Your Theme License is INVALID or EXPIRED

Inilah 14 Penghargaan yang Telah Diraih Pemerintah Kota Makassar di Tahun 2018

 
0

Sebagai ibu kota Sulawesi Selatan, sudah sepatutnya Kota Makassar memberikan contoh yang baik agar dapat menjadi teladan bagi daerah lain. Contoh yang baik ini dapat berupa pelayanan publik yang diberikan pemerintah pada masyarakatnya, maupun hal-hal lainnya. Dan tentunya, ini dibuktikan dengan seberapa banyak penghargaan yang telah diterima. Yupz, penghargaan Kota Makassar yang telah diraih selama ini sudah seberapa banyak.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa Kota Makassar telah banyak meraih penghargaan dalam beberapa tahun terakhir ini, terkhusus di bidang pelayanan publik. Lalu, apa saja sih penghargaan Kota Makassar yang telah diraih di tahun 2018 ini? Yuk, simak beberapa pernghargaannya di bawah ini:

1. Penghargaan Role Model Penyelenggara Pelayanan Publik Kategori ‘Sangat Baik’

PENGHARGAAN ROLE MODEL PENYELENGGARA PELAYANAN PUBLIK KATEGORI “SANGAT BAIK”
Sumber: makassar.go.id

Penghargaan ini diselenggarakan oleh Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia [PANR-RB RI]. Penyerahan penghargaan ini diberikan di Jakarta pada 24 Januari 2018 dan diterima langsung oleh wali kota Makassar.

Untuk penghargaan Role Model Penyelenggara Pelayanan publik ini diberikan kepada Pemerintah Kota Makassar dalam 3 bidang. Yang pertama diberikan kepada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Makassar. Kemudian diberikan pula kepada Rumah Sakit Umum Daerah Kota Makassar. Yang terakhir, penghargaan ini juga diraih oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Makassar. Dan semua penghargaan ini diterima dengan predikat ‘Sangat Baik’. Wow!!

Ini tentunya adalah sebuah kebanggaan tersendiri untuk pemerintah Kota Makassar yang telah meraih 3 penghargaan ini sekaligus dengan predikat sangat baik.

2. Penghargaan Sebagai Pembina Pelayanan Publik Kategori ‘Sangat Baik’

PENGHARGAAN SEBAGAI PEMBINA PELAYANAN PUBLIK KATEGORI SANGAT BAIK
Sumber: makassar.go.id

Penghargaan kota Makassar selanjutnya adalah penghargaan sebagai pembina pelayanan publik kategori sangat baik. Dan ini diberikan kepada Wali kota Makassar pada 24 Januari 2018.

Sama seperti penghargaan sebelumnya, penghargaan ini juga diberikan oleh Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia [PANR-RB RI] kepada pemerintah kota Makassar.

3. Nilai B atas Hasil Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah Tahun 2017

NILAI B ATAS HASIL EVALUASI AKUNTABILITAS KINERJA INSTANSI PEMERINTAH TAHUN 2017
Sumber : makassar.go.id

Penyerahan penghargaan ini diselenggarakan di Yogyakarta pada 13 Februari 2018. Pemerintah Kota Makassar meraih nilai B atas Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah tahun 2017.

Apa yang diraih kota Makassar ini merupakan nilai tertinggi se Sulawesi Selatan, yaitu di antara seluruh kabupaten dan kota yang ada di privinsi Sulawesi Selatan.

4. Juara 1 Kategori Lomba Survivol Pada Skill Competition

JUARA I KATEGORI LOMBA SURVIVOL PADA SKILL COMPETITION
Sumber: makassar.go.id

Penghargaan kota Makassar lainnya datang dari Dinas Damkar Kota Makassar. Yupz, mereka kembali mengharumkan nama Kota Makassar selama 3 tahun berturut-turut dalam Lomba Survivol Pada Skill Competition yang diadakan di Ambon. Yang mana kompetisi ini mempertemukan Damkar Se-Indonesia.

Bukan hal yang mudah memenangkan kompetisi ini selama 3 tahun berturut-turut. Yang pasti, ini akan menjadi motivasi bagi Damkar Kota Makassar agar tetap mempertahankan gelar juara 1-nya di kompetisi berikutnya.

5. Open Government Leadership Award

OPEN GOVERNMENT LEADERSHIP AWARD
Sumber: makassar.go.id

Untuk yang kedua kalinya, walikota Makassar, Bpk Danny Pomanto berhasil meraih Open Government Leadership Award dari pemerintah Singapura. Penyerahan penghargaan ini dilaksanakan di Jakarta pada 22 Maret 2018 yang lalu.

6. SYL Award Kategori Kemitraan Media Terbaik 2018

SYL AWARD KATEGORI KEMITRAAN MEDIA TERBAIK 2018
Sumber: makassar.go.id

Kota Makassar juga meraih SYL Award dengan kategori Kemitraan Media Terbaik 2018. Penyerahan penghargaan oleh pemerintah Sulawesi Selatan ini diselenggarakan di Phinisi Pont Mall pada malam penganugerahan SYL Award Humas SulSel Expo pada 24 Maret 2018.

7. Indonesia Visioner Leader Award 2018 Dari Koran Sindo dan sindonews.com

INDONESIA VISIONER LEADER AWARD 2018 DARI KORAN SINDO DAN SINDONEWS.COM
Sumber; makassar.go.id

Melalui Event The Power of Collaboration yang diadakan di Hotel  The Westin Jakarta pada 27 Maret 2018 yang lalu, Wali Kota Makassar menerima penghargaan Indonesia Visioner Leader (IVL) Award 2018 dari Koran SINDO dan sindonews.com.

