6 Hal yang Dirasakan Oleh Mereka yang Memiliki Drone

 
0

Seiring berjalannya waktu, teknologi juga berkembang semakin pesat. Termasuk dalam hal pengambilan gambar. Akhir-akhir ini sedang populer pengambilan gambar atau video yang  tampak dari atas, seolah-olah diambil melalui sebuah helikopter. Yuuppp bisa dibilang seperti itu. Gambar atau video tersebut memang diambil oleh sebuah mesin terbang berbentuk pesawat atau helikopter kecil dari ketinggian tertentu yang dikendalikan dengan remote control. Mesin terbang (pesawat tanpa awak) ini disebut Drone. Dan mereka yang memiliki drone pastinya telah merasakan bagaimana sensasinya ketika menerbangkan drone.

Pada awalnya, Drone hanya digunakan untuk keperluan militer saja, entah itu  untuk memata-matai musuh  atau untuk melakukan serangan. Namun seiring berjalannya waktu, pemerintah juga memanfaatkan Drone untuk memudahkan aktivitas pemantauan dari udara. Misalnya memantau bencana alam yang terjadi beserta kerusakannya, memantau kemacetan, serta untuk keperluan pemetaan. Dan di zaman yang semakin canggih ini, masyarakat awam juga mulai menggunakan Drone untuk berbagai keperluan.

Drone
Sumber: wired.com

Istilah Drone saat ini memang sedang populer. Mungkin Kamu juga sudah tak asing lagi dengan istilah Drone ini. Tapi, Kamu tau gak sih asal usul istilah Drone itu bagaimana?

Jadi, istilah Drone pertama kali ada ketika Perang Dunia Pertama berakhir. Angkatan Laut Kerajaan Inggris mengembangkan beberapa inovasi pesawat tanpa awak. Dan di tahun 1935 dibuatlah pesawat tanpa awak “DH.82B Queen Bee” (ratu lebah). Nah, Angkatan Laut kemudian menjuluki pesawat tanpa awak itu dengan istilah ‘Drone’ yang artinya ‘Lebah jantan’. Kalau kamu mencari di kamus, selain memiliki arti dengung, Drone juga memiliki arti Lebah Jantan. Dan istilah Drone ini terkenal sampai sekarang.

Sebagai salah satu gadget masa kini, Drone mampu menjawab keinginan masyarakat yang selalu ingin sesuatu yang baru dan tidak biasa. Khususnya bagi para fotografer dan videografer yang terus ingin berinovasi dalam hal dokumentasi.  Lalu, apa sih yang dirasakan oleh mereka yang memiliki drone dan sering menerbangkannya?

1. Menjadi Pusat Perhatian

Ketika mulai menerbangkan Drone, pastinya orang-orang yang ada di sekitar Kita akan mulai mengarahkan pandangan dan perhatiannya ke arah kita. Apalagi bila di tempat itu terdapat banyak anak kecil, mereka akan teriak kegirangan ketika melihat drone itu terbang sambil mendekati dan mengelilingi orang yang menerbangkan drone tersebut. Dan bukan tidak mungkin, anak-anak itu akan meminta pada orang tuanya untuk dibelikan barang seperti itu karena mengira bahwa itu adalah mainan yang bisa mereka mainkan.

Dan sadar tidak sadar, Mereka yang menerbangkan drone saat itu akan merasa keren karena semua mata tertuju padanya.

2. Deg-degan saat pertama kali atau belum terbiasa menerbangkan Drone

Yupzz, rasa deg-degan pasti ada ketika baru pertama kali menerbangkan drone. Apalagi harga drone itu gak murah yah, jadi wajar kalau rasa deg-degan itu ada. Kalau orang Makassar bilang, dumba’-dumba’. Perasaan deg-degan ini tak hanya dirasakan oleh mereka yang baru pertama kali menerbangkan Drone. Melainkan juga dirasakan oleh mereka yang telah menerbangkan Drone beberapa kali.

Rasa deg-degan ini lebih tepatnya adalah perasaan takut kalau drone-nya akan jatuh saat diterbangkan. Namun tak perlu khawatir, drone yang bagus telah dilengkapi berbagai sensor yang  bisa meminimalisir kemungkinan-kemungkinan buruk yang terjadi.

