Hal-Hal yang Bisa Kamu Lakukan Saat ‘Car Free Day’

 
0

Mencontek dari penerapan yang sudah ada di kota-kota besar yang ada di Indonesia, Makassar juga tak ingin ketinggalan dan turut serta dalam menerapkan Car Free Day, sebuah terobosan yang dilakukan setiap hari Minggu di mana satu area disterilkan dari para pengendara. Car Free Day juga merupakan sebuah kegiatan rutin akhir pekan yang mempertemukan seluruh lapisan masyarakat dalam satu area untuk sama-sama menikmati akhir pekan.

Car Free Day di Makassar digelar rutin setiap hari Minggu di kawasan Pantai Losari mulai pagi hingga menjelang siang. Kegiatan ini tidak hanya menarik minat masyarakat untuk datang berbondong-bondong  demi menikmati suasana bebas kendaraan bermotor, melainkan sebagai lahan bisnis para pelaku ekomoni, tempat berkumpulnya berbagai macam komunitas dan lain sebagainya.

Banyak hal menarik yang bisa Kamu lakukan pada saat Car Free Day, berikut kami akan membahasnya.

1. Olahraga atau Jogging

Olahraga atau Jogging via makassar.merdeka.com

Karena bertepatan dengan hari Minggu, Car Free Day memang menjadi waktu yang pas untuk mengolahragakan tubuh setelah beraktifitas selama hampir sepekan. Mayoritas pengunjung yang datang di Pantai Losari bahkan sudah mengenakan pakaian olahraga dan sepatu.

Beberapa spot yang mendukung seperti di Anjungan juga bisa dijadikan tempat untuk memulai olahraga sembari menikmati hawa pagi dan hembusan angin pantai.

2. Berburu Barang Murah

Mencoba Produk Makanan via anggakerr.blogspot.co.id

Di Car Free Day, ternyata Kamu juga bisa berburu barang-barang yang dijual dengan harga miring. Pedangan pakaian, aksesoris, sepatu, sampai mainan anak-anak berceceran di tepi jalan. Barang dagangan mereka dijual dengan harga yang jauh lebih murah daripada yang ada di pasar.

Tawar menawar juga menjadi hal yang lumrah dalam Car Free Day, jika Kamu pandai menawar, maka Kamu bisa mendapatkan barang yang Kamu mau dengan harga yang lebih murah lagi.

3. Menjual

Berdagang via anbhar.net

Siapa bilang di Car Free Day kita hanya akan menguras dompet? Tidak juga, bahkan segelintir orang juga ikut membuka lapak dadakan yang sederhana seperti dengan cara membuka bagian belakang mobil atau menggelar tikar untuk memajang barang-barang yang mereka jual. Biasanya mereka menjual nasi kuning, minuman dingin atau bahkan pakaian.

Ramainya pengunjung yang berdatangan menjadi sasaran empuk yang membuat siapapun tergiur untuk mengais rejeki dalam kegiatan seminggu sekali ini.

4. Wisata Kuliner

Wisata Kuliner via tribunnews.com

Untuk Kamu yang hobi jajan, Kamu bisa temukan berbagai jenis makanan, mulai dari makanan tradisonal hingga makanan internasional. Saat lelah setelah habis berjalan atau berolahraga, biasanya kedai-kedai dadakan mulai ramai dikerumungi oleh para pengunjung. Di sini Kamu bisa memanjakan lidah Kamu untuk mencicipi berbagai macam kuliner, mulai dari makanan berat hingga yang ringan.

Berbagai macam makanan seperti bakso, mie ayam, nasi kuning, songkolo hingga buroncong bisa dengan mudah Kamu temukan di area Car Free Day.

5. Berkenalan dengan Orang Baru

Friend via anggakerr.blogspot.co.id

Siapa yang tahu kalau di Car Free Day Kamu juga bisa mendapatkan kenalan baru. Banyaknya pengunjung dari berbagai kalangan sama sekali tidak menutup kemungkinan untuk Kamu mendapat teman baru.

Tidak sedikit yang berkenalan karena tak sengaja berada dalam satu lokasi yang sama atau terlibat dalam satu aksi kegitan yang sama. Selama pertemanannya membawa dampak positif, tidak menjadi masalah.

