Mengenal Pangkep dari Eksotis Keindahan Pulaunya

 
0

Indonesia terkenal dengan berbagai keanekaragaman budaya, suku, ras dan Sumber daya Alam. Salah satu sumber daya alam yang sangat indah dan menarik mata agar segera dikunjungi ada di kepulauan Indonesia bagian timur. Selain ibu kota Sulawesi selatan yaitu Makassar, ternyata beberapa daerah yang masuk  dalam administrasi Sulawesi Selatan juga memiliki keindahan pulau yang begitu menawan dan memukau. Salah satu daerah tersebut adalah Pangkajene kepulauan atau yang biasa disebut dengan Pangkep.

Pangkep tertuang dalam Wikipedia merupakan salah satu Kabupaten yang ada di Sulawesi Selatan memiliki luas wilayah 1.112,29 km². Namun setelah diadakan analisis bersama Bakosurtanal, luas wilayah tersebut direvisi menjadi 12.362,73 km² dengan luas wilayah daratan 898,29 km² dan wilayah laut 11.464,44 km². Berdasarkan letak astronomis, Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan berada pada 11.00’ bujur timur, dan 040. 40’ – 080. 00’ lintang selatan.

Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan terdiri atas 13 kecamatan (9 kecamatan terletak pada wilayah daratan dan 4 kecamatan terletak di wilayah kepulauan).

Pangkep yang memiliki banyak pulau, menyimpan keindahan dan daya tarik tersendiri. Setidaknya ada 13 pulau yang sayang banget bila tidak dikunjungi di area pangkep. Ketigabelas pulau tersebut adalah:

1. PULAU CANGKE

pulau cangke - bagooli.com
Sumber: awelone

Pulau Cangke terletak di lokasi wilayah administrasi Kabupaten Pangkajene Kepulauan yang  terletak di gugusan pulau-pulau kecil Sulawesi Selatan. Bagi pengunjung yang ingin berwisata di tempat ini dapat melakukan perjalanan melalui Maccini Baji. Perjalanan ke pulau Cangke ditempuh kurang lebih 3 jam, dengan kondisi laut yang berombak. Dalam perjalanan, mata pengunjung akan dimanjakan dengan lautan biru yang terhampar luas mendera di samudera sambil sesekali memandang pulau-pulau kecil dari kejauhan yang begitu indah.

2. PULAU PANNAMBUNGAN

pulau panambungan - bagooli.com
Sumber: youtube

Pulau Panambungan Lokasi kec. Liukang Tupabiring di Kabupaten Pangkajene Kepulauan adalah salah satu gugusan Kepulauan Spermonde. Kepulauan Spermonde adalah pulau yang kaya dan memiliki ikon terumbu karang yang begitu banyak dan beranekaragam.  Untuk kelokasi ini kita harus melewati sungai dan laut dengan perahu motor dan speed boat dari Pangkajene dan Makassar. Sangat mudah untuk menuju Pulau ini dan telah tersedia transportasi dengan waktu tempuh kurang lebih satu setengah jam dari Pangkajene dan jantung kota Makassar dengan perahu motor, serta sekitar 30 menit dengan menggunakan speed boat. Terbilang cepat kan, guys!

3. PULAU CAMBANG-CAMBANG

Pulau Cambang-Cambang - bagooli.com
Sumber: Rakyatku News

Pulau Cambang-cambang merupakan salah satu pulau terdekat dari Kabupaten Pangkep. Saat ini pulau Cambang-Cambang memiliki 11 unit tempat penginapan kecil. Akses menuju pulau Cambang-Cambang juga terbilang mudah dan cukup murah. Pengunjung yang ingin berwisata ke Cambang-Cambang bisa mengakses dari dermaga Maccini Baji Labakkang. Dari sana, pengunjung bisa menyewa perahu milik masyarakat seharga Rp. 150.000/kapal dengan waktu tempuh 10 – 15 menit serta biaya masuk pulau sebesar Rp. 10.000/orang.

Pulau ini adalah surga dunia yang banyak dikunjungi oleh wisatawan domestik maupun mancanegara. Lokasi pulau ini sangat sesuai untuk para pencinta selfie. Pulau ini menyiapkan 15 villa untuk beristirahat. Harga per vila bervariasi, mulai dari 100 ribu hingga 200 ribu per malam.

Bagi yang ingin menggelar pertemuan semi formal, terdapat fasilitas spot center untuk menggelar diskusi. Saat ini Pemkab Pangkep memasang tarif 5.ooo rupiah per pengunjung. Di luar biaya transportasi, villa dan fasilitas penunjang lainnya.

