6 Menu Buka Puasa yang Paling Dicari di Makassar - Bagooli.com
Your Theme License is INVALID or EXPIRED

6 Menu Buka Puasa yang Paling Dicari di Makassar

 
0

Bulan Ramadhan memang bulan yang paling ditunggu-tunggu oleh kaum muslimin. Momen sekali setahun ini selain bisa menjadi ladang pahala juga bisa menjadi momen yang semakin mengeratkan silaturahmi tak hanya pada keluarga, tapi juga pada teman, gebetan dan mantan. #Eeehhh…

Ketika bulan Ramadhan tiba, hal pertama yang patut dilakukan adalah bersyukur kepada Allah karena masih diberi kesempatan bertemu dengan bulan Ramadhan tahun ini. Lalu, momen apa saja sih yang paling dirindukan saat Ramadhan tiba? Pastinya shalat Tarawih yah. Selain itu, momen yang paling dirindukan selanjutnya adalah ngabuburit bareng teman-teman yang sebelumnya telah melalui drama panjang sebelum menentukan tempat berbuka puasa dan pencocokan jadwal.

Nah ngomongin soal buka puasa, banyak orang yang lebih memilih untuk tidak melewatkan momen buka puasa bersama keluarga di seminggu pertama puasa. Di minggu kedua dan minggu-minggu selanjutnya, akan  banyak rencana-rencana buka puasa di luar. Tentunya ada banyak menu yang diincar ketika berbuka puasa. Berikut adalah menu buka puasa yang paling dicari oleh warga Makassar dan sekitarnya ketika waktu berbuka puasa tiba.

1. Es Buah

Es Buah - bagooli.com
Sumber: ramesia.com

Buka puasa di mana pun apalagi bila ada undangan buka puasa bersama, pastinya menu yang satu ini akan selalu ada. Yuuppzz… Es buah memang salah satu menu buka puasa yang paling dicari. Menu Es Buah sendiri memiliki beragam variasi rasa,  mulai dari Es Buah rasa Melon, Leci, Mangga, Sirsak, Markisa, dan masih banyak lagi. Namun es buah di Makassar biasanya lebih ke rasa yang tidak memihak pada spesifik suatu buah. Nah bingung kan? Jadi, Es buah di Makassar biasanya akan dibuat dengan campuran buah-buahan dan ditambahkan dengan sirup DHT.

Bila biasanya Es Buah akan dibuat dengan rasa tertentu, misalnya Es Buah rasa Melon, maka buah Melon dan campuran lainnya akan ditambahkan sirup rasa Melon untuk memperkuat cita rasa Melonnya. Namun di Makassar, Es buah pada umumnya yang banyak di jual di pasaran atau di pinggir jalan adalah yang dibuat dengan campuran buah-buahan seperti Pepaya, Melon, Kelapa muda, Cincau, butiran sagu mutiara, nata de coco, sirup DHT dan susu serta es batu. Entah apakah daerah lain di luar Sulawesi juga beredar sirup DHT, namun di wilayah Makassar dan sekitarnya, Sirup yang satu ini sangat familiar.

2. Es Teler

Es Teler - bagooli.com
Sumber: Tribunnews.com

Selain Es Buah, menu buka puasa lainnya yang paling difavoritkan oleh orang Makassar adalah Es Teler. Di luar Sulawesi, Es Teler ini kadang disebut sebagai Kocktail buah khas Indonesia.

Pada dasarnya, Es Teler terdiri atas campuran potongan pepaya, melon, butiran sagu mutiara, serutan kelapa muda, serta nata de coco. Yang kemudian ditambahkan es batu, susu kental manis dan larutan gula merah serta toping kacang disco.  Selain itu, Es Teler ini biasanya divariasikan dengan menambahkan buah alpukat, durian, tape ketan hitam serta berbagai toping seperti taburan susu bubuk dancow, milo /ovaltine.

3. Es Pisang Ijo

Pisang Ijo - bagooli.com
Sumber: Mediasulsel.com

Siapa orang Makassar yang tak kenal dengan Es Pisang Ijo? Menu yang satu ini memang dikenal berasal dari Makassar. Tak heran bila Es Pisang Ijo banyak dijual di pasar- pasar maupun pinggir jalan saat bulan Ramadhan. Orang luar sulawesi pun bila berkunjung ke Makassar saat bulan Ramadhan akan penasaran dengan menu buka puasa ini.

