5 Pulau Terindah dan Memukau di Kota Daeng

 
0

Kota daeng atau biasa disebut dengan Makassar adalah ibu kota dari Sulawesi Selatan yang kaya akan sumber daya alam yang begitu melimpah dan menakjubkan. Terlepas dari beberapa daerah yang ada di Sulawesi Selatan ternyata Makassar memiliki kelebihan tersendiri yang patut untuk dijadikan sebagai kota daeng yang eksotis. Eksotis dengan kehadiran pantai Losari yang menjadi ikon termegah dan terhits seantero dunia, ternyata masih banyak ikon-ikon indah yang belum terlalu heboh di kalangan warganet atau kalangan anak muda jaman now.

Kurangnya publikasi dan jangkauan para masyarakat ke lokasi membuat beberapa pulau indah dan mempesona ciptaan Tuhan ada di daerah Makassar tak begitu heboh seperti layaknya Toraja, Pinrang, Bulukumba, Bantaeng, dll.

Kali ini tak perlu melakukan perjalanan ke Pinrang, apalagi ke Bulukumba untuk menikmati suasana air terjun kali jodoh ataupun Bira jika tak memiliki waktu banyak saat weekend. Cukup datang dan kunjungi beberapa Pulau yang ada di area Makassar. Setidaknya, 5 pulau ini akan akan menghipnotis mata dan hatimu. Yuk simak guys kelima pulau ini:

1. Pulau Kodingareng Keke

Pulau Kodingareng Keke - bagooli.com
Sumber: Tripadvisor

Pulau Kodingareng keke adalah pulau yang tidak berpenghuni dengan jarak tempuh 25 sampai 30 menit dari kota Makassar, tergantung pada kondisi angin dan kapal yang disewa. Kodingareng Keke merupakan  sebuah pulau kecil nan eksotis. Angkutan menuju pulau ini cukup tersedia. Penyewa kapal motor kecil juga tersedia. Pulau ini sangat penting untuk dikunjungi. Selain pantainya indah juga biota lautnya menawan. Dengan pasir putih, air laut yang bening dan kondisi terumbu karang yang masih baik, tempat ini recomended banget buat yang menyukai liburan bernuansa pantai dan kegiatan underwater.

Ikan-ikan kecil pun tidak sulit dipancing keluar dengan menggunakan nasi atau remah remah roti. Pulau ini tidak berpenghuni, disarankan untuk membawa konsumsi sendiri dan tentu saja sunblock. Buat yang tidak memiliki alat untuk snorkling jangan khawatir, bisa disewa di pulau samalona yang akan dilewati saat kita menuju ke pulau ini. Sangat pas untuk pencinta olah raga laut seperti sknorling atau selam. Alam bawah lautnya yang indah menghipnotis untuk terus tetap berada di pualu ini.

2. Pulau Lae-Lae

Pulau Lae-lae - bagooli.com
Sumber: klikhotel.com

Pulau Lae-Lae merupakan sebuah pulau kecil yang terletak di wilayah bagian barat bumi Makassar. Letaknya bersebelahan dengan pulau kecil yang tak kalah eksotis dari pulau Pulau Kodingareng Keke yang sangat dekat dari Samalona. Jaraknya Pulau Samalona dengan Lae-Lae tidak terlalu jauh, kedua pulau ini letakya bersebelahan. Pulau ini terkenal memiliki pemandangan sunset yang menawan. Sangat cocok untuk dijadikan tempat berlibur dan bersantai. Suasananya yang hening sangat cocok untuk dijadikan tempat escape dari hiruk pikuk kota. Jumlah penduduk yang tinggal di pulau ini pun tidak begitu banyak, hanya sekitar 1700an jiwa.

Pulau Lae-lae adalah salah satu pulau kecil yang termasuk dalam kawasan wisata pulau di Kota Makassar. Lokasinya berjarak sekitar 1,5 Km sebelah barat Kota Makassar. Jika Anda sedang berada di Pantai Losari mungkin dengan memandang ke seberang Anda sudah bisa melihat pulau ini. Dilihat dari struktur administrasinya, Pulau Lae-Lae termasuk ke dalam wilayah kota Makassar yang terletak berdekatan dengan pulau-pulau indah dan memukau lainnya yaitu Pulau Barangcadi, Pulau Kodingareng Keke, dan Baranglompo.

Jika Kita menuju Pulau Lae-lae sebagai tempat wisata harus menyeberang dari Kota Makassar dengan menyewa perahu kecil boat atau perahu motor milik para nelayan yang berada di area tersebut. Pengunjung dapat menyeberang dari Dermaga Kayu Bangkoa atau bisa juga dengan menyeberang dari dermaga yang berlokasi di depan Benteng Fort Rotterdam.

Biaya sewa perahu untuk menyeberang ke Pulau Lae-Lae relatif cukup murah. Pengunjung hanya perlu mengeluarkan biaya berkisar antara Rp. 15.000-30.000 per orang untuk sekali menyeberang. Belum termasuk jika Anda ingin menawar harga lebih murah lagi kepada pemilik perahu, biasanya mereka akan menurunkan harganya. Lama penyeberangan ke lokasi Lae-Lae biasanya membutuhkan waktu 5-10 menit.

Lae-Lae tidaklah seperti dengan pulau lainnya yang memiliki ukuran yang lumayan  besar. Luas pulau ini hanya sekitar 0,04 km persegi. Jika cuaca sedang cerah, maka perpaduan antara pantai dan awan-awan putih yang bersinar di langit menjadikan pemandangan yang elok dan cantik. Ada banyak spot yang bagus untuk dijadikan tempat selfie dan berfoto ala instagrammer jaman now, Selain itu juga hadirnya pohon-pohon cantik tanpa daun dengan hamparan pasir putih yang bersih menyegarkan mata dan hati.

