9 Jalan Terpanjang di Kota Makassar

 
0

Provinsi Sulawesi Selatan memiliki 21 Kabupaten dan 3 Kotamadya. Hanya ada 3 daerah yang berpredikat Kota di provinsi ini, yaitu: Kota Makassar, Kota Pare-Pare dan Kota Palopo. Kota Makassar yang merupakan Ibu Kota dari provinsi Sulawesi Selatan ini, tak hanya menjadi pusat kegiatan pemerintahan dan pusat kegiatan industri. Namun juga berperan sebagai pusat perdagangan dan jasa. Sebagai salah satu kota metropolitan di Indonesia, Kota Makassar memiliki 14 Kecamatan yang terdiri atas 143 Kelurahan. Terdapat ratusan bahkan ribuan jalan yang menghubungkan antar kelurahan ini. Di antara banyaknya jalan ini, terdapat beberapa jalan yang memiliki jarak yang cukup panjang. Nah, Kamu tau gak sih jalan mana saja yang merupakan jalan terpanjang di Kota makassar?

Bagi Kamu yang hendak menuju Maros atau setelahnya, mungkin Kamu akan bosan melewati jalan Perintis Kemerdekaan, saking panjangnya jalan tersebut. Yuuuppzzz Jalan Perintis Kemerdekaan emang salah satu jalan terpanjang di Kota Makassar. Selain itu, Kamu punya bayangan lagi, gak? Jalan apa lagi yang merupakan jalan terpanjang di Kota Makassar? Hhhmmm… Dari pada hanya menebak-nebak, langsung deh lanjut baca di bawah ini, 9 Jalan terpanjang di Makassar.

1. Jalan Perintis Kemerdekaan (12 Km)

Jl. Perintis Kemerdekaan
Sumber: klikpositif.com

Inilah jalan terpanjang di Kota Makassar, yang terbentang dari ex-Adipura hingga batas kota. Jalan Perintis Kemerdekaan ini memiliki jarak sekitar 12 Km. Seperti yang telah disinggung di atas, jalan ini merupakan akses utama ketika Kamu hendak ke arah Maros ataupun sebaliknya.

Di sepanjang jalan ini, Kamu akan mendapati salah satu pusat perbelanjaan di Kota Makassar, yaitu Makassar Town Square atau yang biasa disebut MTOS. Selain itu, salah satu Universitas Terbaik di Indonesia yaitu Universitas Hasanuddin juga diakses melalui jalan Perintis Kemerdekaan ini. Kemudian, untuk mengakses Bandara Internasional Sultan Hasanuddin juga melewati jalan ini.

 2. Jalan Metro Tanjung Bunga (6,4 Km)

Jalan Metro Tanjung Bunga
Sumber: makassar.tribunnews.com

Selanjutnya, Jalan terpanjang lainnya di Kota Makassar adalah Jalan Metro Tanjung Bunga. Jalan ini memiliki  jarak kurang lebih 6,4 Km. Sebagai kawasan yang gencar-gencarnya dalam pembangunan, di sepanjang jalan ini Kamu akan mendapati beberapa bangunan dengan arsitektur yang keren, di antaranya adalah bangunan bergaya Eropa ‘Upper Hills Convention Hall’, pusat perbelanjaan terbaru ‘Phinisi Point Mall’ serta The Rinra Hotel. Selain itu, untuk mengakses salah satu pusat hiburan keluarga ‘Trans Studio Makassar’ juga diakses melalui Jalan Metro Tanjung Bunga ini.

 3. Jalan Jalur Lingkar Barat (5,7 Km)

Jalan Jalur Lingkar Barat
Sumber: makassar.tribunnews.com

Kamu mungkin bertanya-tanya, Jalan Jalur Lingkar Barat? Di mana itu? Emang ada yah jalan seperti itu? Hhmm.. Mungkin Kamu pernah kok melewatinya, namun gak sadar kalau jalan itu bernama Jalan Jalur Lingkar Barat. Atau gini deh, Kamu ingat ada jalanan baru yang terletak di depan BTP? Mungkin sekarang Kamu bakal bilang, “Ooohhh yang itu”. Yuppzz itulah Jalan Jalur Lingkar Barat. Jalan baru ini terbentang dari depan BTP hingga akan memasuki Jalan Tol Ir. Sutami.

Jalan yang memiliki jarak sekitar 5,7 Km ini emang masih merupakan kawasan pembangunan. Sepanjang jalan ini, Kamu akan melihat hamparan lahan Kosong. Kalaupun ada bangunan, jaraknya berjauh-jauhan. Pastinya, di kawasan ini nantinya akan dibangun Perumahan Elit. Dan beberapa tahun ke depan, Kawasan inipun akan seperti kawasan Metro Tanjung Bunga yang menjadi target investor dari luar untuk membangun gedung-gedung dengan arsitektur yang pastinya keren.

4. Jalan Urip Sumoharjo (5.5 Km)

Jalan Urip Sumoharjo
Sumber: mapio.net

Memiliki jarak kurang lebih 5,5 Km menjadikan Jalan Urip Sumoharjo sebagai salah satu jalan raya terpanjang di Kota Makassar. Jalan ini terbentang dari ex-Adipura hingga daerah Maccini yang selanjutnya terhubung dengan Jalan Gunung Bawakaraeng. Nama jalan ini ditetapkan sebagai bentuk penghargaan pada seorang Pahlawan Nasional atas jasa-jasanya terdahulu.