Es Pisang Ijo sendiri dibuat dari pisang Raja yang dibalut dengan adonan berwarna hijau (adonan diberi kesumba hijau atau air daun pandan untuk memberikan warna hijau pada adonan) yang kemudian dikukus. Pisang ijo yang telah dibuat tadi akan disajikan bersama saus berwarna putih campuran tepung beras, santan, gula dan garam secukupnya. Saus pisang ijo ini memiliki rasa yang gurih, sehingga ketika disantap akan ditambahkan sirup DHT serta es batu untuk memberikan cita rasa yang manis gurih serta segar.

4. Es Cendol

Es Cendol - bagooli.com
Sumber: halhalal.com

Selain beberapa menu di atas, Es Cendol juga menjadi menu buka puasa yang banyak difavoritkan oleh warga Makassar. Es cendol dibuat dari bahan dasar tepung beras yang ditambahkan dengan kesumba hijau atau air perasan daun pandan (untuk mendapatkan cita rasa khas pandan  pada cendol).

Menu buka puasa yang satu ini terkesan simple bila dilihat tampilannya, hanya terdiri dari campuran cendol, santan, gula merah dan es batu. Walau demikian, es cendol juga menjadi primadona di kalangan pencintanya.

Sekali lagi, inovasi memang akan terus bermunculan, termasuk pada Es cendol. Selain kesan simple yang di tawarkan di atas, ternyata banyak juga penjual yang berinovasi pada Es Cendol. Untuk memberikan cita rasa yang bervariasi namun tetap tidak meninggalkan rasa asli cendol, kadang penjual es Cendol menambahkan tape ketan hitam, potongan nangka, cincau, dan masih banyak lagi.

5. Jalangkote, dkk

Jalangkote - bagooli.com
Sumber: dailywuz.com

Selain berbuka dengan yang manis-manis, berbuka dengan yang gurih-gurih juga selalu oke. Menu buka puasa selanjutnya yang paling dicari adalah Gorengan sejenis Jalangkote, Bakwan, Lumpia, Risoles, Kroket, dan lainnya. Tak heran bila di pasar-pasar maupun di pinggir jalan banyak terdapat penjual gorengan. Apalagi bila para pemburu gorengan ini telah menemukan langganan yang pas, maka mereka rela mengantri lama demi mendapatkan gorengan yang diinginkannya.

Bila dahulu isi dari gorengan seperti jalangkote hanya itu-itu saja (mie/bihun/tauge, kentang dan wortel), maka saat ini para penjual jalangkote lebih berinovasi dengan memberikan variasi sebagai isi seperti menambahkan potongan telur, daging, keju, dan sebagainya. Ini untuk memberikan cita rasa baru pada jalangkote yang dijual agar pelanggan tidak bosan dengan rasa jalangkote yang itu-itu saja. Selain berinovasi pada isi jalangkote, para penjual juga banyak yang berinovasi pada ukuran jalangkote hingga ada yang membuat jalangkote sebesar ukuran setengah piring yang biasanya dipakai untuk makan.

6. Es Kepal Milo

Es Kepal Milo - bagooli.com
Sumber : orami.co.id

Menu yang satu ini tergolong masih sangat baru di Wilayah Makassar dan sekitarnya. Namun demikian, Es Kepal Milo bisa dikatakan telah menjadi primadona masa kini. Selain karena memang rasanya yang menggoda, ternyata banyak yang membeli es Kepal Milo ini karena penasaran dengan rasanya sehingga rela mengantri lama untuk mendapatkannya.

Es Milo Kepal sendiri dibuat dengan campuran milo bubuk dengan susu kental manis putih / coklat kemudian ditambah air panas sedikit dan diaduk hingga mengental. Nah, inilah yang disiramkan / dilumuri pada serutan es yang telah ditumpuk menggumpal dalam wadah yang kemidan ditambahkan toping seperti choco crunch, coklat, dll.

Itulah beberapa menu yang paling dicari ketika waktu berbuka puasa tiba. Kalau Kamu sendiri, menu apa yang paling Kamu incar sebagai menu berbuka puasa? Apakah sama dengan yang di atas atau ada menu lain? Komen di bawah yah…

Personal Blog: www.ilayahya.com || Instagram: @ilayahya_ || Facebook : Ila Yahya || Youtube: ILA YAHYA || Twitter: @ilayahya_