7 Hal yang bisa Kamu Lakukan ketika Jenuh Melanda

 
0

Pernah gak sih kamu merasa hidup Kamu datar banget? Pengen ngapa-ngapain, gak ada semangat. Atau mungkin Kamu pernah berkata dalam hati, “yaelah, ini hidup kok gini amat yah.. flat amat.. gak ada menariknya sama sekali”. Yah mungkin Kamu lagi merasakan jenuh, jenuh tingkat dewa mungkin.

Apa sih yang menyebabkan jenuh itu  muncul? Yah mungkin karena kamu bosan dengan rutinitas Kamu yang itu-itu saja. Atau mungkin Kamu merasa kesepian, kamu kekurangan teman. Atau mungkin kamu punya kok banyak teman, tapi teman-teman Kamu entah ada di mana saat Kamu sedang merasakan jenuh tersebut.

Ketika jenuh melanda, hal yang Kamu lakukan pastinya tidak jauh-jauh dari mendengarkan lagu favorit trus nyanyi dengan suara yang lantang, bodo amat dengan suara fals. Atau kamu bakal membaca kata-kata bijak dan kata-kata motivasi dengan harapan kamu akan termotivasi dan semangat menjalani kehidupan. Namun nyatanya, efeknya hanya sebentar. Beberapa jam kemudian, jenuh Kamu balik lagi. Atau mungkin Kamu bakal ngutak-ngatik Hp dengan harapan ada yang menarik di sana, entah itu membaca status-status yang melintas di media sosial Kamu atau ber-chattingan dengan seseorang yang spesial. Namun nyatanya kosong, gak ada yang chat sama skali, gak ada juga yang menarik dari media sosial Kamu.

Nah, bila telah seperti ini, Kamu harus ngapain? Masa iya cuman baring meratapi nasib dan berharap mood Kamu bagus kembali? Masa iya cuman tiduran di kamar nungguin jenuhnya hilang sendiri? Gak mungkin kan..

Gaes, Kamu harus temukan cara untuk mengatasi jenuh yang kamu alami. Dan mungkin beberapa hal di bawah ini bisa menjadi alternatif Kamu untuk menghilangkan jenuh yang sedang melanda.

 1. Jogging

Jogging
Sumber: freepik.com

Bukan hanya saat jenuh, ketika Kamu sedih, jengkel ataupun marah pada suatu hal namun Kamu sendiri gak bisa meluapkannya, jogging bisa menjadi alternatif Kamu untuk melampiaskannya. Lari sekuat yang Kamu bisa, pokoknya lampiaskan ke lari. Dengan begitu, Kamu bisa sedikit lega.

Di Makassar sendiri, selain taman kota, terdapat banyak tempat yang bisa Kamu jadikan sebagai tempat jogging. Kamu bisa ke UNHAS, bisa juga ke lapangan Karebosi, lapangan Hasanuddin, lapangan Kodam, GOR Sudiang, Lapangan Emmy Saelan, Stadion A. Mattalatta, dll. Kamu bisa jogging di sana bareng teman atau saudara Kamu. Tapi bagusnya sih jogging sendiri, biar lebih kerasa gitu feel-nya. Kali-kali aja Kamu bisa nemu teman baru di sana.

2. Ke Mall

Mall
Sumber: freepik.com

Jenuh kamu gak hilang juga? Mungkin Kamu butuh suasana Mall. Ada banyak Mall yang bisa Kamu kunjungi di Makassar. Kamu bisa ke Mall Panakkukang, Mall Ratu Indah (MARI), M-Tos, Trans Studio Mall, dll. Coba deh Kamu tawaf sendirian di sana. Gak papa deh kalau Kamu ke Mall sendirian. Gak papa juga kalau Kamu disangka jomblo karena jalan sendirian di Mall. Disangka anak hilang karena bergentayangan sendirian di Mall? Gak papa.. Yang penting jenuhnya hilang.

Nge-Mall sendirian juga asik kok. Kamu bisa menghabiskan waktu sesukamu berada di sana. Kamu bisa singgah di tempat-tempat manapun yang Kamu inginkan tanpa harus merasa gak enakan sama teman jalan Kamu.

Pokoknya temukan hal-hal yang bisa membunuh jenuh Kamu. Entah itu bermain di Timezone, nonton, bermain ice skating ataupun shopping dan makan sepuasnya. Setelah itu, tanamkan di pikiran Kamu, setelah kembali ke rumah, Kamu gak boleh lagi merasa jenuh.

3. Ke Gramedia atau Toko Buku Lainnya

Ke toko buku
Sumber: freepik.com

Membaca emang aktivitas terbaik untuk membunuh waktu. Buat Kamu yang mood booster-nya ada di buku, Kamu bisa ke Gramedia atau toko buku lainnya. Kamu bisa ke Gramedia Mall Panakkukang, Graha Media M-Tos, ataupun ke toko buku Bina Ilmu yang ada di Jl. Bulukunyi.

Di sana Kamu bisa menemukan buku-buku yang bisa mengembalikan mood Kamu, misalnya dengan membaca buku yang berisi motivasi hidup. Dan apabila Kamu menemukan buku yang bagus, Kamu bisa membeli buku tersebut. Kali-kali aja Kamu bisa semakin termotivasi atau semakin semangat menjalani hidup setelah membaca buku-buku tersebut.

