Your Theme License is INVALID or EXPIRED

Kuliner yang Wajib Kamu Coba Ketika Mengunjungi Makassar

 
0

Makassar telah lama menjadi ibukota yang banyak dikunjungi oleh wisatawan. Bukan hanya tempat wisatanya saja yang luar biasa, namun juga karena masyarakat yang ramah dan tentu budaya yang beragam yang menandakan bahwa Sulawesi Selatan memang kaya dan luar biasa. Berbicara mengenai Makassar memang tidak pernah ada habisnya, meskipun jauh di Timur sana dibandingkan ibukota negara Makassar berhasil menunjukan bahwa mereka bisa maju.

Nah bagaimana dengan wisatawan yang mau mampir dan main ke Makassar ? Mudah saja, biasanya traveller akan mencari dua hal, yaitu wisata hiburan dan juga tempat makan. Berikut ini Kami akan memberikan referensi untuk Anda yang ingin datang ke pusat kuliner populer yang ada di Makassar, apa sajakah itu ?

1. Pallubasa Serigala

Pallu Basa

Siapa yang tidak tahu tempat ini, semua masyarakat Makassar pertama kali akan merekomendasikan tempat makan ini. Dengan nama Pallu basa Serigala,  Anda bisa berwisata kuliner di tempat makan enak dan juga terjangkau ini. Pallu Basa Serigala merupakan tempat makan di Makassar yang selalu ramai dan tidak pernah tidur.

Tempat kuliner ini menyuguhkan berbagai menu dengan bahan dasar daging yang nikmat dan tentu lembut. Untuk Anda yang muslim jangan khawatir karena makanan di sini halal. Jika Anda lihat dan cicipi, sekilas makanan pallu basa ini mirip dengan coto yang populer di Makassar. Namun perbedaannya adalah pallubasa dikonsumsi bersama dengan nasi. Alasan lain yang membuat tempat ini ramai jelas karena harga yang sangat terjangkau, yakni hanya 15 ribu saja perporsi. Yuks, langsung kunjungi di Jalan Serigala No.54 Makassar.

2. Sangkolo Alhamdulillah

Songkolo alhamdulillah

Sangkolo Alhamdulillah adalah salah satu rumah makan yang memiliki nama unik. Namun, yang terkenal bukan hanya namanya yang unik, tetapi rumah makan ini benar-benar terbukti murah meriah seantero Makassar. Anda bisa mengonsumsi makanan khas yang ada di sini yaitu nasi ketan hitam yang pulen ditambah dengan taburan kelapa parut yang rasanya manis dan gurih.

Untuk seporsi sangkolo, Anda hanya membayar sebesar 10 ribu. Menyantap makanan khas makassar ini kurang lengkap tanpa telur bebek asin dan sambal pedis, terutama ketika Anda mengonsumsinya saat lapar. Pasti semakin rakus dan puas deh!

3. Mas Daeng

Kata siapa Makassar tidak punya lesehan? Mas Daeng merupakan salah satu contoh rumah makan dengan harga yang murah meriah di Makassar. Banyak wisatawan lokal maupun asing yang ingin makan pasti datang ke rumah makan mas daeng ini.

Konsep lesehannya tentu cocok dengan menu yang diberikan seperti halnya menu ayam bakar, ikan bakar, tempe, tahu, dan sayur cah kangkung. Masalah harga, Anda jelas tidak perlu khawatir, dengan harganya yang murah yaitu mulai dari 20 ribu perporsi untuk lauk dan 10 ribu untuk sayuran Anda sudah bisa mendapatkan makanan yang nonjok di mulut. Mas Daeng merupakan rumah makan surga untuk Anda yang senang mengonsumsi makanan yang pedas dan menggoyang lidah.

4. Pisang Epe

Pisang Epe

Jika tadi sudah makan yang asin dan pedas, maka sekarang melirik ke tempat makan yang terkesan  romantis di Makassar. Bukan tanpa alasan, namun tempat makan ini menyediakan camilan manis khusus untukAnda yang ingin jajanan pinggir jalan khas Makassar namun tidak mau terlalu kenyang. Nama pisang epe merupakan menu yang banyak dikonsumsi dan dicari oleh masyarakat Makassar.

