Mengenal Suku-Suku Unik yang Ada di Sulawesi Selatan - Bagooli.com
Your Theme License is INVALID or EXPIRED

Mengenal Suku-Suku Unik yang Ada di Sulawesi Selatan

 
0

Indonesia terkenal akan kekayaannya, bukan hanya bersifat material namun juga budaya dan keanekaragamannya. Untuk itu, Indonesia memiliki banyak sekali julukan, mulai dari negara ribuan pulau, zamrud khatulistiwa dan banyak lainya.  Salah satunya yang paling menarik adalah daerah yang terdiri dari suku yang berbeda-beda. Dalam artikel ini kita akan mengangkat dan membahas mengenai daerah Sulawesi Selatan. Daerah yang terletak di Pulau Sulawesi ini memiliki keindahan yang sudah populer bukan hanya di Indonesia melainkan sampai ke mancanegara. Begitupun dengan suku yang mendiami Provinsi tersebut dan memiliki banyak ritual serta kegiatan kebudayaan yang menarik dan sakral. Berikut ini ulasan suku unik yang ada di Sulawesi Selatan.

1. Suku Kajang

Suku Kajang - bagooli.com
Sumber: traveltodayindonesia.com

Suku unik pertama yang ada di Sulawesi Selatan bernama suku Kajang. Mungkin masih banyak yang merasa asing dengan nama suku ini, meskipun begitu wajar banyak masyarakat yang tidak mengetahuinya. Mengingat suku ini tinggal di area hutan yang masih rimbun dan juga liar. Sehingga tidak banyak orang perkotaan bahkan pemerintah yang bisa menjangkau area mereka.

Selain itu, suku Kajang sengaja memberikan batasan antara masyarakat diluar hutan dan tempat tinggal mereka untuk menghindari peradaban. Suku Kajang menempati sebuah daerah bernama Tana Toa yang ada di Sulawesi Selatan. Selain mengasingkan diri, suku ini terkenal akan hal-hal gaibnya dan kekuatan sakti mereka yang mematikan dan digunakan untuk bertahan hidup.

2. Suku Toraja

Peninggalan Toraja
Sumber: 1.bp.blogspot.com

Suku unik selanjutnya yang sudah populer sampai wisatawan mancanegara. Bukan tanpa sebab, Suku Toraja memang memiliki ritual keagamaan dan upacara budaya yang unik dan berbeda. Biasanya Suku Toraja merupakan penduduk yang mendiami sebagian Jazirah Sulawesi Selatan di sisi Utara.

Masyarakat Toraja akan menamai kelompok berdasarkan wilayah tinggalnya, misalnya untuk kelompok Sa’dan, merupakan kelompok yang tinggal di dekat aliran sebuah sungai yang bernama Sa’dan. Jika mendengarkan bahasa yang mereka ucapkan maka disebut juga sebagai orang Toraja Tae.

3. Suku Bentong

suku bentong
sumber: gurupendidikan.com

Masuk ke daftar suku unik lainnya yaitu bernama Suku Bentong. Dimana masyarakat yang mengkalim sebagai Suku Bentong berdiam di desa Bulo-Bulo, Kecamatan Pujananting, Kabupaten Barru Sulawesi Selatan. Populasi suku ini cukup banyak dengan mayoritas pemeluk agama islam. Jika dikaji kembali agak jarang suku yang ada di Sulawesi Selatan merupakan pemeluk agama islam.

Untuk para wisatawan khususnya muslim, mereka cukup nyaman untuk berwisata ke area ini karena disuguhkan makanan yang bisa dikonsumsi oleh umat muslim (halal). Hal unik lainnya adalah, suku ini mencari uang dengan bercocok tanam. Sayangnya, Suku Bentong masih masuk kedalam kelompok suku Terasing dimana rumah mereka terpencil dan senang berkelana di hutan sambil berburu.

4. Suku Duri

Suku Bentong
Sumber: info.bersiap.com

Suku Duri merupakan suku yang terletak di Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan. Suku unik ini tinggal di area pegunungan yang berhawa sejuk tepat di tengah Provinsi Sulawesi Selatan dan langsung berbatasan dengan Tanah Toraja. Pemukiman dari suku ini berjumlah 17 desa dan masuk kedalam kelompok yang cukup besar.

Selain itu, meskipun terdapat 17 desa dan areanya luas, mereka tinggal dekat dengan jalan yang dapat dilalui mobil dan sedikit masyarakat Suku Duri yang tinggal di area pegunungan tinggi. Keunikan lainnya, suku ini tidak asing terhadap peradaban dan beberapa masyarakatnya pergi ke kota untuk menuntut ilmu.

