6 Lokasi Jogging Favorit Warga Makassar

 
0

Senantiasa sehat dan gak gampang sakit, apakah Kamu salah satunya yang menginginkan hal tersebut? Pastinya dong, yah. Siapa sih yang pengen sakit-sakitan? Gak ada, kan. Nah, hidup sehat bisa didapatkan dengan rutin berolahraga. Dan saat ini ada banyak jenis olahraga yang bisa dilakukan untuk mewujudkan pola hidup sehat yang diharapkan. Tinggal menyesuaikan olahraga seperti apa yang diinginkan, apakah ingin olahraga yang mengeluarkan budget atau yang tanpa biaya.

Mungkin bagi mereka yang memiliki dana lebih akan memutuskan untuk ke tempat fitness. Dengan alasan, di sana banyak peralatan yang menunjang. Namun di sisi lain, tak sedikit yang memutuskan untuk melakukan olahraga yang tidak mengeluarkan biaya. Nah, salah satunya adalah jogging. Dengan alasan, olahraga itu gak harus mengeluarkan duit. Bila ada yang gratis, why not?

Kamu biasanya olahraga dengan siapa? Sendirian atau bareng teman? Nah, bagi sebagian besar orang, Jogging telah menjadi life style. Gaya hidup yang sulit untuk ditinggalkan dan terasa ada yang kurang bila tidak dilaksanakan. Selain praktis, jogging juga memberikan banyak manfaat pada kesehatan tubuh.

Manfaat yang dirasakan ketika rutin melaksanakan Jogging adalah badan semakin fit dan gak gampang sakit. Selain itu, membuat tubuh menjadi lebih proporsional serta kulit semakin sehat bercahaya. Mereka yang rutin melaksanakan jogging benar-benar merasakan perbedaannya. Mereka merasa badan mereka lebih ringan dan gak gampang sakit.

Nah, berbicara mengenai jogging, di mana biasanya Kamu melakukan jogging? Kalau di Makassar sendiri terdapat banyak lokasi untuk jogging. Dan beberapa lokasi di bawah ini menjadi lokasi Jogging favorit warga Makassar. Di mana sajakah itu?

1. Lapangan Karebosi

Apa yang terkenal di Makassar selain Pantai Losari dan Coto Makassarnya? Yuuppzz.. Lapangan Karebosi. Sebagai pusat kota, Lapangan Karebosi menjadi tempat favorit warga Makassar untuk melakukan Jogging. Lapangan ini memiliki luas 112.900 m2 dan selalu ramai pengunjung entah pagi maupun sore hari.

Lapangan yang hanya berjarak kurang lebih 500 meter dari Benteng Rotterdam ini selalu dipadati oleh mereka yang hendak berolahraga atau hanya sekadar cuci mata. Selain lari pagi atau lari sore, Kamu juga bisa melakukan olahraga dan aktivitas lainnya di lapangan ini Karena telah dilengkapi fasilitas yang mendukung.

Lapangan Karebosi ini tergolong unik. Karena setengah bagian dari lapangan ini terdapat pusat perbelanjaan di bawahnya yang lebih dikenal dengan sebutan Karlink atau Karebosi Link.

2. UNHAS

Tempat selanjutnya yang biasa dimanfaatkan oleh warga Makassar untuk dijadikan sebagai lokasi jogging adalah Kampus Universitas Hasanuddin. Kawasan yang diklaim sebagai hutan kota ini memang memiliki rute yang strategis untuk melakukan jogging. Memiliki luas sekitar 220 hektar, banyak yang memilih untuk mengelilingi Unhas saat jogging. Namun bagi mereka yang tak sanggup untuk memutari Unhas, lapangan sepak bola yang masih terletak di area Unhas menjadi alternatif lain bagi mereka yang hendak jogging.

Di Unhas juga banyak fasilitas pendukung untuk berolahraga. Selain lapangan sepak bola, juga terdapat lapangan basket dan voli bagi Kamu yang hendak bermain basket dan voli. Tak hanya itu, Unhas juga memiliki kolam renang yang bagus, sehingga berenang bisa menjadi alternatif lain Kamu selain berjogging.

