Your Theme License is INVALID or EXPIRED

18 Penghargaan Kota Pare-Pare di Tahun 2018

 
0

Di provinsi Sulawesi Selatan hanya ada 3 Kota, selebihnya adalah kabupaten. Tiga kota tersebut adalah Kota Makassar, Kota Palopo dan Kota Pare-Pare. Berbicara mengenai Kota Pare-Pare, Kota ini memiliki luas wilayah 99,33 Km.

Setiap daerah pastinya memiliki keunggulannya masing-masing, begitupun dengan Kota Pare-Pare. Tak heran bila Kota ini telah banyak meraih penghargaan. Lalu, apa saja penghargaan kota Pare-Pare di tahun 2018 ini?

1.Penghargaan Kota Sehat kategori Swasti Saba Wistara

Di tahun 2018, Kota Pare-Pare meraih Penghargaan sebagai Kota Sehat kategori Swasti Saba Wistara atau kelas pengembangan. Penghargaan ini diserahkan oleh Gubernur Sulawesi Selatan Prof. DR. Ir. H. M. Nurdin Adullah, M. Agr kepada Wali Kota Parepare, Dr. H. M. Taufan Pawe pada Peringatan Hari Kesehatan Nasional Tingkat Propinsi Sulawesi Selatan di Rumah Jabatan Gubernur Sulsel pada hari Selasa tanggal 13 November 2018.

2. Penghargaan 100 persen UHC

Selanjutnya, Penghargaan kota Pare-Pare lainnya adalah Penghargaan sebagai Kota dengan penduduk 100 persen UHC tahun 2018. Penghargaan ini diserahkan oleh Gubernur Sulawesi Selatan Prof . DR. Ir. H. M. Nurdin Adullah, M. Agr kepada Wali Kota Parepare, Dr. H. M. Taufan Pawe pada Peringatan Hari Kesehatan Nasional Tingkat Propinsi Sulawesi Selatan di Rumah Jabatan Gubernur Sulsel pada Selasa 13 November 2018.

3.Penghargaan Top 40 Inovasi Pelayanan Publik

Penerimaan Penghargaan Kota Pare-Pare selanjutnya adalah Top 40 Inovasi Pelayanan Publik. Penghargaan ini diserahkan oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, Drs. H. M. Jusuf Kalla kepada Wali Kota Parepare, Dr. H. M. Taufan Pawe di  Convention Center Jakarta pada Rabu 07 November 2018.

4. Penghargaan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM)

Pada kamis 18 Oktober 2018, Kota Pare-Pare meraih penghargaan sanitasi total berbasis masyarakat (STBM) berkelanjutan (Eka Pratama) dari Kementerian Kesehatan RI. Penghargaan  ini diserahkan oleh Menteri Kesehatan Dr. dr. Nila F. Moeloek kepada Wali Kota Parepare, Dr. H. M. Taufan Pawe di Auditorium Siwabessy Gedung Prof Sujudi Kemenkes RI.

5. Penghargaan Kelurahan Terbaik Kedua Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan

Selanjutnya adalah penghargaan kepada Kelurahan Watang Bacukiki sebagai Kelurahan Terbaik Kedua Tingkat Propinsi Sulawesi Selatan. Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Gubernur Sulawesi Selatan, Prof. DR. Nurdin Abdullah kepada Lurah Watang Bacukiki, Supardi yang disaksikan oleh Walikota Parepare, DR. H. M. Taufan Pawe S.H., M.H. di Hotel Four Point Sheraton, Makassar pada hari Kamis 27 September 2018.

6. Penghargaan Top 99 Inovasi Pelayanan Publik 2018

Pada hari Rabu 19 September 2018, Kota Pare-Pare meraih Penghargaan Top 99 Inovasi Pelayanan Publik 2018 Call Centre 112. Penghargaan ini  diserahkan oleh Menteri Pemberdayaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB), Komisaris Jenderal (Pol) Syafruddin kepada Walikota Parepare, DR. H. M. Taufan Pawe S.H., M.H. di Hotel Shangri La Surabaya, Kota Surabaya.

7. Penghargaan Walikota Inovatif kategori Pembangunan Infrastruktur

Selanjutnya adalah penghargaan Walikota Inovatif kategori Pembangunan Infrastruktur. Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Dirjen Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri, DR. Sumarsono MDM kepada Walikota Parepare, DR. H. M. Taufan Pawe S.H., M.H. di Anjungan Pantai Losari Makassar pada Kamis 30 Agustus 2018.

8. Penghargaan BKD Award

Penghargaan Kota Pare-Pare selanjutnya adalah penghargaan BKD Award, diserahkan langsung oleh Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan, DR. Sumarsono MDM kepada Kepala BKPSDMD Kota Parepare, Ir. Laetteng di Makassar pada Senin , 30 Juli 2018.

9. Penghargaan sebagai daerah yang berhasil dalam Kota Layak Anak

Selanjutnya, Kota Pare-Pare meraih penghargaan sebagai daerah yang berhasil dalam Kota Layak Anak Kategori Pratama, diserahkan langsung oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Yembise kepada Penjabat Sekretaris Daerah pada Hari Anak Nasional 2018 di Dyandra Convention Hal, Surabaya pada Senin, 23 Juli 2018.