4. Pulau Langkadea

Pulau Langkadea - bagooli.com
Sumber: makassarguide

Pulau Langkadea adalah pulau tak berpenghuni yang masih memiliki sisa-sisa puing kehidupan di masa lalu. Pulau ini terletak di barat daya Kabupaten Pangkep Sulawesi Selatan. UNtuk ke tempat ini, membutuhkan waktu tempuh perjalanan sekitar 50 menit dari pelabuhan tradisional Paotere Makassar. Cukup dengan Rp 750.000, sebuah perahu berukuran sedang dengan kapasitas penumpang sekitar 30-40 orang dapat disewa. Sebelum ke pulau ini, disarankan untuk membawa air tawar, perlengkapan camp, alat masak, ransum dan kebutuhan pokok lainnya.

Pulau ini dahulu berpenghuni dan terlihat sebagai pulau yang makmur, namun entah apa alasan dan masalahnya mengapa pulau ini tak lagi dihuni.

Keindahan dari terumbu karang salah satu spot rekomendasi untuk memanjakan mata. Birunya langit yang berpadu dengan birunya air laut menjadi sebuah lukisan alam yang menyejukkan hati. Sunrise jingga emas kemerahan di sudut timur berlatar pegunungan karst khas Sulawesi Selatan dan sunset yang terbenam di ufuk barat jauh menyelam di laut Sulawesi. Pasir yang kekuningan berpadu dengan jernihnya air laut adalah memori alam dalam singgasana keindahan duniawi yang semata menghipnotis diri.

5. Pulau saugi

pulau saugi - bagooli.com
Sumber: sentralmahasiswa

Pulau Saugi merupakan salah satu pulau yang ada di desa mattiro baji Kecamatan Liukang Tupabbiring. Penduduk di Pulau ini sepenuhnya menggantungkan hidup pada sumber daya yang ada di laut dengan makanan laut juga beberapa ikan laut.

Jika pengunjung dari luar Pangkep ingin berkunjung, hanya memakan waktu kurang lebih  sekitar 45 menit. Sedangkan menuju Pulau saugi hanya kira-kira 15 menit dengan menggunakan kapal nelayan. Di sini haya ada kapal saja, jadi Kita menggunakan kapal nelayan sebagai alat tansportasi menuju Pulau. Harga sewa kapal pun relatif murah, yaitu Rp. 100.000,- untuk penyeberangan Pulau Saugi bolak-balik.

6. Pulau badi

Pulau Badi - bagooli.com
Sumber: medium.com

Merupakan salah satu destinasi bahari  yang ada di Pangkajene Kepulauan dan termasuk pulau yang bersaing keindahan dengan pantai-pantai populer lainnya di sejumlah Kota wisata yang ada di Sulawesi Selatan. Pulau badi adalah salah satu tempat pusat pengembangan rehabilitasi karang dunia. Pulau Ini terletak di Desa Mattiro Deceng, Liukang Tupabbiring, Kabupaten Pangkajenne Kepulauan.

Dari Makassar, pulau ini bisa ditempuh sekitar dua jam perjalanan menggunakan kapal cepat. Alternatif penyeberangan bisa dilakukan melalui sejumlah penyebrangan seperti kayu bangkoa Jl. Pasar Ikan, Dermaga Benteng Panynyua (Depan Rotterdam) maupun Pelabuhan Paotere.

Badi sendiri merupakan salah satu pulau yang dihuni masyarakat namun tetap mampu terjaga dan menjadi tempat kunjungan pilihan bagi Anda yang hendak ke Sul-Sel. Pulau ini tak hanya populer di kalangan masyarakat setempat, namun dunia pun sudah mengakui. Hal ini dibuktikan dengan silih bergantinya tokoh besar dunia seperti Jhon Mc Kein dan sejumlah penyelam dunia yang jauh-jauh dari berbagai negara hanya ingin mengintip langsung keberhasilan rehabilitasi karang yang digalakkan pulau dengan luas 6,50 hektar ini. Tak perlu susah-susah naik pesawat ke Bali atau ke Raja Ampat untuk menikmati keindahan bawah laut, karena di Pangkep pun juga ada, yaitu Pulau Badi ini.

7. Pulau Pala

pulau pala - bagooli.com
Sumber: satuharapan

Pulau Pala berada di desa Mattiro Dolangeng, Liukang Tuppabiring Kabupaten Pangkajene Kepulauan pangkajene pangkep Sulawesi selatan. Pulau ini merupakan salah satu pulau sebagai pusat konservasi penyu di Kabupaten Pangkep.