3. Lapangan Hasanuddin

Terletak di jl. Jend. Sudirman, Lapangan Hasanuddin menjadi lokasi jogging yang juga difavoritkan oleh warga Makassar. Berbeda dengan Unhas yang peminat joggingnya adalah dari kalangan mahasiswa, lapangan Hasanuddin justru banyak dipilih sebagai tempat latihan oleh mereka yang hendak mendaftar tentara maupun polisi.

Karena lokasinya yang cukup luas, selain menjadi tempat berolahraga, lapangan ini juga biasa dimanfaatkan untuk melaksanakan event kecil maupun event besar seperti konser musik dan kegiatan amal lainnya.

4. Lapangan Emmy Saelan

Selanjutnya ada lapangan Emmy Saelan sebagai tempat jogging warga Makassar yang bedomisili di wilayah Hertasning-Toddopuli dan sekitarnya. Di pagi maupun sore hari, lapangan ini selalu dikunjungi oleh mereka yang tak hanya ingin bermain sepak bola, melainkan juga oleh mereka yang hendak melakukan Jogging. Selain itu, lapangan Emmy Saelan ini juga biasa dimanfaatkan sebagai area senam kebugaran oleh warga yang berdomisili di sekitar lapangan ini.

Selain menjadi tempat olahraga yang bagus, lapangan ini juga dilengkapi dengan taman refleksi. Dan Sama seperti lapangan terbuka lainnya, lapangan Emmy Saelan ini juga dimanfaatkan sebagai tempat berjualan oleh pedagang kaki lima. Di malam hari, Kamu akan menemukan berbagai penjual makanan di sekitaran lapangan tersebut.

5. GOR Sudiang

Nah selanjutnya adalah GOR Sudiang. Sebuah lokasi yang menjadi tempat jogging favorit bagi mereka yang berdomisili di wilayah Sudiang dan sekitarnya. Gor Sudiang ini selalu ramai oleh mereka yang hendak berolah raga saat sore hari. Namun jogging hanya bisa dilakukan dari hari senin sampai sabtu. Karena di hari Minggu, tempat ini dimanfaatkan sebagai lokasi car free day. Yang mana di hari Minggu, GOR Sudiang ini terdapat banyak penjual dan pengunjung yang hendak bersantai atau berbelanja di sana. Ini hampir-hampir mirip dengan suasana Pantai Losari di hari Minggu pagi.

Selain itu, GOR Sudiang ini selalu dijadikan sebagai lokasi untuk mengadakan pertandingan olahraga seperti Liga antar sekolah dan sebagainya.

6. Stadion Andi Mattalatta

Bila di Sudiang terdapat GOR yang menjadi tempat jogging favorit warga Sudiang dan sekitarnya, nah di Wilayah Cendrawasih juga terdapat sebuah Stadion yang banyak difavoritkan oleh warga Makassar sebagai tempat jogging. Selain itu, di tempat ini juga terdapat saarana lain untuk berolah raga dan juga terdapat kolam renang.

Stadion yang sebelumnya bernama Stadion mattoanging ini menjadi kebanggaan warga Makasssar dikarenakan stadion ini menjadi saksi atas kemenangan-kemenangan tim sepak bola kesayangan Makassar, PSM.

Nah, gimana? Kamu biasanya jogging di mana? Lapangan Karebosi? Unhas? Lapangan Hasanuddin? Atau Kamu punya lokasi jogging favorit selain beberapa tempat yang disebutkan di atas?

Tapi ni yah, asal Kamu memang punya niat untuk olahraga, di manapun tempatnya, pasti Kamu akan menikmati tiap langkah lari yang kamu lakukan. Tetap jaga kesehatan yah guys.. Biar tetap fit dan gak gampang sakit.

 

 

Selain kepada-Nya, jangan terlalu percaya pada siapapun. Follow me on Instagram: @ilayahya_