Your Theme License is INVALID or EXPIRED

Kota Makassar Sangat Identik dengan 7 Hal ini

 
0

Sebagai ibukota Sulawesi Selatan, Kota Makassar yang dulu bernama Ujung Pandang memang menjadi daerah dengan nama dan sejarah yang panjang. Banyak politisi, artis dan para petinggi seperti ulama yang berasal dari daerah tersebut. Sekarang ini, Makassar sudah sangat maju dan modern, sama seperti ibukota dengan konsep metropolitan.

Selain itu, Makassar memiliki banyak keunikan yang mengundang banyak wisatawan untuk mampir dan melihat kota ini. Mulai dari kuliner, tempat wisata, masyarakat dengan berbagai suku yang beragam yang tidak bisa disebut satu persatu karena banyak dan terlalu kaya. Untuk itu, berikut ini akan dibahas apa saja keunikan yang bisa Anda temukan hanya di Makassar. Karena inilah beberapa hal yang sangat identik dengan Kota Makassar.

1. Kapal Phinisi

Ciri khas pertama yang bisaAnda temukan di Makassar dan tidak bisa Anda temukan di daerah lain tentu saja bukti bahwa nenek moyang kita adalah seorang pelaut. Salah satu pelabuhan Makassar yang legendaris merupakan saksi sejarah yang menjelaskan banyak hal tetang Indonesia, Maritim dan juga pelaut yang andal. Dengan nama pelabuhan Paotere, tempat ini menjadi tujuan traveller untuk mampir dan membaca bagaimana tempat tersebut menjadi saksi bisu perjuangan nenek moyang jaman dahulu.

Selain itu, ada yang tidak bisa ditemukan di tempat lain dan hanya di Makassar yaitu kapal phinisi. Kapal ini memang terkenal mewah dan besar, selain itu pembuatnya adalah masyarakat asli Sulawesi Selatan dengan menggunakan kayu dan tangan serta beberapa alat yang dibuat sendiri tanpa bantuan teknologi. Kapal ini terbukti mampu mengarungi samudera dan tidak tergoyahkan oleh air laut. Untuk Anda yang sedang mampir ke Makassar jangan lupakan kamera dan Anda bisa mendapatkan foto Kapal Phinisi yang keren sekali.

2. Bawah Laut

bawah laut

Selanjutnya adalah pemandangan bawah laut provinsi Sulawesi Selatan yang tidak terbantahkan. Siapa yang tidak suka dengan laut Sulawesi yang masih bersih. Tidak seperti di Bali, pemandangan bawah laut masih jernih dan juga steril dari sampah. Banyak para penyelam yang melakukan riset ataupun wisata bawah laut tanpa mau terganggu oleh sampah yang kemudian datang ke Makassar.

Mulai dari pemadangan indah ala Pulau Samalona yang memanjakan mata dan tempat lain yang terkenal akan tempatnya yang super jernih dan luar biasa keren. Selain itu, Anda juga bisa mendapati berbagai fauna dan flora segar yang tumbuh di bawah laut. Siapkan kamera bawah laut Anda jika tidak ingin tertinggal memori keren dan menyenangkan ala bawah laut di Sulawesi Selatan. Terumbu karang di sini masih sehat dan terjaga. Jika Anda wisata jangan lupa menjaga dan tidak merusaknya ya!

3. Kuliner khas (Seperti Coto Makassar dan Pisang Epe)

coto makasssar

Anda belum main ke Makassar jika belum mencoba makanan khas dari kota tersebut, mulai dari panganan coto Makassar yang terkenal akan kekentalan kuah dan rasanya yang luar biasa sampai Pisang Epe khas Makassar yang luar biasa enak rasanya. Banyak orang yang ketagihan dengan makanan khas Sulawesi Selatan khususnya Makassar, dan sangat mudah mengonsumsinya mengingat umat muslim disana banyak sehingga makanan di kota Makassar rata-rata halal.

Untuk Anda yang belum pernah mencoba Pisang Epe, makanan tersebut merupakan camilan khas Makassar yang dibuat menggunakan pisang panggang yang dibalut dengan saus cokelat meleleh. Dijamin bikin ketagihan dan khusus untuk Anda yang senang dengan rasa manis, pasti suka dan tertarik.