6. Berburu Foto

Hunting Foto via metrotvnews.com

Untuk mereka yang menyukai dunia fotografi, biasanya akan menyempatkan diri untuk mengabadikan beberapa momen yang diambil secara natural. Bagi sejumlah pecinta dunia fotografi, aktivitas manusia merupakan objek menarik untuk diabadikan. Beberapa pemuda yang berjalan dengan kamera yang menggantung di leher mereka akan selalu tampak di sela-sela pengunjung.

Biasanya para pemburu foto ini berlomba-lomba mengambil momen yang paling alami seperti saat orang sedang berjualan, orang sedang berolahraga, orang sedang mengobrol dan lain sebagainya. Suatu kepuasaan tersendiri bagi mereka ketika bisa mengambil gambar sesuai harapan.

7. Bergabung di Komunitas Sosial

Instagram.com

Dalam Car Free Day Kamu juga akan menemukan berbagai macam komunitas sosial yang gencar mensosialisikan program mereka. Di sini Kamu bisa berkenalan dengan mereka dan juga program-program peduli sosial yang mereka kenalkan.

Selain itu, untuk Kamu yang memiliki minat berlebih terdahap kepedulian sesama bisa ikut berpartisipasi dalam kegiatan yang mereka selenggarakan.

8. Unjuk Bakat

Tari-Tarian via www.antaranews.com

Bagi Kamu yang memiliki kepercayaan diri yang tinggi dan ingin lebih dikenal banyak orang, Car Free Day  bisa menjadi jalan bagi Kamu untuk unjuk diri.

Di sini Kamu bisa bebas menunjukkan bakat yang Kamu miliki di tengah-tengah keramaian. Apapun yang Kamu tunjukkan akan lebih mudah mendapat perhatian pengunjung jika Kamu percaya diri. Hal ini juga akan membuat Kamu makin dikenal banyak orang.

9. Ikut Kegiatan Sosial

 

Kegiatan Sosial Via makassar.tribunnews.com

Kemunculan berbagai macam komunitas, turut meramaikan Car Free Day yang gencar mengenalkan siapa diri mereka dan apa tujuan mereka. Tidak sedikit komunitas sosial yang memanfaatkan acara rutin akhir pekan ini sebagai ajang untuk menyedot para partipisan untuk bisa bergabung dalam kegiatan sosial mereka.

Untuk Kamu yang menyukai segala kegiatan sosial, maka di Car Free Day Kamu hanya tinggal memilih ingin berbagung dengan lembaga yang seperti apa. Selain itu, Kamu juga ikut berdonasi sebagai bentuk dukungan Kamu terhadap langkah peduli mereka.

10. Menemukan Barang Bekas dengan Kualitas Unggul

Barang Bekas Via www.daenggassing.com

Jika Kamu beruntung, Kamu akan menemukan sekelompok anak muda yang menjual barang-barang bekas mereka yang masih sangat bagus. Mampirlah dan tengok apa saja yang mereka jual, Kamu tidak akan pernah tahu bahwa mereka bisa saja menjual barang-barang antik atau benda yang mungkin saja Kamu inginkan.

Harga yang mereka pasang untuk setiap barang pun terbilang cukup murah. Biasanya mereka menjual tas, sepatu, aksesoris, hingga novel. Tidak ada salahnya Kamu mampir dan membeli beberapa barang mereka. Selain Kamu mendapatkan apa yang Kamu inginkan, Kamu juga telah menolong mereka dalam hal menyukseskan tujuan kelompok yang mayoritas bergerak untuk kepedulian sosial.

Itulah tadi beberapa hal yang bisa Kamu lakukan saat sedang berada di Car Free Day. Kamu tentunya bisa melakukan hal-hal lain selain yang disebutkan tadi, namun pastikan tidak merugikan orang lain.

Car Free Day sendiri merupakan sebuah gebrakan pemerintah sebagai wujud bahwa Makassar juga merupakan kota yang peduli terhadap lingkungan. Kedepannya, program-program sejenis dapat terus diadakan guna memberikan perubahan yang lebih baik dari waktu ke waktu pada Makassar .

 

(Asabell Audida) Seorang mahasiswi perguruan tinggi Universitas Hasanuddin Makassar jurusan Sastra Inggris (2014), aktif menulis fiksi remaja di wattpad.com/asabelliaa