Your Theme License is INVALID or EXPIRED

Oleh-Oleh Khas Makassar yang Wajib Kamu bawa Pulang

 
0

Ketika mengunjungi suatu daerah, hal yang paling tidak boleh dilewatkan adalah berfoto di tempat-tempat yang instagramable. Selain itu, berburu oleh-oleh untuk dibawa pulang juga menjadi hal yang wajib. Apalagi bila mengunjungi Kota Makassar, Kota yang identik dengan keramahan warganya, tak afdol rasanya bila tidak membeli berbagai oleh-oleh khas Makassar.

Yupz.. Selain berburu kuliner dan mengunjungi tempat-tempat wisata yang ada di Makassar, berburu oleh-oleh juga menjadi hal yang wajib. Oleh-oleh khas Makassar ini bisa berupa makanan, minuman, maupun benda-benda unik seperti miniatur phinisi, dan masih banyak lagi.

Lalu, apa saja sih oleh-oleh khas Makassar yang wajib dibawa pulang dan belinya di mana? Yuk, simak pemaparan di bawah ini.

Sirup Markisa

SIRUP MARKISA
Sumber: antararafoto.com

Di luar Sulawesi, sirup Markisa identik dengan Kota Medan. Tapi, bila Kamu mengunjungi Makassar, Sirup Markisa adalah oleh-oleh yang wajib Kamu bawa pulang. Rasa markisa yang khas membuat Sirup Markisa dari Kota makassar banyak dijadikan oleh-oleh bagi yang hendak membeli oleh-oleh.

Sirup Markisa ini bisa dibeli di Jl. Somba Opu Makassar atau bisa juga dibeli di Swalayan yang ada di Kota Makassar. Untuk kisaran harga, Sebotol Sirup Markisa ini memiliki kisaran harga di atas 40K, tergantung merk dan ukuran botolnya.

Sirup DHT

sirup-dht
Sumber: makassar terkini

Selain Sirup markisa, ada satu Sirup lagi yang sangat identik dengan oleh-oleh khas Makassar. Yah, Sirup DHT namanya. Sirup ini paling laku di pasaran ketika bulan Ramadhan tiba. Sirup ini memang banyak peminatnya. Apalagi sebagai pelengkap menu berbuka puasa.

Sirup ini diproduksi oleh PT. DHT yang memiliki rasa seperti Pisang Ambon. Bila Kamu sering makan Es Pisang Ijo, Kamu akan menemukan siraman sirup DHT sebagai pelengkap menu Es Pisang Ijo.

Untuk kisaran harga, beragam. Tapi Harga sirup DHT ini sangat terjangkau, berada pada kisaran belasan ribu hingga puluhan ribu (tergantung besar kecil botolnya). Bisa didapatkan di swalayan maupun toko yang menyediakan oleh-oleh khas Makassar.

Kopi Toraja

Kopi Toraja khas makassar
Sumber: Prima Travelindo

Kualitas Kopi Toraja memang tak diragukan lagi. Sampai-sampai salah satu brand kopi Instan di Indonesia membuat seri kopi instan dari Kopi Toraja.

Buat Kamu yang pecinta kopi, pasti tak akan melewatkan untuk membawa pulang oleh-oleh khas makassar yang satu ini. Cita rasa yang khas, membuat Kopi Toraja berbeda dari kopi lainnya.

Untuk harga, Kopi Toraja ini berada pada kisaran harga di atas 100K. Tapi ada juga di bawah 100K, tergantung ukuran kemasannya. Sama dengan oleh-oleh khas Makassar lainnya, Kopi Toraja ini bisa didapatkan di Swalayan maupun toko oleh-oleh khas Makassar di Jl. Somba Opu.

Minyak Tawon

Minyak-Tawon-Asli
Sumber : Kabar Makassar

Satu lagi yang sayang banget bila dilewatkan. Minyak gosok yang satu ini wajib banget dijadikan oleh-oleh bila berkunjung ke Makassar. Selain memiliki khasiat mengobati badan yang pegal-pegal, minyak gosok cap tawon ini juga cocok dijadikan sebagai minyak untuk pemijatan / urut.

Minyak gosok khas Makassar ini tersedia dalam berbagai ukuran. untuk kemasan yang paling kecil, harganya di bawah 50K. Untuk ukuran yang paling besar seharga ratusan ribu rupiah.

Kacang Telur & Kacang Disco

Kacang Telur dan Kacang Disco

Cemilan khas Makassar ini juga paling dicari oleh mereka yang berkunjung ke Makassar. Kacang Telur yang berwarna putih sama enaknya dengan Kacang Disco yang memiliki tekstur lebih kasar dan berwarna coklat menggoda. Rasanya yang gurih dan renyah selalu dirindukan oleh penggemarnya yang berkunjung ke Makassar.

Kacang Telur dan Kacang Disco khas Makassar ini bisa didapatkan di swalayan yang ada di Makassar. Atau bisa juga dibeli di Jl. Somba Upo (pusat oleh-oleh khas Makassar) dan Jl. Sulawesi. Kamu bisa menemukan beragam merk kacang telur dan kacang disco khas Makassar.

Harganya pun beragam. Mulai dari belasan ribu hingga puluhan ribu rupiah. Tergantung merk dan besar kecilnya kemasan.

Miniatur Phinisi / Becak

Selain makanan dan minyak gosok, Kamu juga bisa membeli miniatur khas Sulawesi Selatan untuk dijadikan oleh-oleh ketika mengunjungi Makassar. Miniatur ini bisa berupa perahu phinisi yang berada di dalam botol kaca maupun miniatur becak sebagai alat transportasi tradisional Makassar.

Selain 2 miniatur tersebut, Kamu juga bisa membeli kupu-kupu yang telah diawetkan dalam bingkai sebagai pajangan rumah. Kamu bisa mendapatkan miniatur-miniatur ini di Jl. Somba Opu dengan harga yang beragam.

Jalangkote

 

Nah, ini paling tidak boleh dilewatkan, Jalangkote. Selain dijadikan sebagai oleh-oleh, Jalangkote juga bisa dijadikan sebagai bekal selama di perjalanan. Harga jalangkote ini juga beragam , mulai dari seribu rupiah hingga lima ribu rupiah.

——-

Itulah tadi beberapa oleh-oleh khas Makassar yang bisa Kamu bawa pulang ketika mengunjungi Kota Makassar. Karena tak bisa dipungkiri, Kota Makassar selain dikenal sebagai surganya kuliner dan destinasi Wisata, Kota Makassar juga kaya akan souvenir maupun cemilan khas yang beragam.

Oleh-oleh khas Makassar bisa didapatkan di swalayan ataupun toko-toko yang khusus menyediakan oleh-oleh ataupun souvenir khas Makassar, Jl. Somba Opu dan Jl. Sulawesi. Kamu bisa mendapatkan apapun yang Kamu cari dengan harga yang beragam.

Yuk berkunjung ke Kota Makassar dan manjakan dirimu dengan berbagai destinasi wisata, kuliner dan oleh-oleh khas Makassar.

Personal Blog: www.ilayahya.com || Instagram: @ilayahya_ || Facebook : Ila Yahya || Youtube: ILA YAHYA || Twitter: @ilayahya_