8. Pulau Kulambing

Pulau Kulambing - bagooli.com
Sumber: kompasiana.com

Pulau Kulambing adalah salah satu pulau yang lumayan dikenal oleh masyarakat Pangkep. Perjalanan menuju lokasi ini memakan waktu sekitar 50 menit dengan jalur terpanjang yang dilalui adalah sungai Bucinri, mappasaile Pangkep. Pulau ini kaya akan hamparan hijaunya hutan bakau dan air laut yang biru. Letaknya berada di Mattiro uleng, Liukang Tupabbiring Utara.

9. Pulau Sanane

pualu sanane - bagooli.com
Sumber: www.thepicta.com

Pulau Sanane terletak di Kecamatan Liukang, Kabupaten Pangkep yang menyimpan beragam potensi wisata.  Dilihat dari letak geografis, Pulau Sanane berjarak kurang dari 25km dari Daratan Makassar, khususnya dari Pelabuhan Paotere. Itulah sebabnya untuk menuju Pulau Sanane membutuhkan waktu tempuh yang kurang lebih sama dengan waktu tempuh menuju Pulau Bontosua, yakni sekitar 2 jam lebih.

Pulau Sanane diapit Batu Manaba yang terletak di sebelah Utara dan Gosong Pajenekangkeke (Pajenekang Kecil) di sebelah Selatan. Dari arah Barat adalah Gosong Manaba dan dari Arah Timur Pulau Panambungan.  Dengan kondisi letak Geografis yang dikelilingi sejumlah struktur batuan dan juga berdekatan dengan Pulau Bontosua, tempat pembudidayaan karang laut, Pulau ini sangat mungkin menyimpan potensi besar untuk wisata, baik penyelaman maupun pemancingan.

Secara karakteristik, wilayah di perairan pulau ini juga memiliki kedalam kurang dari 40 meter dengan struktur dasaran yang bervariasi. Wilayah terdalam, hanya terdapat pada pertengahan ketiga pulau tersebut dan antara wilayah Pulau Bontsua dan Pa’Jenekang yang mencapai kira 37 – 39 meter.

10. Pulau Sabutung

pulau sabutung - bagooli.com
Sumber: infopublik.com

Pulau sabutung adalah satu-satunya pulau yang ada di Pangkajene Kepulauan yang pernah dikunjungin oleh Duta Besar Australia untuk perempuan dan remaja putri. Pulau Sabutung terletak di desa Mattiro Kanja, Kecamatan Liukang Tupabiring Utara. Kedatangan Dubes Australia adalah untuk melihat binaan Kesetaraan Gender dan Pemberdayaan Perempuan (Mampu), dan Kolaborasi Masyarakat dan Pelayanan Untuk Kesejahteraan. Untuk ke pulau ini menggunakan kapal melewati Maccini Baji kecamatan dengan biaya 10rb-200rb saja. Tergantung dari jumlah jiwa.

11. Pulau Bontosua

Pulau ini adalah pulau terumbu karang. Mengapa demikian? Karena di pulau ini begitu banyak pilihan jenis terumbu karang yang indah dan menawan.  Pulau Bontosua memiliki luas 1 km persegi, memiliki air pantai yang sangat jernih. Pulau ini memiliki 2 dermaga yang masing-masing berada di sisi timur dan barat dari pulau ini. Perjalanan untuk sampai ke pulau nelayan ini sekitar 1 jam dari pelabuhan Paotere Makassar. Untuk sewa kapal 15rb sekali jalan. Hanya ada 2 kapal transportasi yang digunakan untuk ke pulau ini. Jadwal keberangkatannya adalah sebelum jam 9 dan sebelum jam 10.

Jika Anda berada di Sulawesi Selatan dekat dari Pangkep (pangkajene kepulauan), tak perlu cek-in pesawat dan hotel hanya untuk mencari ketenangan dan berlibur ke pulau. Cukup ke pangkep saja dan kamu bisa rasakan surga dunia di bawah laut dan hamparan keindahan alam yang sangat dekat dan eksotis.

Bukan cuman berlibur saja, Anda juga akan mendapatkan banyak pengalaman dan pengetahuan baru terkait dunia terumbu karang dan dunia laut. Mari lestarikan dan pertahanankan kekayaan alam daerah kita sendiri.

Bagi  Andayang lahir dan menetap di sini jangan lupa Bangga jadi orang Pangkajene kepulauan yah, guys!

 

Penulis, Peneliti, Pengajar, volunteer, suka tantangan dan petualang.