Mengenal 3 Perguruan Tinggi Negeri [PTN] Makassar

 
0

Beberapa di Antara Kamu khususnya yang bukan berstatus mahasiswa atau belum berstatus mahasiswa mungkin ada yang bertanya-tanya, Apa sih PTN itu? Kalau PTS apa? Trus bedanya apa? Bukannya itu sama-sama Universitas? Kalau gitu, antara PTN dan PTS yang membedakan apa dong?

Nah, PTN dan PTS memang sama-sama Universitas. Tapi, yang satu adalah Perguruan Tinggi negeri, dan yang satu adalah perguruan Tinggi Swasta. Dari situ sudah bisa dilihat perbedaannya secara redaksi kata. PTN adalah perguruan tinggi yang dikelola oleh pemerintah, entah itu di bawah naungan Departemen Pendidikan Nasional maupun di bawah naungan Departemen lain (namun masih milik pemerintah). Sedangkan PTS, dikelola oleh yayasan tertentu, entah itu perorangan ataupun kelompok.

Di antara PTN dan PTS ini tentunya memiliki nilai plus dan minus-nya masing-masing. Salah satu hal yang paling mendasar adalah dalam hal biaya pendidikan. Pada umumnya, PTN mendapat subsidi dari pemerintah perihal biaya pendidikan sedangkan PTS tidak. That’s why biaya pendidikan PTS cenderung lebih mahal ketimbang biaya pendidikan PTN.

Perbedaan lain antara PTN dan PTS adalah dari segi peminatannya. PTN lebih banyak diminati oleh calon mahasiswa, namun ini bukan berarti PTS kurang peminat yah.. Banyak juga kok PTS yang banyak diminati oleh mereka yang hendak kuliah.

Dan yang paling terlihat perbedaannya antara kedua perguruan tinggi ini adalah seleksinya. Masuk PTN cenderung lebih sulit karena Kamu harus bersaing dengan ribuan bahkan puluhan ribu calon mahasiswa lainnya melalui seleksi nasional / seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri. Sedangkan untuk PTS, jalur masuknya cenderung lebih mudah, tidak melalui seleksi nasional.

Di PTN pun peluang untuk mendapatkan beasiswanya lebih mudah dari pada di PTS. Namun dari segi jadwal kuliah, PTN cenderung lebih ketat, sedangkan di PTS cenderung lebih fleksibel waktu perkuliahannya.

Nah, sudah tau kan, perbedaan PTN dan PTS? Lalu, di Makassar ini ada berapa sih PTN? Dan PTN apa saja itu?

1. UNIVERSITAS HASANUDDIN [UNHAS]

 

Ini nih salah satu PTN yang paling banyak diminati di Sul-Sel. Dan tentunya, untuk bisa masuk di salah satu Universitas terbaik di Indonesia ini Kamu harus bersaing dengan puluhan ribu calon mahasiswa baru lainnya.

Telah ada sejak tahun 1956, Universitas yang memiliki julukan ‘Universitas tertua’ di Sulawesi Selatan ini berdiri di atas lahan seluas 220 Hektar dengan rektor yang menjabat di periode ini adalah Prof. Dr. Dwia Aries Tina Palubuhu, MA. Universitas ini memiliki akreditasi A dari BAN-PT.

UNHAS memiliki 14 Fakultas, yang terdiri atas: Pertanian, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Ilmu Budaya (Sastra), Ekonomi dan bisnis, Hukum, Farmasi, Kedokteran gigi, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Kehutanan, Peternakan, Teknik, Ilmu Kelautan dan Perikanan, Kesehatan masyarakat dan Kedokteran.

Selain masuk dalam salah satu universitas terbaik di tingkat nasional maupun internasional, dalam 2 tahun terakhir ini UNHAS juga ditetapkan sebagai Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN-BH). Penetapan status PTN-BH ini merupakan wujud amanah dan tanggung jawab UNHAS untuk memberikan kontibusi sebesar-besarnya dalam peningkatan daya saing bangsa.

Di Indonesia sendiri, hanya ada 11 Perguruan Tinggi Negeri yang ditetapkan sebagai PTN-BH. Mereka adalah: Institut Pertanian Bogor, Universitas Indonesia, Institut Teknologi bandung, Universitas Gadjah Mada, Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Airlangga, Universitas Sumatera Utara, Universitas Hasanuddin, Universitas Padjajaran, Universitas Diponegoro, serta Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.

2. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI [UIN] ALAUDDIN MAKASSAR

Perguruan Tinggi Negeri selanjutnya yang terdapat di Makassar adalah UIN Alauddin Makassar. Sebelumnya, UIN Alauddin ini lebih dikenal dengan nama IAIN [Institut Agama Islam Negeri]. Di periode ini, UIN Alauddin dipimpin oleh Prof. Dr. Musafir Pababbari, M.Si. selaku rektor UIN Alauddin Makassar.

Namun di tahun 2005, Civitas Akademika, Senat IAIN Alauddin beserta Gubernur Sul-Sel kala itu mengajukan pengusulan pada presiden untuk perubahan status kelembagaan dari Institut ke Universitas. Maka pada tanggal 10 Oktober 2005, Institut Agama Islam Negeri Alauddin resmi berganti kelembagaan menjadi Universitas Islam Negeri.

UIN Alauddin Makassar ini memiliki 7 fakultas, yaitu: Ekonomi & Bisnis Islam, Tarbiyah & Keguruan, Ushuluddin & Filsafat, Dakwah & Komunikasi, Adab & Humaniora, Sains & Teknologi, serta Kedokteran & Ilmu Kesehatan.

Walaupun masih berakreditasi B BAN-PT, namun UIN Alauddin Makassar menargetkan akan meraih akreditasi A di tahun 2019 nanti.

Kampus UIN Alauddin terletak di 2 tempat, yaitu Kampus I di Jl. Sultan Alauddin dan kampus II terletak di Samata Gowa.

3. UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR [UNM]

Perguruan Tinggi Negeri lainnya yang ada di Makassar adalah UNM. Setelah bertahun-tahun membawa status akreditasi B dari BAN-PT, di tahun 2017 ini UNM berhasil meraih Akreditasi A dari BAN-PT. Adapun pemimpin dari Universitas ini adalah Prof. Dr. H. Husain Syam, M.T.P. sebagai rektor Universitas Negeri Makassar.

Sembilan fakultas yang terdapat di Universitas ini adalah Fakultas Psikologi, Fakultas Ilmu Pendidikan, Fakultas MIPA, Fakultas Teknik, Fakultas Bahasa & Sastra, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Fakultas Ilmu Sosial, Fakultas Seni & Desain, serta Fakultas Ekonomi.

UNM sebagai Universitas yang memiliki Fakultas tersendiri di bidang keolahragaan, menjadikan mahasiswa-mahasiswanya banyak meraih gelar juara di bidang keolahragaan seperti Futsal, Hockey, dll. Baik itu pada tingkat Daerah, nasional, maupun tingkat internasional.

Kampus UNM tergolong kampus yang besar karena Universitas ini memiliki 6  cabang kampus, yaitu: Kampus I  [Gunung Sari], Kampus II [Parang Tambung], Kampus III [Banta-Bantaeng] dan Kampus IV [Tidung] terletak di kota Makassar. Sedangkan Kampus PGSD terletak di Kabupaten Bone dan di Kota Pare-Pare.

Nah, itulah 3 Perguruan Tinggi Negeri yang ada di Makassar. Buat Kamu yang masih SMA dan pengen masuk di salah satu Universitas ini, Kamu belajar yang baik yah.. Persiapkan diri untuk menghadapi tesnya nanti. Kamu bisa mengikuti bimbingan belajar di lembaga-lembaga bimbel yang ada. Atau Kamu juga bisa belajar sendiri. latihan mnejawab soal-soal, biar nanti saat tes, Kamu gak kaget melihat soal-soalnya. Do your best, Karena saingan Kamu untuk masuk di universitas-universitas ini sangat banyak, ribuan bahkan sampai puluhan ribu.

Ketika Kamu bisa lulus di salah satu universitas ini, yakin deh, ada kebanggaan tersendiri. Dan di perguruan tinggi negeri ini, ada banyak beasiswa yang bisa Kamu daftar.

Selain kepada-Nya, jangan terlalu percaya pada siapapun. Follow me on Instagram: @ilayahya_