Panorama Alam Keindahan Pantai Puntondo Menjadi Primadona Wisata Takalar

 
0

Sulawesi selatan terkenal sebagai suatu Provinsi yang sangat kaya akan sumber daya alam. Kekayaan tersebut terbukti dengan banyaknya objek wisata alam mulai yang tersentuh oleh kalangan Touristy dan traveller maupun yang tidak. Salah satu destinasi tercantik Sulawesi Selatan adalah  Pantai Puntondo yang akan memanjakan mata pengunjung. Pantai Puntondo memiliki areal lahan seluas 5 hektar di Tanjung Puntondo Teluk Laikang, tepatnya berada di Desa Laikang, Kecamatan Mangarabombang Kabupaten Takalar melewati kabupaten Gowa ketika pengunjung datang dari kota Makassar.

Dahulu kala diperkirakan empat ratus tahun yang lalu, Raja Andi Makasaung Daeng Rilangi dari Kerajaan Gowa-Bone melakukan perjalanan ke selatan untuk memperluas kerajaannya. Raja kemudian berhenti di sebuah tempat untuk melepas rasa lelah. Tempat berteduh tersebut dinamai  “Pallaikang” yang berarti tempat istirahat. Tempat ini kemudian menjadi Desa Laikang. Raja kemudian berjalan-jalan di sekitar pesisir dan melihat tanjung kecil yang disinggahi banyak burung. Raja kemudian menamakannya “Pulau Kondo” yang berarti pulau burung (Banyak Burung Bangao). Dusun ini memiliki populasi kira-kira 900 jiwa dan sebagian besar bertempat tinggal di rumah panggung. Penghasilan utama mereka berasal dari pertanian rumput laut dan perikanan. Masyarakat setempat sangat terkenal dengan  Produksi Rumput laut dan hampir seluruh penduduknya terlibat di industri ini. Musim terbaik dalam mengembangbiakkan rumput laut pada musim hujan (perkiraan dari bulan November hingga Maret) diyakini pada saat musim hujan perpaduan daya serap air hujan dan air asin memiliki kualitas yang baik.

Masyarakat Puntondo hidup damai di desa pesisir yang terpencil dan masih kental arti kemanusiaan dalam melakukan aktivitas mereka dengan bergotong royong serta menikmati hasil dari laut yang berlimpah. Di tanjung ini sangat kaya akan ekosistem laut. Kita dapat menemukan mangrove, lamun, dan terumbu karang sekaligus. Akibat kerusakan lingkungan yang terjadi di sepanjang pesisir Pantai Laikang serta terancamnya vegetasi pesisir laut dan ekosistem laut seperti hutan bakau dari penebangan liar, pencurian terumbu karang dan pengrusakan terumbu karang yang berada di Teluk Laikang akibat penggunaan bom saat pencarian ikan dan penyebab lainnya menggugah rasa kepeduliaan masyarakat untuk menjadikan Pulau Kondo atau yang akrab di telinga “Pantai Puntondo” sebagai Pusat Pendidikan Lingkungan Hidup (PPLH) yang diawali peletakan batu pertama pembangunan kawasan pada 18 Agustus tahun 1998.

PPLH Puntondo

Merupakan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang mandiri, independen dan dijalankan secara profesional. PPLH Puntondo berada di bawah naungan Yayasan Pendidikan Lingkungan Hidup Puntondo (YPLHP) dan mulai diresmikan seluruh rangkaian kegiatan yang dilakukan secara resmi pada 15 Oktober tahun 2001 yang diprakarsai kebanyakan dari Mahasiswa. Bangunan yang berada dalam Lahan PPLH Puntondo sangat kental nuansa tradisional yang menarik di pandang mata dan menyegarkan jiwa.

Seluruh program, kegiatan serta fasilitas yang ada di PPLH Puntondo saling terintegrasi dalam proses pendidikan yang bertaraf lingkungan hidup. Visi yang diharapkan adalah untuk menunjukkan bagaimana masyarakat dapat hidup bersama dan bersahabat akrab dengan alam, dengan berbagai cara-cara yang sederhana, menggunakan  fasilitas alami yang disediakan alam serta menjaga dan tetap melestarikan keberlangsungan flora dan fauna di masa depan.

