Jadikan 2 Marketing Tools ini Sebagai Fondasi Bisnis Online Anda - Bagooli.com
Your Theme License is INVALID or EXPIRED

Jadikan 2 Marketing Tools ini Sebagai Fondasi Bisnis Online Anda

 
0

Pengguna internet di Indonesia terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Berdasarkan data dari ‘Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia’ (APJII), pada tahun 2017 pengguna internet di Indonesia telah mencapai 143,26 juta jiwa. Ini setara dengan 54,68% dari total jumlah penduduk Indonesia. Wow!!! Itulah mengapa, banyak yang memanfatkan media internet untuk mempromosikan bisnisnya ataupun memanfaatkan internet sebagai ladang untuk menambah penghasilan.

Tidak sedikit yang menyadari betapa besar peluang untuk menghasilkan keuntungan melalui media online, khususnya pada situs jejaring sosial. Misalnya media sosial Facebook dan Instagram, 2 media sosial ini banyak digunakan oleh pengguna internet khususnya di Indonesia.

Mengutip dari detik.com, Country Director Facebook Indonesia Sri Widowati mengatakan bahwa hingga  tahun 2017, terdapat sekitar 2 miliar pengguna aktif media sosial Facebook. Dan sekitar 100 juta pengguna di antaranya adalah berasal dari Indonesia.

Begitu pun dengan Instagram, media sosial ini juga terus mengalami kenaikan pengguna dari tahun ke tahun. Berdasarkan data dari wearesocial.com, Indonesia menempati peringkat ketiga dunia dalam pengguna Instagram terbanyak setelah United State dan Brazil. Dalam hal ini, pengguna Instagram di Indonesia mencapai 53 juta pengguna.

Jadi sudah jelas kan, mengapa Facebook dan Instagram banyak digunakan oleh para pebisnis ataupun pelaku usaha? Yah karena pengguna kedua media sosial ini memang tergolong sangat banyak.

Bila telah memutuskan untuk terjun di media sosial, maka untuk mendapatkan hasil yang maksimal adalah dengan totalitas. Harus rajin-rajin memosting, mencari target pasar yang pas, (pada Facebook) perbanyak gabung di grup-grup yang sesuai dengan target, serta sesering mungkin berinteraksi di media sosial Kita.  Entah itu membalas pesan yang masuk, membalas komentar, serta menebarkan like.

Yang jadi masalah selanjutnya adalah apabila Kita tidak memiliki banyak waktu untuk hal-hal di atas. Tidak punya waktu membuat postingan terbaru, serta tidak mengerti bagaimana mencari target pasar yang bagus. Lalu, bagaimana jualan kita akan lancar closing apabila target pasar kita tidak sesuai?

Misalnya dalam hal penjualan produk, sebagus apapun produk yang Kita jual, seterjangkau bagaimanapun harganya, apabila publikasinya tidak meluas dan target pasar di media sosial Kita tidak sesuai, yah apa gunanya? Ujung-ujungnya akan putus asa. Inilah salah satu alasan mengapa banyak pelaku usaha yang mundur dari media online untuk publikasi usahanya. Padahal dngn menggunakan media sosial, akan lebih memaksimalkan publikasi usaha yang dijalankan, asal Kita mengetahui cara-cara / tips ampuhnya.

Karena beberapa permasalahan tersebutlah maka banyak bermunculan tools pihak ketiga yang berfungsi untuk memudahkan pengguna dalam meng-handle media sosialnya. Beberapa tools tersebut bisa dikatakan sebagai Marketing tools, karena fungsinya memang lebih ke bagaimana agar penjualan / closing meningkat melalui media sosial yang digunakan.

Di Indonesia sendiri, setidaknya terdapat 2 Marketing Tools yang wajib dimiliki oleh mereka para pelaku usaha. Dengan kata lain, bila ingin meningkatkan profit melalui Facebook dan Instagram, maka gunakan 2 marketing tools ini.

Dua marketing tools tersebut adalah Gramcaster dan Sosialbuzzer. Kedua-duanya merupakan tools milik perusahaan media digital asal Makassar, yaitu Media Buzzer Group. Yupz.. Makassar bisa tonji ces. Termasuk dalam hal pengembangan Marketing Tools. Apalagi dengan kehadiran perusahaan-perusahaan Media Digital seperti Media Buzzer Group semoga bisa menjadi batu loncatan untuk Makassar agar terus berinovasi dalam menghadirkan Tools yang dapat membantu para entrepreneur dan lainnya.

Lalu, Tools seperti apakah itu? Simak penjelasannya di bawah ini.

1. Gramcaster

Gramcaster merupakan salah satu marketing tools terbaik di Indonesia. Tools yang satu ini dikhususkan untuk pengelolaan Instagram. Tools ampuh berbasis web ini launching untuk pertama kalinya pada 29 Maret 2016 yang lalu, itu artinya di tahun 2018 ini merupakan tahun kedua perjalanan karir dari Gramcaster.

