Your Theme License is INVALID or EXPIRED

8 Objek Wisata Kabupaten Luwu Timur yang Bisa Kamu Kunjungi

 
0

Luwu Timur adalah salah satu kabupaten yang ada di Sulawesi Selatan yang berdiri pada Mei 2003. Yuppzzz bisa dibilang Kabupaten ini masih sangat baru. Namun demikian, kabupaten ini sangat berkembang pesat.

Prioritas pembangunan pada kabupaten ini berfokus pada sektor pendidikan, pertanian, kesehatan, dan infrastruktur. Selain itu, pemerintah luwu timur juga sangat memperhatikan sektor pariwisatanya.

Berbicara mengenai sektor pariwisata, di Luwu Timur sendiri terdapat banyak destinasi wisata yang bisa dikunjungi. Mulai dari agro wisata, wisata bahari, hingga wisata air terjun. Lalu, apa saja sih destinasi wisata yang ada di Luwu Timur? Yuk, simak ulasannya di bawah ini

1. Danau Matano

Salah satu destinasi wisata yang terkenal dari Luwu Timur adalah Danau Matano ini. Bagaimana tidak, danau yang menyuguhkan keindahan sejauh mata memandang ini merupakan Danau terdalam se-Asia Tenggara.

Danau Matano merupakan danau tektonik yang luasnya mencapai 8.218,21 Ha dengan kedalaman mencapai 550 meter. Sejauh mata memandang, Kamu akan melihat hamparan danau yang indah. Selain itu, di tempat ini juga terdapat dermaga sehingga untuk berfoto lebih dekat dengan alam dapat diwujudkan dari dermaga ini.

Tak hanya itu, danau ini juga biasa dijadikan sebagai tempat untuk diving bagi mereka yang menyukai panorama bawah laut. Ketika menyelam di tempat ini, Kamu pasti akan senantiasa merindukan tempat ini.

2. Air Terjun Salunua

Salah satu air terjun yang terkenal di Luwu Timur adalah Air Terjun Salunua, tepatnya berada sekitar 70 Km dari Kota Malili yang berada di kecamatan Mangkutana. Air terjun ini memiliki debit air yang cukup deras. Letaknya yang berada di pinggir jalan membuat pengendara yang melintas biasanya singgah untuk melepas lelah.

3. Air Terjun Mata Buntu

Selanjutnya, Luwu Timur juga terkenal dengan Air Terju Mata Buntunya. Air terjun ini berada di desa Ledu-ledu Kecamatan Wasuponda.

Air Terjun Mata Buntu berada di kawasan hutan Asri. Sehingga ketika berada di tempat ini, Kamu akan merasa tenang dan nyaman. Untuk mencapai air terjun ini, Kamu harus menaiki kurang lebih 100 anak tangga. Capek? pastinya. Tapi rasa lelah itu akan terbayar ketika sampai di tujuan.

Selain terdadpat panorama yang indah, di sekitar air terjun ini juga terdapat gazebo yang bisa ditempati untuk beristirahat.

4. Pantai Lemo

Pantai ini terletak di desa Mabonta Kecamatan Burau, Luwu Timur. Di sepanjang pantai banyak ditumbuhi pohon kelapa yang menambah daya tarik dari wisata Pantai Lemo ini. Panoramanya yang indah membuat pengunjung betah berlama-lama di sini.

Untuk fasilitas, di Pantai Lemo terdapat sarana dan prasarana yang menunjang seperti warung makan, gazebo, toilet umum, serta dermaga. Ketika berkunjung ke pantai ini, hal yang paling tidak boleh dilewatkan adalah berfoto. Karena panorama di tempat ini sangat indah.

5. Air Terjun Atue

Sekitar 8 Km arah barat daya dari kota Malili, terdapat Air terjun yang indah, yaitu Air Terjun Atue. Tak hanya disuguhi dengan panorama yang indah, di tempat ini juga dapat dijumpai beberapa artefak jejak keberadaan Legenda Mitikal Sawerigading. Di tempat ini pun dapat dijumpai beberapa situs yang dikeramatkan oleh masyarakat setempat.

6. Danau Towuti

Lokasi wisata yang tak kalah populer di Luwu Timur adalah Danau Towuti. Apa yang spesial dari Danau Towuti ini? Selain memberikan panorama yang sangat indah, di tengah danau ini terdapat 3 pulau yang menawan, yaitu Pulau Loeha, Pulau Bolong dan pulau kembar.

Selain itu, Danau Towuti ini tercatat sebagai danau air tawar terluas kedua setelah danau Toba. Danau ini merupakan danau tektonik yang masih terjaga kelestariannya. Terlihat dari kejernihan airnya yang sangat mengesankan.

7. Bukit Agro Tabarano

Destinasi wisata yang satu ini berada di Desa Tabarano Kecamatan Wasuponda. Untuk berkunjung ke tempat ini tak begitu sulit karena letaknya yang berada di dekat jalan poros Wasuponda.

Di tempat ini pengunjung bisa melakukan camping dengan kapasitas tampung 5 sampai 10 tenda. Selain itu, di sekitarnya terdapat villa yang bisa disewa apabila ingin lebih lama berada di tempat ini.

Tak hanya itu, pengunjung akan dimanjakan dengan adanya lahan penanaman sayur seperti selada, kacang panjang, tomat, dan masih banyak lagi. Dan yang terpenting, ada banyak spot foto keren di tempat ini.

8. Pulau Bulu Polo’e

Berkunjung ke Luwu Timur, tak afdol rasanya bila tidak mengunjungi pulau Bulu Polo’e. Letaknya berada di desa Harapan, kecamatan Malili. Bagi yang hobi menyelam, akan sangat menyukai tempat ini. Selain menyuguhkan pesona bawah laut, hamparan pasir putih juga menambah daya tarik destinasi wisata yang satu ini.

Gimana? Sudah tau kan destinasi wisata yang bisa Kamu kunjungi ketika berada di Luwu Timur? Yuk, Ke Luwu Timur, dan kunjungi destinasi wisatanya 😉

 

Personal Blog: www.ilayahya.com || Instagram: @ilayahya_ || Facebook : Ila Yahya || Youtube: ILA YAHYA || Twitter: @ilayahya_