Wali kota Makassar Bapak Danny Pomanto merupakan salah satu dari 12 kepala daerah di Indonesia yang memiliki visi pemerintahan terbaik. Melalui penghargaan ini, semakin memperlihatkan bahwa Kota Makassar memang layak dijadikan sebagai teladan bagi daerah lainnya di Sulawesi Selatan.

8. Terbaik Pertama Penghargaan Perencanaan Pembangunan Daerah Kategori Kota Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan

TERBAIK PERTAMA PENGHARGAAN PERENCANAAN PEMBANGUNAN DAERAH KATEGORI KOTA
Sumber: makassar.go.id

Penghargaan Kota Makassar selanjutnya adalah dalam hal Perencanaan Pembangunan Daerah Kategori Kota Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan. Kota Makassar berhasil meraih juara Terbaik Pertama. Wow!!

Penyerahan penghargaan diselenggarakan di Grand Clarion Hotel dalam kegiatan Musrenbang Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan pada 28 Maret 2018.

9. Publik Relation Indonesia Award 2018 Kategori Terpopuler Di Media, Sub Kategori Kota

PUBLIK RELATION INDONESIA AWARD 2018 KATEGORI TERPOPULER DI MEDIA, SUB KATEGORI KOTA
Sumber: makassar.go.id

Selanjutnya, pada 29 Maret 2018 yang lalu, berlokasi di Surabaya, Kota Makassar menerima penghargaan dalam Publik Relation Indonesia Award 2018 Kategori Terpopuler Di Media, Sub Kategori Kota.

10. Compolis Innovative Application Awards 2018

2018 COMPOLIS Innovative Application Awards
Sumber: makassar.go.id

Kota Makassar dikenal sebagai sombere dan smart city. Yang mana pemerintah beserta dukungan dari masyarakat akan terus berinovasi, termasuk dalam hal transportasi. Tahun ini, Kota Makassar beserta 200 kota lainnya yang ada di dunia (yang mengusung konsep smart city seperti kota Makassar) mengikuti kompetisi Compolis Innovative Application Awards 2018.

Dan kabar gembiranya, Kota Makassar berhasil memenangkan The Innovative Application Award Compolis kategori Smart Transportation melalui Pasikola (Petepete Anak Sekolah). Ini sangat membanggakan. Kota Makassar mampu memenangkan salah satu kategori di antara 200 kota kandidat lainnya. Oh iya, The Innovative Application Award Compolis ini diprakarsai oleh Smart City Association.

11. Public Service Of The Year Sulsel 2018

PUBLIC SERVICE OF THE YEAR SULSEL 2018
Sumber: makassar.go.id

Pada 17 April 2018 yang lalu, bertempat di Hotel Clarion, Pemerintah kota Makassar meraih penghargaan Public Service Of The Year Sulsel 2018 dari MarkPlus. Inc. Penghargaan ini diserahkan langsungoleh Bapak Hermawan Kertajaya selaku petinggi perusahaan. MarkplusInc sendiri merupakan perusahaan yang bergerak di bidang konsultan marketing.

Tentunya ini juga menjadi kebanggaan tersendiri bagi pemerintah Kota Makassar yang telah berhasil meraih penghargaan ini.

12. Terbaik Ke-2 Nasional dalam Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (Ekppd) terhadap Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah

TERBAIK KE-2 NASIONAL DALAM EVALUASI KINERJA PENYELENGGARAAN PEMERINTAH DAERAH (EKPPD)
Sumber: makassar.go.id

Dalam Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (Ekppd) terhadap Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah, Kota Makassar meraih peringkat Terbaik ke-2 Nasional. Penyerahan penghargaan ini diserahkan pada malam Apresiasi Kinerja Pemerintah Daerah yang diselenggarakan di Hotel Sultan Jakarta pada 25 April 2018.

13. Most Perform In Smart City Initiative dalam Indonesia Smart Nation Award (Isna) 2018

MOST PERFORM IN SMART CITY INITIATIVE DALAM INDONESIA SMART NATION AWARD (ISNA) 2018
Sumber: makassar.go.id

Selanjutnya, Kota Makassar juga meraih penghargaan Most Perform In Smart City Initiative dalam Indonesia Smart Nation Award (Isna) 2018. Ini diselenggarakan oleh Menteri pariwisata RI yang berlokasi di ICE BSD, Tangerang Selatan pada 3 Mei 2018.

14. Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) pada Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Lhp Atas Lkpd Pemkot Makassar

WAJAR TANPA PENGECUALIAN (WTP) PADA LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH
Sumber: makassar.go.id

Kota Makassar patut berbangga. Untuk yang ketiga kalinya secara berturut-turut sejak tahun 2016, Kota Makassar kembali meraih penghargaan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) pada LHP (Laporan Hasil Pemeriksaan) atas LKPD Pemerintah kota (Pemkot) Makassar. Penyerahan penghargaan ini diselenggarakan di Gedung BPK (Badan Pemeriksa Keuangan) Makasaar pada 28 Mei 2018.

—–

Itulah beberapa penghargaan yang telah diraih pemerintah Kota Makassar di tahun 2018 ini. Semoga kedepannya lebih banyak lagi penghargaan yang diterima oleh Kota Makassar dalam berbagai bidang.

Personal Blog: www.ilayahya.com || Instagram: @ilayahya_ || Facebook : Ila Yahya || Youtube: ILA YAHYA || Twitter: @ilayahya_