8 Rumah Sakit di Makassar dengan Status Akreditasi Tingkat Paripurna (Rating Bintang Lima)

 
0

Seiring berjalannya waktu, jumlah rumah sakit di Makassar semakin bertambah. Dan apa yang diharapkan dari pasien maupun keluarga pasien, tak lain adalah pelayanan prima dari pihak rumah sakit. Entah itu dari segi pelayanan pihak non-medis, totalitas perawatan dari dokter dan perawat, maupun  kenyamanan suasana rumah sakit tersebut. Dan dari pihak rumah sakit pun berlomba-lomba meningkatkan mutu pelayanannya. Di sisi lain, pengakuan mutu pelayanan ini dibuktikan dengan status akreditasi yang diraih oleh rumah sakit tersebut.

Tak hanya Universitas, rumah sakit pun memiliki lembaga yang mengakreditasinya. Akreditasi rumah sakit ini merupakan proses di mana suatu lembaga (biasanya non-pemerintah) melakukan assesment terhadap suatu rumah sakit. Dan ini didasari oleh standar akreditasi yang berlaku.

Di Indonesia sendiri, terdapat Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) yang merupakan penyelenggara akreditasi rumah sakit di Indonesia. Tujuan dari pengakreditasian rumah sakit ini salah satunya adalah untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap pelayanan rumah sakit yang bersangkutan.

Hasil akreditasi ini pun memiliki tingkatan, yaitu: lulus perdana, tingkat dasar, tingkat madya, tingkat utama, dan tingkat paripurna. Tingkat paripurna inilah yang merupakan tingkatan tertinggi dengan rating bintang lima. Dan tidak banyak rumah sakit yang bisa lulus akreditasi dengan predikat tingkat paripurna ini.

Di Makassar sendiri, hanya ada 8 rumah sakit yang berhasil meraih predikat paripurna dari Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS). Rumah sakit apa sajakah itu?

1. RS Awal Bros Makassar

RS Awal Bros Makassar
Sumber: infokostmakassar.wordpress.com

Salah satu rumah sakit yang mendapat akreditasi tingkat Paripurna atau rating bintang lima dari KARS adalah RS Awal Bros Makassar. Walaupun tergolong baru, rumah sakit ini mampu mendapatkan akreditasinya di tahun 2015, yang berlaku hingga Oktober 2018. Berlokasi di Jl. Urip Sumohardjo Makassar, RS Awal Bros memiliki luas bangunan 8.901 m2 dengan luas tanah 10.104 m2.

Salah satu layanan unggulan dari rumah sakit Awal Bros Makassar ini adalah MRI (Magnetic Resonance Imaging). Yang mana fasilitas MRI ini hanya tersedia di tiga RS yang telah terakreditasi di Makassar, dan salah satunya ada di RS Awal Bros.

Sebagai salah satu peraih akreditasi rumah sakit tingkat paripurna, Awal Bros Makassar tetap meningkatkan pelayanan mutu terhadap pasiennya. Hingga kini, terdapat 24 dokter umum, 79 dokter spesialis, 2 dokter subspesialis, dan 9 dokter gigi di rumah sakit ini.

2. RS Stella Maris

RS Stella Maris Makassar
Sumber: mapio.net

Rumah Sakit selanjutnya di Makassar yang meraih akreditasi rumah sakit tingkat paripurna adalah RS Stella Maris. RS ini meraih akreditasinya pada tahun 2015 dan akan berakhir pada Desember 2018. Rumah sakit tipe B ini terletak di Jl. Somba Opu Makassar, dengan luas gedung 14.658 m2 dan berdiri kokoh di atas tanah seluas 19.954 m2.

RS Stella Maris memiliki layanan unggulan di bidang  Minimally Invasive, yaitu semacam operasi yang tidak terlalu merusak jaringan. Sebagai salah satu rumah sakit yang telah ada sejak tahun 1939, Stella Maris berkomitmen meningkatkan kualitas pelayanan secara menyeluruh dan terus-menerus. Hingga kini, RS Stella Maris memiliki 20 dokter umum, 75 dokter spesialis, 12 dokter sub spesialis dan 2 dokter gigi.

3. Rumkit TK.II Pelamonia

Rumkit TK.II Pelamonia Makassar
Sumber: kesdam-wirabuana.com

Rumkit Tk.II Pelamonia adalah Rumah Sakit TNI-AD yang awalnya dibangun oleh pemerintah Hindia Belanda pada tahun 1917. Sebagai rumah sakit rujukan di lingkungan TNI dan masyarakat umum, Pelamonia memperoleh penetapan rumah sakit tipe B oleh Kemkes RI. Rumah sakit yang terletak di jl. Jend. Sudirman ini telah lulus akreditasi rumah sakit dengan status Paripurna pada tahun 2016. Dan status akreditasi ini akan berakhir pada Februari 2019.

Berdiri di atas tanah seluas 28.544 m2 dengan luas bangunan 20.955 m2, rumkit Tk.II Pelamonia ini memiliki 18 dokter umum, 3 dokter gigi dan 37 dokter spesialis.

