Sayangnya, Raja harus memutuskan hukuman kepada putera Nenek Mallomo’ yang mencuri peralatan bajak tetangga sawahnya dan bisa disebut sebagai hal ironi.

Namun dalam hal ini, masyarakat tetap menghargai Nenek Mallomo meskipun terjadi kejadian bahwa sang anak akan ditangkap. Kata bijak Nenek Mallomo yang masih diingat hingga saat ini yaitu Naiya Ade’e De’nakkeambo, de’to nakkeana, artinya: “Sesungguhnya adat itu tidak mengenal Bapak dan tidak mengenal Anak”.

~ Wisata Memukau Sidrap

Taman Puncak Bila Sidrap - bagooli.com
Sumber: nyero.id

Di Kabupaten Sidrap sendiri memang terkenal akan daerah yang jauh dari kota besar. Namun tidak begitu dengan tepat wisatanya, di mana ada banyak tempat wisata yang difavoritkan banyak orang. Pertama adalah Taman wisata Puncak Bila, tempat ini merupakan sebuah taman wisata air dengan wahana sepeda air,  perahu kano, aqua bikes, flying fox, motor ATV, waterboom dan juga wisata lainnya.

Selain itu ada Cekdang, ini salah satu tempat rekreasi yang bagus untuk bisa didatangi dengan keluarga karena memiliki tempat memancing ikan, kafe ataupun tempat untuk memberi makan ikan di Kelurahan Batu Kecamatan Pituariase.  Selain itu ada Danau Sidenreng yang populer dan juga dibicarakan dalam legenda serta tempat wisata Mojong.

~ Bupati Termuda

Bupati termuda
Sumber: edunews.com

Siapa sangka, Kabupaten Sidrap dipimpin oleh H. Rusdi Masse yang merupakan seorang Bupati termuda yang ada di Indonesia. Hal ini merupakan poin yang membanggakan untuk Bupati dan daerah Sidrap sendiri. Untuk itu, banyak potensi dan juga program kerja yang mungkin diharapkan masyarakat agar bisa lebih baik. Karena semakin mudanya Bupati yang menjabat maka semakin kreatif dan banyak terobosan baru sehingga membawa perubahan untuk daerah Sidrap.

~ Sentra Beras

Sidrap Penghasil Beras - Bagooli.com
Sumber: bugiswarta.com

Menurut data dan juga fakta di lapangan, Kabupaten Sidrap merupakan daerah penghasil beras terbesar di Sulawesi Selatan. Sawah-sawah yang ada di Kabupaten Sidrap memiliki lahan yang luas. Tak heran bila Sidrap menjadi sentra beras yang dibutuhkan oleh daerah lain. Jika sudah mengalami masa panen, maka daerah lain akan meminta dan banyak diambil.

~ Penghasil lainnya

Keunikan Kabupaten Sidrap
Sumber: bugiswarta.com

Selain sentra besar beras, ada hasil utama lainnya yang dihasilkan oleh Sidrap khususnya hasil dari Indonesia Bagian Timur. Di mana daerah ini juga merupakan penghasil telur ayam dan telur itik yang berada di luar Pulau Jawa.

Seringkali, Pulau Jawa memang dijadikan sentra utama telur ayam dan telur itik sehingga kesulitan untuk area Timur memenuhi hal tersebut. Komoditas pertanian lainnya yaitu Kakao, Kopra, Mete dan juga Kemiri. Serta hutan berupa kayu serta rotan mengingat di Sidrap memiliki hutan cukup luas.

Selain fakta unik diatas ada beberapa informasi terkait Sidrap, khususnya Kecamatan untuk Kabupaten di Sulawesi Selatan ini, kecamatan yang ada cukup banyak, yaitu :

Nama Kecamatan Luas Wilayah Jumlah Desa Jumlah RW Jumlah RT
Kecamatan Baranti 5.389 km2
Kecamatan Duapitue 6.999 km2
Kecamatan Kulo 7.500 km2
Kecamatan Maritengae 6.590 km2
Kecamatan Pancal Lautang 15.393 km2
Kecamatan Panja Rincang 3.402 km2
Kecamatan Pitu Riase 84.477 km2
Kecamatan Pitu Riawa 21.043 km2
Kecamatan Tellu Limpoe 10.320 km2
Kecamatan Watang Pulu 15.131 km2
Kecamatan Watang Sidenreng 12.081 km2

Jika membicarakan mengenai Sidrap, Maka Anda juga membicarakan mengenai Sulawesi Selatan. Sidrap mungkin belum menjadi Kabupaten yang populer atau belum banyak dikenal oleh masyarakat Indonesia secara luas. Namun sebagai Kabupaten yang masih terus berkembang, banyak hal yang menjadi perhatian dari Kabupaten ini termasuk beberapa hal yang telah dipaparkan di atas.