Metode Pembelajaran  yang terbuka (Go Green), santai tapi serius  dilaksanakan secara langsung dengan berbagai hal yang berhubungan langsung ke  lingkungan hidup. Program yang ditawarkan merupakan perpaduan antara belajar lingkungan hidup sekaligus menikmati keindahan ekowisata di Teluk Laikang. Berbagai keindahan panorama alam di “PUNTONDO”yang dapat kita lihat secara langsung yaitu :

1. Pasir Putih 

Pantai Puntondo
Doc. Pribadi

Puntodo telah terbukti menjadi destinasi berkualitas dan bermutu bukan hanya terlihat dari hamparan laut yang dipenuhi dengan genangan air yang berwarna biru kehijauan nampak indah dan menyegarkan mata juga terlihat dari pancaran butiran-butiran pasir putih yang halus dan lembut, adanya pepohonan yang rindang akan membuat suasana tidak terasa panas ketika siang hari karena para penelusur dapat berteduh di bawahnya sambil menikmati pemandangan pantai.

2. Tanaman Hias Bougenville

Pantai Puntondo
Doc. Pribadi

Bougenville adalah salah satu tanaman hias popular yang banyak dilestarikan oleh masyarakat Indonesia.Selain dari keindahan pasir putih, laut yang ada di Puntondo tanaman satu ini yang memiliki bentuk pohon yang kecil dan sukar untuk berdiri tegak memancarkan kharismatik tersendiri yang menjadikan lingkungan area puntondo semakin cantik. Keindahan dari kolaborasi warna selubung bunga yang cerah dan daun yang hijau segarmenjadikan salah satu kunci alasan pengunjung wajib mengambil gambar dan berpose sedemikian rupa.

3. Kayu Hitam yang Seragam

Pantai Puntondo
Doc. Pribadi

Koridor jalanan antara rumah penginapan dengan pondok-pondok rumah bersinggah lainnya yang berada dalam lokasi Puntondo terbuat dari kayu hitam yang unik dan masih sangat kental akan tradisional yang dimilikinya. Kayu hitam yang kokoh dan kuat serta tertata rapi dengan bentuk-bentuk pahatan yang tak lepas dari nilai estetika yang tinggi.

4. Rumah Panggung 

Pantai Puntondo
Doc. Pribadi

Rumah penginapan yang ada di Puntondo didesain seperti Rumah adat Sulawesi Selatan yang mencirikan sebagai nawacita budaya yang masih kental diyakini oleh masyarakat dan suku Makassar.Selain jalanan yang menggunakan kayu Rumah atau Pondok yang ada di sana juga terbuat dari kayu.Atap rumah ini masih menggunakan bahan dari alam yang dikreasikan menjadi sebuah atap yang identik dengan tradisional leluhur Sulawesi selatan.

5. Lokasi Prawedding Yang Cantik

Pantai Puntondo
Doc. Pribadi

Pantai Puntondo juga termasuk salah satu lokasi yang banyak dipilih oleh pengunjung untuk mengambil gambar sebagai salah satu kegiatan sebelum memasuki masa  pernikahan yaitu “ Foto Prawedding” yang artinya mengambil sebuah foto di suatu lokasi dengan konsep dan pakaian tertentu, kemudian hasil foto tersebut dipajang pada acara resepsi, pada cetakan undangan, atau bahkan dapat diselipkan di souvenir pernikahan masyarakat tersebut.  Rumah adat panggung dengan tangga yang unik menjadi daya tarik tersendiri untuk berpose di tempat tersebut.

6. Family Holiday

Pantai Puntondo
Doc. Pribadi

Di atas disebutkan bahwa Puntondo ini merupakan sebuah alternative yang tepat untuk melakukan foto Prawedding, namun selain dari itu juga ternyata tempat ini sangat sesuai untuk menghabiskan waktu santai bersama keluarga  tercinta karena betapa banyaknya tempat-tempat yang bisa dijadikan sebagai wadah pembelajaran juga sebagai lokasi strategis dalam memperkenalkan kepada keluarga akan pentingnya menjaga dan melestarikan lingkungan sumber daya alam yang ada terutama di Kabupaten takalar ini.

7. Rumah Perpustakaan 

Pantai Puntondo
Doc. Pribadi

Rumah Perpustakaan berada pas di depan jalur masuk registrasi untuk para pengunjung pantai  PPLH Puntondo ini. Gedung Perpustakaan ini  juga bernuansa konvensional yang mencirikan sebuah adat budaya leluhur masyarakat provinsi Sulawesi selatan. Desain interior yang elegan memanjakan mata dan menggerakkan jiwa untuk masuk ke dalam sambil membaca sejarah dan budaya yang terdapat di dalam perpustakaan tersebut. Di dalam perpustakaan terdapat banyak buku-buku yang masih membahas berbagai model-model sejarah dan peningkatan mutu kualitas para pelajar dan masyarakat.Selain dari itu juga ditemukan berbagai buku-buku bacaan untuk anak sekolah dini yang terkait dengan lingkungan, kesehatan dan menjadi anak yang bermoral baik.