3. Pulau Samalona

Pulau Samalona - bagooli.com
Sumber: indonesiakaya.com

Dari dermaga Kota Makassar, perjalanan menuju Pulau Samalona dengan menggunakan perahu motor memerlukan waktu sekitar 30 menit. Ketika tiba di Pulau Samalona, pengunjung akan disambut hamparan pasir putih dan air laut yang jernih. Saking jernihnya, pengunjung dapat melihat indahnya terumbu karang langsung dari atas perahu.

Luas Pulau Samalona semakin menyusut dari tahun ke tahun. Di penghujung 2012, luas pulau ini hanya sekitar 2 hektare. Walau kecil, pulau ini dilengkapi berbagai fasilitas penunjang wisata seperti penginapan, kamar bilas, dan kedai. Jika pengunjung ingin melihat keindahan bawah laut, juga tersedia jasa sewa alat-alat diving dan snorkeling lengkap dengan pemandu jika diinginkan. Harga sewa alat-alat snorkeling Rp50.000-Rp100.000, tergantung kepandaian pengunjung dalam menawar harga.

4. Pulau Barrang Lompo

Pulau Barrang Lompo - bagooli
Sumber: wisatalengkap.com

Pulau barrang lompo sangat dekat dengan kampus almamater merah Makassar yaitu Unhas. Pulau Barrang Lompo  termasuk wilayah Kecamatan Ujung Tanah. Terletak di sebelah Barat Laut, serta berada di sebelah utara P. Barrang Caddi, memiliki jarak ± 11 km dari Makassar. Secara Geografis, pulau ini berada pada posisi 119˚19˚48” Bujur Timur dan 05˚02˚ 48” Lintang Selatan. Pulau ini memiliki penduduk lebih dari 3.000 jiwa dan memiliki tingkat kesejahteraan penduduk lebih dari pulau-pulau lainnya, mayoritas penduduknya bekerja sebagai nelayan.

Pulau ini memiliki 2 dermaga (tradisional dan semi permanen). Di pulau ini pun terdapat “marine field stasiun Universitas Hasanuddin”. Selain itu, di Pulau Barrang Lompo juga terdapat salah satu Sekretariat Fisheries Diving Club (FDC).

Di pulau ini tersedia transportasi reguler dari dan ke Makassar dengan biaya Rp. 10.000,- per orang sekali jalan, sanitasi yang cukup baik, fasilitas pendidikan : 1 buah Taman Kanak-kanak (TK), dan 2 buah Sekolah Dasar. Pulau ini dilengkapi juga dengan fasilitas kesehatan berupa 1 buah Puskesmas dan sebuah lagi puskesmas pembantu dengan tenaga medis. Pulau ini sangat identik dengan terumbu karang.

5. Pulau Langkai

Pulau Langkai - bagooli.com
Sumber: ksmtour.com

Pulau Langkai adalah pulau terluar dari kota Makassar. Langkai terkenal dengan keindahan terumbu karang dan bawah lautnya. Beberapa species ikan yang menghuni perairan Pulau Langkai adalah ikan kerapu, napoleon, ikan kaneke, udang mutiara, ikan cakalang, tinumbu, bambangang, hiu, lamuru, cepa, suni, dan ikan terbang. Karena banyaknya ikan, para pengunjung dan wisatawan kerap datang membawa alat pancingan guna dapat memancing. Selain memancing, aktivitas lainnya yang kerap dilakukan para pelancong adalah melihat dari dekat kehidupan sehari-hari para nelayan termasuk para pengrajin perahu, mulai dari cara pembuatannya hingga bagaimana merawatnya.

Berada di kelurahan Barrang Caddi, kecamatan Ujung Tanah, Langkai berada di 36 km dari kota Makssar. Posisi pulau ini berada di 5,5 km Selatan Lanjukang dengan luas mencapai lebih dari 27 hektar dan terumbu yang mengelilingi seluas 142 hektar.

Pulau ini terdapat keunikan tersendiri karena merupakan suatu daerah para nelaan dengan berbagai suku. Ada warga dari Bugis, Mandar, dan Makassar. Kebanyakan dari mereka bekerja sebagai nelayan dan beberapa di antaranya pengrajin perahu. Untuk ke lokasi ini, pengunjung harus  menyewa perahu sekoci dengan biaya sebesar Rp. 750.000 untuk pulang pergi. Perairan timur pulau ini merupakan alur pelayaran kapal dari dan ke Dermaga Soekarno Hatta Makassar dengan kedalaman lebih dari 30 meter. Di beberapa tempat bisa kita jumpai kedalaman kurang dari 10 meter. pada perairan barat dengan jarak kurang dari 2 km dari dataran terumbu karang kita dapat menjumpai perubahan kedalaman yang drastis mencapai lebih dari 200 m.

Nah 5 pulau yang menggandeng keeksotisan tersendiri dan memukau berada di kota daeng. Biaya transportasi yang digunakan ke lokasi tersebut juga tidaklah mahal dan harus memiliki kantong tebal.

Yuk nikmati liburan dengan berkunjung ke wisata bahari keindahan surga dunia kota daeng,  tidak perlu lagi ke sana ke sini melakukan perjalan jauh yang bikin pening kepala, Hanya berada di Makassar loh!!!

Penulis, Peneliti, Pengajar, volunteer, suka tantangan dan petualang.