Antusiasme para pebinis khususnya para online shop-er pada Gramcaster ini sangat tinggi. Ini terlihat dari meningkatnya pengguna Gramcaster tiap bulannya. Hingga kini, pengguna tools ini telah hampir mencapai 20 ribu user Se-Indonesia. Dan beberapa bulan terakhir ini, pengguna Gramcaster mulai melebar hingga ke Negara tetangga, Malaysia.

Lalu, sehebat apa sih Gramcaster ini? Kelebihan dan fitur unggulannya apa?

Pada dasarnya, Gramcaster merupakan tools otomatisasi untuk Instagram. Jadi bila selama ini Kita memfollow orang-orang dengan cara manual, memosting secara manual, pokoknya serba manual, maka dengan Gramcaster ini, semua bisa dilakukan secara otomatis dengan melakukan penyetingan sebentar terlebih dahulu. Wah, keren kan…

Gramcaster memiliki lebih dari 10 fitur yang semuanya bisa dibilang sangat-sangat berguna untuk memaksimalkan kinerja Instagram Kita. Tapi yang paling primadona adalah Fitur Auto Follow, Schedule post dan fitur Arisan. Ketiga fitur ini merupakan yang paling andalan di kalangan pengguna Gramcaster.

Dengan fitur Auto Follow, Kita bisa mendapatkan setidaknya hampir 1000 Follower per minggu sesuai target yang kita Inginkan. Dan follower-follower ini adalah real, bukannya pasif alias bot. Jadi jangan menyamakan antara suntik / beli follower dengan mendapatkan ribuan follower dari Gramcaster. Karena keduanya jelas berbeda.

Yang jadi fitur andalan selanjutnya adalah Schedule post (menjadwalkan postingan). Dengan fitur ini, Kita bisa menjadwalkan postingan di Instagram Kita. Dan ini banyak digunakan oleh mereka yang berjualan online di Instagram.

Selanjutnya yang menjadi primadona adalah Fitur Arisan. Dengan Fitur ini, Kita bisa memberikan Boom Like hingga puluhan ribu like pada postingan di Instagram.

2. Sosialbuzzer

Marketing tools selanjutnya yang sama andalnya dengan Gramcaster adalah Sosialbuzzer. Bila Gramcaster diperuntukkan untuk pengguna Instagram, lain halnya dengan Sosialbuzzer. Walaupun sama-sama berbasis web base, namun Sosialbuzzer digunakan untuk mengotomatisasi Facebook. Dengan kata lain, Gramcaster untuk Instagram sedangkan Sosialbuzzer untuk Facebook.

Bisa dibilang, Sosialbuzzer ini adalah adiknya Gramcaster. Setahun setelah launching Gramcaster, tepatnya pada 14 September 2017 Media Buzzer Group kembali meluncurkan marketing tools keduanya, yaitu Sosialbuzzer.  Tools ini sangat-sangat membantu para Facebook marketer. Selain karena memiliki berbagai fitur yang terbilang semuanya sangat berguna, Sosialbuzzer juga terbukti dapat meningkatkan closing penggunanya.

Dari sekian banyak fitur yang terdapat di Sosialbuzzer, setidaknya ada 4 fitur yang menjadi primadona di kalangan pengguna Sosialbuzzer. Fitur-fitur tersebut adalah Auto Buzzer, Auto Post Group, serta Auto Bump.

Nah, Auto Buzzer biasanya digunakan untuk nge-share postingan secara otomatis baik dari fanpage maupun web secara massal.

Kemudian bagi yang sering posting dagangan ke grup-grup yang telah ditargetkan dengan cara manual (posting dari grup satu ke grup yang lain), bisa menggunakan fitur Auto Post Group dari Sosialbuzzer ini agar semua yang dilakukan secara manual tadi bisa dilakukan secara otomatis.

Setelah postingan-postingan tadi telah terpost di grup-grup yang telah ditargetkan, yang harus dilakukan selanjutnya adalah menjaga agar postingan tersebut tidak tenggelam karena adanya postingan-postingan baru di grup tersebut. Bagaimana caranya? Kan capek kalau harus komen up up up di kolom komentar, apalagi kalau grupnya ada banyak.

Tenanglah.. Sosialbuzzer memiliki satu fitur yang menangani permasalahan tersebut, yaitu dengan menggunakan fitur Auto Bump. Jika fitur ini dijalankan, maka Kita bisa berkomentar secara otomatis di postingan yang telah dipost di grup-grup tadi. Ini untuk menjaga agar postingan kita bisa tetap berada di atas. Keren kan fiturnya…

Nah, itulah dua marketing tools milik perusahaan media digital asal Makassar yang pastinya wajib dijadikan sebagai fondasi bisnis online. Ayo tingkatkan profit melalui media sosial Facebook dan Instagram dengan menggunakan dua tools ini. Sebenarnya masih banyak fitur-fitur keren dari kedua marketing tools ini. Namun bila semuanya dibahas di sini akan kepanjangan. Nantikan pemaparan lebih rinci mengenai 2 marketing tools ini, hanya di bagooli.com.

Personal Blog: www.ilayahya.com || Instagram: @ilayahya_ || Facebook : Ila Yahya || Youtube: ILA YAHYA || Twitter: @ilayahya_