10. Penghargaan sebagai daerah yang berhasil dalam Pemenuhan Hak Sipil Anak

Kota Pare-Pare juga meraih penghargaan sebagai daerah yang berhasil dalam Pemenuhan Hak Sipil Anak  yang diserahkan langsung oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Yembise kepada Penjabat Sekretaris Daerah pada Hari Anak Nasional 2018 di Dyandra Convention Hal, Surabaya pada Senin , 23 Juli 2018.

11. Penghargaan sebagai daerah yang berhasil dalam Pembinaan Forum Anak Terbaik

Penghargaan kota Pare-pare selanjutnya adalah Penghargaan sebagai daerah yang berhasil dalam Pembinaan Forum Anak Terbaik  yang diserahkan langsung oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Yembise kepada Penjabat Sekretaris Daerah pada Hari Anak Nasional 2018 di Dyandra Convention Hal, Surabaya pada hari Senin 23 Juli 2018.

12. Penghargaan UHC JKN-KIS

Selanjutnya, Kota Pare-Pare juga meraih Penghargaan Universal Health Coverage Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (UHC JKN-KIS). Penghargaan ini diserahkan oleh Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo kepada Penjabat Sekretaris Daerah Kota Parepare, H. Iwan Asaad AP, M.Si di Grand Mercure Kemayoran Jakarta pada Rabu 23 Mei 2018.

13. Penghargaan dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan Republik Indonesia

Kamis, 3 Mei 2018, kota Pare-Pare mendapat penghargaan karena dianggap berprestasi dalam pengelolaan keuangan daerah. Penghargaan ini dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan Republik Indonesia (BPKP-RI) kepada Kantor Perwakilan Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel).

Penghargaan tersebut, diserahkan oleh Sekretaris Utama BPKP Pusat, Dadang Kurnia, kepada Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Pare-Pare Nasarong, dalam acara Sosialisasi dan Seminar Centre of Excelence Oublik Sektor Internal Audit, di Hotel Fairmont Jakarta.

14. Penghargaan Satya Lencana Wira Bhakti

Penghargaan Kota Pare-Pare selanjutnya adalah penghargaan Satya Lencana Wira Bhakti, yang diserahkan oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, Drs. H. M. Jusuf Kalla kepada Walikota Parepare, DR. H. M. Taufan Pawe S.H., M.H. di Jakarta.

Penghargaan ini diberikan kepada Pemerintah Daerah dan Kepala Daerah berkinerja terbaik hasil evaluasi berdasarkan laporan Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (EKPPD) terhadap Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) Pemerintah Kota Parepare tahun 2016.

15. Penghargaan Public Service of The Year Sulsel 2018

Selanjutnya, Kota Pare-Pare meraih Penghargaan Public Service of The Year Sulsel 2018 dari MarkPlus.Inc yang bekerjasama dengan Majalah Marketers. Penghargaan ini diserahkan oleh Founder MarkPlus.Inc Hermawan Kartajaya kepada Kepala Disdukcapil Parepare Amran Ambar di Hotel Clarion, Makassar pada Selasa, 17 April 2018.

16. Penghargaan Opini Wajar Tanpa Pengecualian

Selain itu, Kota Pare-Pare juga meraih penghargaan Opini Wajar Tanpa Pengecualian yang diserahkan oleh Kepala BPK RI Perwakilan Sulawesi Selatan, Drs. Widiyatmantoro, kepada Pjs Walikota Parepare, H. Lutfie Natsir S.H. di Kantor BPK Perwakilan Sulsel pada Jumat, 13 April 2018.

17. Penghargaan Terbaik Ketiga dalam Perencanaan Pembangunan Daerah

Kota Pare-Pare juga meraih penghargaan Terbaik Ketiga dalam Perencanaan Pembangunan Daerah. Penghargaan ini diserahkan oleh Gubernur Sulawesi Selatan terdahulu DR. Syahrul Yasin Limpo, S.H., M.H. kepada Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah Kota Parepare, H. Iwan Asaad AP, M.Si pada Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) RKPD 2019 Tingkat Propinsi Sulsel di Hotel Grand Clarion, Makassar;

18. Penghargaan Syahrul Yasin Limpo Award

Dan yang terakhir, Kota Pare-Pare meraih penghargaan Syahrul Yasin Limpo Award, yang diserahkan oleh Gubernur Sulawesi Selatan terdahulu, DR. Syahrul Yasin Limpo, S.H., M.H. kepada Penjabat Sementara Walikota Parepare, H. Lutfie Natsir S.H. dalam acara Humas Expo Award 2018, Minggu, 25 Maret 2018 di Makassar. Penghargaan ini diberikan atas inovasi yang dilakukan oleh Humas Pemerintah Kota Parepare.

——

Nah, itulah tadi beberapa penghargaan yang telah diraih Kota Pare-Pare di tahun 2018 ini. Semoga kedepannya makin banyak penghargaan yang diraih Kota Pare-Pare.

Personal Blog: www.ilayahya.com || Instagram: @ilayahya_ || Facebook : Ila Yahya || Youtube: ILA YAHYA || Twitter: @ilayahya_