4. Masjid Terapung

Masjid Terapung

Jika Anda ingin berwisata religi, Anda bisa mengunjungi Masjid terapung di Makassar. Berlatar laut yang memukau terutama ketik adzan magrib atau subuh datang membuat banyak masyarakat dan wisatawan muslim dan non muslim banyak datang ke tempat ini. Dinamakan masjid terapung karena memang dibangun di atas laut yang terapung di lautan, namun tidak jauh dari bibir pantai.

Selain itu, bangunan masjid dengan dominan dibalut warna putih berpadu abu-abu. Memberikan kesan hangat dan juga nyaman. Angin laut bebas keluar masuk dalam masjid sehingga masjid terkesan sejuk namun juga nyaman. Jika Anda beribadah disini maka anda akan mendengar suara deburan ombak di laut yang menimbulkan efek tenang dan tentu memberikan ketentraman jiwa yang tidak didapat di masjid lainnya.

5. Pantai Losari

Sebagai tempat yang terbukti memiliki sunset terbaik di Makassar pantai ini memang populer dan menjadi icon dari ibukota Sulawesi Selatan ini. Anda belum ke Makassar jika adna belum mampri ke Pantai Losari. Selain banyak jajanan disana, pemerintah memang menyediakan kursi dan bangunan yang bisa anda jadikan tempat duduk.

Bukan tanpa sebab, karena masyarakat lokal sendiri senang dengan suasana pantai Losari terutama ketika sore hari. Banyak yang menggunakan tempat ini untuk bercengkaram, bersantai bahkan berfoto. Anda bisa mendapatkan pemandangan terindah ketika matahari terbenam, terutama jika Makassar sedang cerah dan tidak terhalang oleh awan mendung. Jangan sampai anda melewatkan keindahan langit Makassar.

6. Trans studio

Jika anda ingin datang ke theme park di Makasar maka langsung saja datang ke trans studio Makassar. Anda bisa mendapatkan segala macam permainan dengan bentuk indoor disini. Berbeda dengan yang di Bandung, untuk trans studio yang berada di Makassar memang berbentuk indoor dengan ukurang terbesar di dunia.

Dibandingkan di Bandung, luas area permainan trans studio di Makassar jauh lebih besar dan memakan tempat yang sangat luas. Bahkan seringkali diadakan parade dan juga berbagai macam festival menarik di trans studio ini, menyatukan antara penampilan modern dan juga penampilan budaya khas Sulawesi Selatan. Memanjakan para pengunjung baik lokal maupun mereka yang datang dari laur negeri.

7. Monumen Mandala

Jika anda datang ke monumen ini maka pendapat pertama yang akan Anda dapatkan yaitu menjulang tinggi, gagah dan berdiri di tengah kota Makassar, bisa dibilang monumen ini menjadi monasnya masyarakat Makassar.

Selain relief yang berkibar seperti lidah api, monumen ini dibangun sebagai pengingat untuk generasi muda dan seterusnya mengenai para pahlawan terdahulu. Beberapa riak air muncul di sekitar kolam di sekitaran monumen, begitupun lumut dan rumput di beberapa bagian monumen. Sayangnya hal ini membuktikan bahwa monumen kurang dirawat oleh pemerintah. Selain itu tidak ada yang spesial, dimana monumen hanya beton berongga biasa. Namun adanya bangunan ini menandakan sebuah perjuangan dan banyak dihormati Masyarakat Makassar.

——-

Itulah tempat yang hanya Anda dapatkan di Sulawesi Selatan khususnya di Kota Makassar. Pastikan masuk ke dalam list travel Anda ketika mampir ke kota Ujung Pandang ini. jangan sampai melewatkan daerah yang menjadi iconnya.

Anda juga bisa mengenakan pakaian daerahnya yang terkenal dengan nama baju bodo. Bagi banyak masyarakat Sulawesi baju bodo termasuk salah satu baju yang sangat indah dan juga simpel untuk seukuran pakaian adat. Makassar sendiri sudah maju sehingga anda tidak perlu khawatir jika tidak menemukan fasilitas umum, karena pemerintah disana bekerja dengan baik.