3. Ada kepuasan tersendiri ketika bisa menerbangkan Drone dan mendapatkan hasil gambar yang diinginkan

Bagi mereka yang selalu menginginkan sesuatu yang beda, mendapatkan hasil gambar atau rekaman video dari drone, pastinya akan memberikan kepuasan tersendiri. Hal ini dikarenakan masih sedikit orang yang memiliki drone, dan tidak semua orang bisa mendapatkan gambar dari ketinggian tertentu dengan menggunakan drone. Dan bukan hanya kekinian, dengan menggunakan drone kita bisa melihat atau menikmati pemandangan dari ketinggian yang kita inginkan.

4. Menghilangkan bosan dan jenuh bagi mereka yang memiliki hobi di bidang ini

Drone memang  bisa menghilangkan bosan dan jenuh. Selain digunakan untuk pengambilan gambar, saat ini drone juga dijadikan sebagai ajang balapan, yang lebih dikenal dengan sebutan Drone race. Namun, drone yang digunakan dalam drone race ini bukanlah tipe drone yang biasanya digunakan untuk pengambilan gambar, melainkan drone rakitan. Drone rakitan ini biasanya dirakit sendiri oleh para pemiliknya. Entah itu dengan mengganti baling-baling, memodifikasi rangka agar lebih ringan, dll. Kemudian, biasanya drone yang mengikuti drone race ini memiliki kecepatan lebih dari 80 km/jam.

5. Bisa Memperluas Jaringan dengan bergabung di Komunitas Drone

Kita sebagai makhluk sosial, tentunya menginginkan selalu berinteraksi dengan orang sekitar, terutama bila memiliki hobi yang sama. Tak afdol rasanya bila tak saling sharing mengenai pengetahuan atas hobi yang dimiliki. Begitupun dengan drone ini. Dan ada banyak komunitas drone di Indonesia.

Di Makassar sendiri, ada beberapa komunitas yang mewadahi orang-orang yang memiliki hobi pada drone, di antaranya: Drone Makassar, Drone Celebes, dan Terbang Hore Makassar. Dengan bergabung di komunitas-komunitas seperti ini, kita bisa berbagi pengalaman saat pertama kali menerbangkan drone, berbagi informasi mengenai tempat membeli drone yang bagus dan terpercaya, serta bisa berbagi tips saat menerbangkan drone.

 6. Bisa memberikan Penghasilan Tambahan

Mereka yang memiliki drone biasanya menyewakan drone-nya pada orang-orang yang ingin mendokumentasikan atau mengabadikan gambar maupun video aerial. Dan hasilnya lumayan loh. Biasanya drone tersebut di sewakan per-baterai atau biasa juga disewakan per-jam.

Tak hanya itu, bagi mereka yang memang bergerak di bidang jasa Event and Wedding Organizer, drone memberikan banyak manfaat bagi kemajuan jasa yang mereka tawarkan. Karena mereka bisa mengambil gambar dan video dari angle yang tak biasa. Dan ini bisa menjadi nilai plus untuk jasa yang mereka tawarkan pada calon pelanggannya

Tips bagi pemula

Bagaimana? Kamu tertarik ingin terjun di hobi ini? Menerbangkan drone memang tergolong gampang-gampang susah, apalagi bagi mereka yang masih pemula atau belum terbiasa. Namun pastinya, sangat menyenangkan ketika bisa menerbangkannya.

Bagi Kamu yang belum memiliki drone dan hendak membelinya, coba deh baca dulu banyak-banyak referensi mengenai tips sebelum membeli drone. Pastikan drone seperti apa yang Kamu inginkan beserta spesifikasinya, serta sesuaikan berapa budget yang Kamu miliki. Selain itu, belajar atau bertanya pada mereka yang telah berpengalaman dalam hal drone. Kemudian, bergabung di komunitas-komunitas drone untuk memperluas jaringan. Yang paling penting, harus berani dan jangan ragu ketika menerbangkan drone tersebut.

Kemudian, ketika hendak menerbangkan drone, pastikan Kamu mengikuti aturan yang terdapat di buku petunjuk. Cek mulai dari baterai, baling-baling pada drone, serta pastikan cuaca dan tempat mendukung ketika menerbangkan drone. Selain itu, pengguna drone tidak boleh sembarangan saat menerbangkan drone. Karena terdapat tempat-tempat yang tidak diperbolehkan untuk menerbangkan drone. Di Makassar sendiri, tidak diperbolehkan menerbangkan drone di area bandara, pelabuhan, serta kantor-kantor pemerintahan. Tak hanya itu, drone juga dilarang terbang pada malam hari serta di tengah keramaian.

Selain kepada-Nya, jangan terlalu percaya pada siapapun. Follow me on Instagram: @ilayahya_