8. Ruang Seminar 

Pantai Puntondo
Doc. Pribadi

Selain rumah peginapan dan ruang perpustakaan yang tidak kalah menarik adalah ruang seminar.Lokasi ruang seminar berada di samping kanan ruang perpustakaan. Tempat seminar ini berbeda dengan tempat seminar yang biasa dilihat oleh panca indera penglihatan manusia “mata” karena ruang seminar yang ada di Puntondo lebih terlihat alami dan hemat bangunan. Hanya berdinding kayu dan memilih gaya terbuka “Outdoor” memberikan kesejukan yang tak terbatas, di samping itu banyaknya tanaman-tanaman bunga hias di sekeliling rumah tersebut yang menjadikan kaya akan karbon dioksida sehingga para pengunjung akan merasa segar dan tenang berada di dalamnya.

9. Keindahan Bangunan dan Kreativitas Masyarakat 

Pantai Puntondo
Doc. Pribadi

Perpaduan antara bangunan rumah dan hasil karya pengunjung yang hadir di lokasi ini tak kalah memperindah wisata Puntondo.Para pegunjung yang hadir dapat memberikan sebuah sumbangsi nyata dalam memajukan dan mengembangkan lingkungan puntondo dengan hasil karya mereka.Seperti yang di gambar adanya tempat sampah yang membedakan antara sampah organic dan nonorganic. Tujuannya agar tidak terjadi pencemaran dampak buruk dari macam- macam sampah tersebut ketika digabungkan dalam wadah yang sama akan mempersulit proses pengangkutan ke lokasi pembuangan sampah umum dan juga dapat menyebabkan kontaminasi penyebab penyakit antara agen-agen berbahaya dari sampah tersebut. Selain itu juga Puntondo akan tetap bersih dan lestari tanpa sampah. Bahan wadah tempat sampah yang digunakan terbuat dari bahan-bahan yang hemat polusi, pengeluaran dana karena memanfaatkan barang-barang lama yang dapat dialihfungsikan dan didaur ulang menjadi sebuah produk yang baru dan bermanfaat.

10. Pohon tanpa Daun 

Pantai Puntondo
Doc. Pribadi

Adanya pohon tanpa daun menjadi keunikan tersendiri di antara pohon-pohon yang berdiri tegak disampingnya. Sebenarnya pohon ini memiliki daun namun dalam musim tertentu daun akan berguguran sehingga biasa dikenal sebagai pohon tanpa daun. Pancaran langit-langit bumi yang biru dan awan yang putih dari berbagai arah menjadikan keindahan dari pantai puntodo semakin terlihat.

11. Restoran 

Pantai Puntondo
Doc. Pribadi

Puntondo juga memiliki restoran yang cantik  terbuat dari kayu disekelilingi dengan pohon yang hijau dan bagian selatan terdapat pantai puntondo yang ketika merebahkan badan dengan duduk santai sejenak sambil menyantap hidangan yang disediakan menjadi gaya para pengunjung yang hadir. Para pelayan di restoran ini juga terkenal ramah dan santun sehingga pengunjung semakin beta bersantai lama-lama.

12. Menu Minuman dari Agar

Pantai Puntondo
Doc. Pribadi

Ada yang berbeda dari yang lain di dalam menu  daftarmakanan dan minuman di restoran puntondo yaitu menu minuman dari Agar. Jika dilihat dari warna minuman tersebut mungkin  terkadang spontanitas pengunjung berfikir bahwasanya minuman tersebut adalah sirup DHT atau sirup Marjan dll, karena rasanya hampir sama dengan sirup-sirup tersebut namun kenyataannya minuman tersebut adalah Agar yang telah dikelola oleh masyarakat setempat dan merupakan sebuah ciri khas dari restoran ini. Rasa dari sirup ini luar biasa enak dan memberikan kenikmatan dan kesegaran yang dasyhat.Jika ingin merasakan betapa nikmat dan segarnya minuman ini segera ke lokasi tersebut.

 

Itulah beberapa alasan mengapa puntondo menjadi primadona tempat wisata yang ada di Kabupaten Takalar ini.Manjakan mata dan jiwa dengan berkunjung ke lokasi tersebut juga menjadikan diri lebih dekat dengan alam.

Penulis, Peneliti, Pengajar, volunteer, suka tantangan dan petualang.