4. Siloam Hospitals Makassar

Siloam Hospitals Makassar
Sumber: siloamhospitals.com

Rumah sakit tipe B ini berhasil lulus dengan predikat Paripurna saat akreditasi rumah sakit pada maret 2016 lalu. Rumah sakit yang terletak di Jl. Metro Tanjung Bunga ini berdiri di atas tanah seluas 4.631m2 dengan luas bangunan 9.920m2.

Siloam Hospitals yang diresmikan pada tahun 2012 ini memiliki peralatan medis yang lengkap dan canggih. Fasilitas MRI yang hanya terdapat di tiga rumah sakit yang terakreditasi di Makassar, salah satunya ada di rumah sakit ini.

Siloam Hospitals memiliki banyak layanan unggulan, salah satunya adalah Kardiologi. Kardiologi Siloam ini menyediakan layanan diagnosis dan memberikan perawatan yang komprehensif pada pasien berbagai penyakit jantung dan gangguan vaskuler.

Hingga kini, Siloam Hospitals Makassar memiliki 16 dokter umum, 88 dokter spesialis, 19 dokter sub spesialis dan 5 dokter gigi.

5. RS AL Jala Ammari Makassar

RS AL Jala Ammari
Sumber: rsal-jalaammari.net

Rumah sakit lainnya yang meraih status akreditasi tingkat paripurna adalah RS AL Jala Ammari Makassar. RS milik TNI-AL ini meraih status akreditasinya pada tahun 2016 dan akan berakhir pada Mei 2019.

Rumah sakit tipe C ini terletak di jl.Satando Makassar dan dibangun di atas tanah seluas 6.117,12m2 dengan luas bangunan 4.476,51m2. Hingga kini, RS Al Jala Ammari Makassar memiliki 8 dokter umum dan 16 dokter spesialis.

6. RSK dr. Tadjuddin Chalid, MPH

RSK dr. Tadjuddin Chalid Makassar

Sumber: direktorirskhusus.wordpress.com

Selanjutnya ada RS dr. Tadjuddin Chalid, MPH yang berhasil meraih status Akreditasi tingkat Paripurna pada Juni 2016 yang lalu. Rumah sakit tipe A ini merupakan rumah sakit milik Kemkes Kota Makassar yang berupa RS Kusta.

Rumah sakit yang terletak di jl. Paccerakkang ini dibangun di atas tanah seluas 146.159 m2 dengan luas bangunan 11.591,75 m2. Beberapa layanan unggulan dari rumah sakit ini adalah Prothesa, Fisioterapi, dan bedah rekonstruksi. Hingga kini, RS dr. Tadjuddin Chalid memiliki 23 dokter umum, 5 dokter gigi, 28 dokter spesialis, dan 1 dokter subspesialis.

7. RSUP dr. Wahidin Sudirohusodo

RSUP dr. Wahidin Sudirohusodo
Sumber: google.co.id/maps

Rumah sakit lainnya yang mendapat predikat akreditasi tingkat Paripurna pada 2016 yang lalu adalah RSUP dr. Wahidin Sudirohusodo. Rumah sakit yang telah ada sejak 1947 ini ditetapkan sebagai rumah sakit pendidikan dan merupakan rumah sakit tipe A. Selain itu, RSUP dr. Wahidin Sudirohusodo merupakan rumah sakit rujukan tertinggi di kawasan Indonesia Timur.

Terletak di Jl. Perintis Kemerdekaan, rumah sakit ini dibangun di atas tanah seluas 135.004 m2 dengan luas bangunan 129.492,61 m2. Layanan unggulan dari RSUP Dr. Wahidin Sudirohusodo adalah Center of Exellence.

Hingga kini, RSUP dr. Wahidin Sudirohusodo memiliki 17 dokter umum, 109 dokter spesialis, 3 sub spesialis, dan 5 dokter gigi.

8. RS Ibnu Sina Makassar

RS Ibnu Sina Makassar
Sumber: berita-sulsel.com

Rumah sakit terakhir yang berhasil meraih status akreditasi tingkat Paripurna di Makassar adalah RS Ibnu Sina. Rumah sakit yang baru saja mendapatkan status akreditasinya tahun ini (2017) terletak di jl. Urip Sumoharjo. RS Ibnu Sina dibangun di atas lahan seluas 18.008 m2 dengan luas bangunan 12.025 m2. Hingga saat ini, RS Ibnu Sina memiliki 17 dokter umum, 110 dokter spesialis, 23 dokter sub spesialis dan 5 dokter gigi.

Itulah 8 rumah sakit di Makassar dengan status akreditasi paripurna (rating bintang lima). Akreditasi paripurna ini bukan menunjukkan bahwa rs lain yang belum mendapat predikat paripurna atau belum terakreditasi adalah rs yang jelek. Karena setiap rumah sakit pastinya akan memberikan pelayanan terbaik pada pasiennya.

Selain kepada-Nya, jangan terlalu percaya pada siapapun. Follow me on Instagram: @ilayahya_