4. Nongkrong di Café

Nongkrong di cafe
Sumber: freepik.com

Jenuhnya masih awet? Sepertinya Kamu perlu suasana yang beda. Coba deh nongkrong di café sendirian. Bingung harus ke café mana? Tenang.. tenang.. ada banyak café yang bisa Kamu tongkrongi di Makassar. Kamu tinggal sesuaikan selera pengen ke café yang bernuansa seperti apa. Lagi-lagi, gak papa kok kalau Kamu disangka jomblo karena nongkrong di café sendirian. Toh ini demi mengatasi jenuh. Di café Kamu bisa memesan chocolate cake untuk memperbaiki mood dan green tea latte untuk menyegarkan pikiran Kamu.

Selain hanya duduk berdiam diri menikmati menu yang telah dipesan tadi, Kamu bisa melakukan hal lain di sana. Misalnya baca buku, atau menuliskan apa yang ada di pikiran Kamu saat itu di sebuah buku catatan. Hitung-hitung, itu sebagai bahan introspeksi diri Kamu. Jangan-jangan jenuh yang Kamu alami adalah karena ada yang salah atau ada yang over dari keseharian Kamu.

 5. Ke Pantai

pergi ke Pantai
Sumber: freepik.com

Nah, pantai adalah tempat yang tepat untuk merenung, apalagi bila pantainya Sepi. Kamu bisa teriak sepuasnya di sana sampai tu hati dan pikiran jadi lega. Atau Kamu pengen nangis? Boleh juga. Asal jangan sampai dilihat orang pas nangis. Nanti dikiranya Kamu habis putus, padahal memang *Eeehh.

Jenuh yang Kamu rasakan bisa jadi karena Kamu emang butuh refreshing pikiran. Dan pergi ke pantai adalah salah satu keputusan tepat. Bagusnya sih ada di pantai pas pagi-pagi banget atau sore menjelang sunset sekalian. Biar lebih terasa gitu feel-nya.

Sulawesi Selatan punya banyak wisata Pantai yang bisa Kamu kunjungi, misalnya: Bira, Kodingareng Keke, Samalona, dll. Nah di Makassar sendiri, Kamu bisa Ke Tanjung, pantai Bintang Galesong, Akkarena, dll. Di sana Kamu bisa memandangi keindahan alam yang telah Sang Pencipta berikan. Luasnya lautan sejauh mata memandang dan desiran ombak tentunya bisa membuat  hati dan pikiranmu jadi tenang.

6. Gabung Komunitas

gabung komunitas
Sumber: freepik.com

Bisa jadi jenuh yang kamu alami karena kamu butuh suasana baru. Coba deh gabung di komunitas yang sesuai passion Kamu. Mungkin waktu kecil Kamu suka main tembak-tembak omega? yah Kamu bisa gabung di Komunitas Airsoft Makassar. Atau Kamu suka menulis? Kamu adalah seorang blogger yang tertunda? Yah Kamu bisa gabung di Komunitas Blogger Makassar Anging Mammiri.

Di Makassar ini telah banyak Komunitas dengan berbagai bidang yang bermunculan. Kamu hanya perlu memperluas pergaulan. Jangan hanya stay di kamar mengurung diri. Gak ada faedahnya, gaes. Pokoknya keluar, cari suasana baru.

7. Muhasabah

Introspeksi diri
Sumber: freepik.com

Masih merasa jenuh juga? Mungkin Kamu perlu waktu sendiri untuk menata segalanya. Yupzz.. Kamu memerlukan waktu untuk bermuhasabah. Muhasabah itu sama dengan introspeksi diri. Pikirkan hal-hal yang memicu munculnya kejenuhan yang Kamu rasakan. Renungkan hari-hari yang telah Kamu lewati. Jangan-jangan emang ada yang salah dari sikap, tutur kata dan tingkah laku Kamu selama ini. Atau bisa jadi Kamu semakin jauh dari-Nya.

Ketika Kamu telah melakukan segalanya untuk mengatasi jenuh tersebut. Mulai dari mencari kesenangan di luar sana, seperti hangout bareng teman, sampai pada gabung komunitas sesuai Passion Kamu. Namun ternyata tetap gak ngaruh juga, itu artinya Kamu emang harus kembali mendekatkan diri pada-Nya.

Apapun agamamu, ketika Kamu telah menyadari bahwa Kamu telah jauh dari Tuhan, segera kembali mendekatkan diri. Kamu bisa fokus memperbaiki ibadah Kamu. Rajin-rajin baca kitab suci, dan pahami betul-betul maknanya. Kamu juga bisa membaca kisah-kisah inspiratif dari mereka yang sempat melupakan Tuhannya dan kemudian kembali, sehingga hidupnya menjadi lebih tenang dan bermakna.

Bagi yang muslim, Kamu bisa ikut kajian-kajian islami ataupun dzikir bersama. Di Makassar sendiri, ada banyak tempat yang mewadahi kajian-kajian tersebut. Jika Kamu ingin mencoba ikut dzikir bersama, Kamu bisa ke Masjid Darut Taubah yang terletak di depan SMA Wahyu. Di Masjid tersebut rutin melakukan dzikir dan muhasabah tiap malam jumat ba’da Maghrib. Percaya deh, Kamu bakal merasakan hal yang beda setelah dari sana. Dan bagi yang non-muslim, Kamu bisa rajin-rajin ke tempat ibadah atau ikut kegiatan amal, agar hati Kamu semakin tersentuh, adem dan bahagia.

Luruskan niat, ingin semakin memperhatikan ibadah karena ingin dekat dengan-Nya. Karena gak ada kebahagiaan dan kedamaian yang benar-benar membahagiakan selain karena dekat dengan-Nya.

Selain kepada-Nya, jangan terlalu percaya pada siapapun. Follow me on Instagram: @ilayahya_