Anda bisa menikmati pisang epe bersama dengan pasangan atau keluarga besar. Tempat kuliner ini berada di sepanjang pantai losari Makassar. Pisang bakar ini dinikmati dengan berbagai toping sambil memandang laut bukan hal yang tidak menyenangkan kan ?

5. Coto Paraikatte

Coto Paraikatte

Selanjutnya ada coto paraikatte, dengan karakteristik sama seperti coto lainnya yaitu terbuat dari daging lokal yang empuk. Hal yang membedakan adalah bumbu racikan khas rumah makan ini lebih cokelat dibanding coto Makassar lainnya. Pemilik dari tempat coto paraikatte yang terkenal adalah H. Nurdin Dg. Narang yang sudah mendirikan tempat makan ini  sejak tahun 1980.

Tempat makan di sini pun terbilang nyaman karena bisa mengundang banyak orang, untuk kapasitas sekitar 100 orang. Harga yang diberikan juga murah perporsinya mulai dari 10 ribu belum ditambah makanan pendamping dan lainnya. Panganan khas Makassar yang termasuk bisa mempertahankan cita rasanya sejak dulu hingga sekarang.

6. Mie Hengky

Mie Hengky

Bosan dengan coto makassar ? wah Anda harus mencoba menu lain ketika tinggal dan wisata ke Makassar. Salah satu tempat yang direkomendasikan untuk Anda yang ingin jajan adalah Mie hengki. Yang membuat mie ini menjadi salah satu panganan khas Makassar atau kuliner kota makassar sulawesi selatan karena mie ini berbeda dengan mie china pada umumnya.  Mie yang disajikan adalah mie kering makassar yang merupakan olahan mie china asli tanpa mengurangi resep aslinya. Tentu mie ini memiliki rasa yang enak dan disajikan dengan beberapa lauk tambahan seperti irisan ayam, cumi-cumi, hati, dan jamur.

7. Nasi Kuning Riburane

Nasi Kuning

Sebagai pemasok beras yang berhasil di indonesia, rasanya aneh jika Makassar tidak memiliki panganan khas yang berasal dari beras atau Nasi. Nah, untuk Anda yang tidak bisa terlepas dari namanya Nasi, maka harus mencoba makanan khas Makassar dengan nama Nasi Kuning Riburane. Banyak masyarakat lokal Makassar yang memberikan referensi ini, bukan tanpa sebab di mana makanan ini memang enak dan tentunya mengenyangkan.

Jika Anda ingin tahu bahwa makanan dan warung Nasi Kuning Riburane merupakan kedai yang sangat laku. Terutama setelah banyak pameran makanan khas Makassar dan juga teknologi yang semakin canggih setelah adanya Go food menjadikan penjualan Nasi ini meningkat.

Informasinya, kedai bisa menghabiskan tiga dandang nasi kuning dalam sehari. Seperti dilansir dari Good Indonesian Food, Nasi Kuning Riburane bisa dibilang sebagai vendor nasi kuning tersukses dan terlaris di Makassar. Untuk masalah rasa tidak ada yang membantah lagi, rasa gurih, asin dan juga pedas yang menyatu dan sangat cocok di lidah orang Indonesia menjadikan nasi ini favorit.

Selain itu porsi yang mengenyangkan tentu tidak merugikan Anda yang membeli nasi ini dalam satu kali makan. Untuk itulah Anda tidak bisa melewatkan Nasi Kuning Riburane begitu saja saat mampir ke kota Makassar dalam travel selanjutnya.

——

Itulah rekomendasi pusat kuliner yang bisa Anda kunjungi ketika mampir ke Makassar. Anda bisa menemukan berbagai makanan mulai dari yang bersantan, pedas, asam, berdaging, sayuran bahkan hingga makanan manis yang ditambah dengan pemandangan Makassar yang luar biasa.

Selain itu, ketika Anda wisata kuliner di sini tidak perlu uang tambahan karena rata-rata pusat kulinernya murah dan tidak memakan banyak uang seperti ketika Anda berwisata kuliner di Jakarta atau Bandung. Jadi menu mana yang ingin Anda coba ?