5. Suku Makassar

Suku Makassar
SUmber: daradaeng.com

Suku Makassar merupakan suku terbesar yang ada di Sulawesi Selatan dengan banyak sekali keunikan. Selama ini kita hanya tahu daerah Makassar tanpa tahu sukunya. Suku Makassar telah menyimpan sejarah panjang, dimana catatan sejarah yang tertulis dalam “lontara” bahwa Suku ini telah hadir dan menguasai Pulau Sulawesi sejak abad ke-16. Dimana pada masa tersebut Belanda masih menguasai Indonesia.

Selain di Pulau Sulawesi, menurut sejarah Suku Makassar berhasil menguasai beberapa area lainnya di Indonesia seperti halnya sebagian Kalimantan, Sebagian Pulau Maluku, Nusa Tenggara, Hingga Timor-Timur (Timor Leste saat ini). Selain itu hanya Suku Makassar yang memiliki sub suku dan tersebar luas di Selatan Pulau Sulawesi, seperti daerah Kabupaten Gowa, Takalar, Je’neponto, Bantaeng, Bulukumba, Selayar, Maros, dan Pangkep.

6. Suku Luwu

Suku Luwu
Sumber: budaya-lutim.blogspot.com

Kerajaan Luwu merupakan kerajaan tertua, terbesar serta terluas yang ada di Sulawesi Selatan. Pada masanya, kerajaan ini bahkan menguasai area Tana Luwu, Tana Toraja, Kolaka, dan Poso. Nama “Luwu” atau “Luu” itu sebenarnya berarti “Laut”.  Luwu sendiri merupakan suku bangsa yang besar dan terdiri dari 12 anak suku, keunikan ini jarang diketahui orang lain. Padahal Suku Bugis yang terkenal merupakan salah satu anak suku Luwu.

Selain itu sempat menjadi perdebatan, dimana orang sering mengatakan bahwa Luwu termasuk suku Bugis. Namun beberapa orang Luwu mempertegas bahwa mereka bukan suku Bugis, tetapi suku Luwu dan tidak bisa disamakan. Sampai saat ini masih ada keturunan dari Suku Luwu namun beberapa sudah menikah dengan suku lain yang ada di Sulawesi Selatan.

7. Suku Mandar

Suku Mandar
satuindonesia.com

Selanjutnya adalah Suku Mandar, dimana suku ini memiliki banyak sekali keunikan yang tidak bisa dielakan lagi. Ada beberapa karya yang memang dibuat oleh Suku Mandar dan sudah menjadi ciri khas. Pertama suku unik ini memiliki sebuah tradisi dimana penyampaian perumpaan saat hendak menyampaikan keinginannya kepada seseorang. Biasanya penyampaian itu berupa sindiran-sindiran yang bisa membuat lawan bicara tertegun, hal ini dinamakan Kalindaqdaq.

Selanjutnya ada yang disebut Sayyang Pattu’du dimana tradisi ini disebut sebagai “kuda menari”. Tradisi yang dijalankan sebagai ungkapan rasa syukur saat anak mengkhatamkan Alquran sebanyak 30 Juz. Biasanya anak akan diarak keliling kampung dengan menggunakan seekor kuda.

Keunikan Lain Suku di Sulawesi Selatan

Selain suku unik yang dibahas ada juga peninggalan suku di Sulawesi Selatan, bukan hanya Suku  Mandar saja namun beberapa suku lainnya. Perahu Sandeq merupakan simbol kehebatan orang-orang maritim. Dimana suku yang tinggal dekat dengan laut terbiasa membuat perahu untuk pelayaran dan mencari ikan.

Selain itu Perahu ini bahkan berlayar hingga ke lautan lepas dan tidak jarang perahu ini mencatat sejarah telah sampai pada daratan yang lain seperti halnya Malaysia, Singapura, Jepang, Australia, Amerika Serikat bahkan hingga ke Madagaskar, Afrika Selatan. Untuk itu, tidak diragukan lagi bahwa suku di Sulawesi Selatan sering dikatakan sebagai nenek moyang pelaut. Karena kehebatan dan keahlian mereka dalam menaklukan laut untuk mencari mata pencaharian dan berkelana ke negeri seberang.

Selain 7 suku diatas masih banyak suku yang mendiami Sulawesi Selatan. Namun beberapa suku tidak bisa terdeteksi atau tidak bisa dikenal karena mereka mengasingkan diri dan menghindari adanya peradaban dan jangkauan pemerintah. Selain itu, suku unik di Sulawesi Selatan berdasarkan cara mengadakan ritual atau upacara adatnya yang tidak ada di suku lainnya.