Di jalan ini, Kamu akan melintasi sebuah jalan layang atau yang lebih dikenal dengan sebutan Fly Over. Fly Over ini biasa ditempati singgah oleh mereka yang hendak melihat-lihat suasana jalan raya sekitarnya. Jalan Urip Sumoharjo bisa dibilang sebagai jalan utama yang tak pernah alpa dalam hal macet. Selain kantor Gubernur Sulawesi Selatan, di sepanjang jalan ini Kamu akan melewati Kodam VII Wirabuana yang berdepanan dengan SPN Batua.

5. Jalan A.P. Pettarani (4,2 Km)

 Jalan A.P. Pettarani
Sumber: makassar.tribunnews.com

Mungkin saat membaca judul tulisan ini, yang ada di pikiran Kamu adalah salah satunya pasti Jalan A.P. Pettarani. Yuuppzz Jalan ini emang masuk dalam salah satu jalan terpanjang di Kota Makassar, dengan jarak sekitar 4,2 Km. Jalan yang terbentang dari Fly Over hingga pertigaan Jalan Sultan Alauddin ini terinspirasi dari nama salah satu Gubernur Sulawesi Selatan di era 1950-an.

Sepanjang jalan A.P. Pettarani ini Kamu akan melihat sebuah gedung dengan arsitektur yang keren abis, Gedung Phinisi UNM. Selain itu, di jalan ini pun Kamu akan melewati salah satu pusat perbelanjaan Ramayana. Bila Kamu mulai lapar, Kamu bisa singgah di KFC, Pizza Hut ataupun MC Donald’s, karena 3 tempat makan andalan anak muda Makassar ini berada di Jalan A.P. Pettarani.

6. Jalan Abdullah Daeng Sirua (3.8 Km)

Jalan Abdullah Daeng Sirua
Sumber: makassar.tribunnews.com

Siapa sih yang gak tau jalan yang satu ini? Apalagi buat Kamu yang sering naik pete-pete 07, pasti tau-lah jalan ini. Jalan Abdullah Daeng Sirua ini memiliki nama beken, Abdesir. Yah, jalan ini emang lebih dikenal dengan sebutan Abdesir. Jalan yang memiliki panjang sekitar 3,8 Km ini menghubungkan Tello dan Jalan A.P. Pettarani.

Jalan Abdesir belum se-maju jalan-jalan terpanjang sebelumnya. Di Jalan ini hanya terdapat pemukiman dan ruko-ruko dengan usaha besar hingga usaha-usaha kecil. Walau demikian, jalan ini juga menjadi langganan macet saat pagi (jam berangkat kerja / sekolah) dan saat sore hari (waktu-waktu pulang kerja). Ketika melintasi jalan ini dari arah Pettarani, Kamu akan melihat Kanal di sebelah kiri. Pepohonan yang terdapat di pinggir jalan Abdesir juga memberikan kesejukan tersendiri saat melintasinya.

 7. Jalan Veteran (3.7 Km)

Jalan Veteran
Sumber: makassar.tribunnews.com

Jalan yang satu ini juga merupakan salah satu jalan terpanjang di Kota Makassar, yang terbentang dari perempatan Masjid Raya hingga pertigaan Jalan Sultan Alauddin. Jalan ini terbagi atas Jalan Veteran Utara dan Jalan Veteran Selatan dengan total jarak kurang lebih 3,7 Km.

Ketika Kamu melintasi jalan ini, Kamu akan menemukan jalan-jalan yang bercabang. Dan bukan tidak mungkin Kamu akan bingung melihat cabang-cabang jalan tersebut.

 8. Jalan Sultan Alauddin (3.7 Km)

Jalan Sultan Alauddin
Sumber: mapio.net

Jalan Sultan Alauddin menjadi jalan terpanjang selanjutnya di Kota Makassar dengan jarak kurang lebih 3,7 Km. Jalan ini merupakan jalan utama yang menghubungkan antara Makassar – Gowa.  Sama seperti Jalan Perintis Kemerdekaan, Jalan Sultan Alauddin juga sering dipadati pengendara karena merupakan jalan penghubung lintas daerah.

Terdapat dua kampus besar, yaitu Universitas Muhammadiyah Makassar dan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar yang akan Kamu lewati ketika melintasi jalan ini.

 9. Jalan Hertasning (2.7 Km)

Jalan Hertasning
Sumber: makassar.tribunnews.com

Nah, Jalan terpanjang selanjutnya di Kota Makassar adalah Jalan Hertasning dengan panjang sekitar 2,7 Km. Jalan ini terbentang dari pertigaan Jalan A.P. Pettarani samping Kantor DPRD Kota Makassar hingga Jalan Aroepala. Jalan ini juga menjadi alternatif lain untuk menuju Gowa.

Sama seperti jalan Metro Tanjung Bunga dan Jalan Jalur Lingkar Bujur, Hertasning juga merupakan kawasan berkembang. Tak heran bila Kamu melintasi jalan ini, Kamu akan melihat perumahan-perumahan Elit yang masih baru dibangun maupun yang sementara dibangun.

Nah, gimana? Sudah pada tau kan jalan-jalan terpanjang di Kota Makassar? Atau mungkin Kamu ngerasa masih ada jalan yang termasuk Jalan Terpanjang di Kota Makassar tapi belum disebutin? Kalau gitu, komen deh di bawah. Jalan apa dan berapa jaraknya.

 

 

Selain kepada-Nya, jangan terlalu percaya pada siapapun. Follow me on Instagram: @ilayahya_