Suka Nulis? Ayo Gabung Jadi Contributor di Bagooli.com

 
0

Guys, kalau lagi kosong alias gak ada kerjaan, Kamu biasanya ngapain? Baca buku? Baca artikel di Bagooli.com? Main game? Nonton Drama Korea? Nge-stalk gebetan atau mantan di akun media sosialnya? Atau cuman tidur-tiduran gak jelas?

Hhmm.. tahun 2017 sudah hampir expire dan Kamu masih gitu-gitu aja? Sayang loh kalau waktunya terbuang percuma hanya untuk tidur-tiduran gak jelas. Gak mau kan, masa muda Kamu berlalu gitu aja tanpa manfaat?

Nah, mengapa Kamu gak coba untuk menghasilkan sebuah karya layaknya youth jaman now? Biar lebih produktif, gitu. Kamu bisa berkarya sesuai passion Kamu. Dan di era yang serba internet ini, banyak loh media-media yang bisa mempublikasikan karya-karya yang Kamu buat.

Misalnya nih yaa, Kalau Kamu suka ngomong depan kamera dan suka ngedit video, Kamu bisa mengunggah video buatan Kamu ke Youtube. Kali-kali aja Kamu bisa jadi Youtuber kayak Ayu Indah, beauty vlogger asal Makassar. Atau Kamu suka foto dengan pose yang menarik, mengapa gak diunggah di Instagram? Kali-kali aja Kamu bisa jadi Selebgram. Atau mungkin Kamu ahli dalam desain grafis? Kamu bisa menjual desain terbaikmu di shutterstock. Atau passion Kamu adalah menulis? Kamu bisa mengirimkan tulisan-tulisan Kamu ke situs-situs yang bersedia menerbitkannya.

Berbicara mengenai kepenulisan, kini semakin banyak penulis-penulis muda bermunculan. Bak sebuah wabah, menulis telah menjadi hobi yang keren di kalangan pemuda saat ini. Dan ngomong-ngomong soal situs yang menerbitkan tulisan, di Indonesia sendiri terdapat banyak situs yang bersedia menerbitkan tulisan-tulisan karya anak bangsa. Dan situs-situs ini ada yang memberikan fee pada setiap tulisan yang berhasil terbit, namun ada juga yang tidak.

Nah, salah satu situs yang menjadi wadah bagi mereka yang memiliki hobi menulis untuk menerbitkan tulisannya adalah Bagooli.com. Sebuah situs milik anak muda Makassar yang isi artikelnya membahas seputar Sulawesi Selatan, salah satu provinsi yang terdapat di Indonesia.

Bagooli.com

Banner Bagooli
Bagooli.com

Adalah sebuah situs milik anak muda Makassar yang hingga kini terus berkembang dan mempersembahkan artikel-artikel terbaik untuk pembaca, khususnya bagi pembaca yang memang berasal dari Sulawesi Selatan. Situs ini mengusung tag line “Bacaan Santai Bukan Piti-Piti”, yaitu bacaan yang santai, ringan dan gak ngasal.

Senantiasa menyajikan artikel-artikel unik dan memberikan pengetahuan baru bagi pembaca, situs ini banyak difavoritkan oleh kawula muda Makassar. Membaca di Bagooli.com bakal membuka mata dan pikiran Kamu bahwa “ini loh Sulawesi Selatan”, “ternyata ada hal yang seperti ini di Sulawesi Selatan”.

Artikel-artikel di situs ini memang khusus membahas seputar provinsi Sulawesi Selatan, dan kebanyakan membahas tentang Makassar. Mulai dari kuliner, tempat wisata, komunitas, sejarah, budaya, semua ada di Bagooli.com ini. Pengetahuan baru seputar provinsi kebanggaan Kamu ini akan terus mengalir ke otak Kamu jika rajin membaca di situs ini.

Tiap situs pastinya memiliki aturan tersendiri yang diberlakukan kepada para contributor-nya, termasuk di Bagooli.com. Selain itu, tiap tulisan yang masuk ke redaksi akan singgah dulu di editorial sebelum diterbitkan.

Nah, buat Kamu yang hobi nulis, apalagi seputar Sulawesi Selatan, mengapa gak coba untuk menerbitkan tulisan Kamu di Bagooli.com? Kan ada kesenangan dan kebanggaan tersendiri ketika tulisan Kamu bisa dibaca orang lain. Dan bakal jadi amal jariyah ketika Kamu bisa membagi pengetahuan-pengetahuan yang Kamu miliki kepada para pembaca.

Apa Sih Manfaat Nulis di Bagooli.com?

Yang namanya berkarya, pastinya akan memberi manfaat. Entah itu bagi diri sendiri maupun bagi orang lain. Nah, setidaknya ketika Kamu nulis artikel, waktu Kamu gak terbuang sia-sia hanya untuk tidur-tiduran gak jelas atau cuman nge-stalk. Selain itu, artikel yang Kamu buat juga akan memberi pengetahuan baru bagi para pembacamu. Lalu, apa sih manfaat lain yang bakal Kamu dapatkan ketika nulis di Bagooli.com?

1. Mengasah Kemampuan Menulis

Kamu yang memiliki Passion menulis, pastinya akan semakin ter-asah kemampuan menulisnya ketika sering membuat artikel dan mengirimkannya ke situs yang mewadahinya seperti Bagooli.com. Tak hanya itu, Kamu juga semakin memahami aturan-aturan menulis dan bagaimana merangkai kata yang baik. Semakin sering menulis, maka kemampuan Kamu akan semakin ter-asah alias makin meningkat.

2. Menambah Pengetahuan tentang Sulawesi Selatan

Kok seputar Sulawesi Selatan? Ya iyalah, kan Bagooli.com emang membahas seputar Sulawesi Selatan. Nah, ketika Kamu nulis untuk situs ini, maka pengetahuan Kamu mengenai Sulawesi Selatan akan bertambah. Pastinya saat Kamu nulis tentang sebuah tema, Kamu akan banyak membaca atau mencari tau tentang apa yang akan Kamu tuliskan itu. Dan ini akan membuat Kamu semakin mengenali provinsi kebanggaan Kamu ini.

3. Dikenal Banyak Orang

Ketika Kamu sering menerbitkan artikel di Bagooli.com dan banyak yang menyukai karyamu, maka orang-orang akan semakin mengenalimu. Dan bukan tidak mungkin jika artikel-artikelmu akan terus ditunggu oleh pembaca setiamu.

4. Tiap Artikel yang Berhasil Terbit Bakal dapat Fee

Sambil menyelam minum kopi (Jangan dibayangkan yah gimana modelnya menyelam sambil minum kopi). Disamping mengembangkan skill menulis yang Kamu miliki, Kamu juga bakal dapat fee saat artikel Kamu berhasil terbit di halaman Bagooli.com. Jadi, makin banyak Kamu mengirimkan tulisan dan berhasil terbit, maka makin banyak harta terpendam yang Kamu kumpulkan.

5. Tidak Terikat alias Freelance

Buat yang masih sekolah ataupun kuliah emang cocok banget jadi contributor di Bagooli.com. Namun bukan berarti yang kerja gak bisa jadi contributor di situs ini yah. Semua bisa kok. Buat Kamu yang punya hobi nulis, boleh banget kok ngirim tulisan di Bagooli.com selama tulisan Kamu memenuhi kriteria yang diberlakukan oleh situs ini.

Dengan menjadi freelance, Kamu gak terikat harus ngirim tulisan dalam jangka waktu tertentu. Ibaratnya, ini hukumnya sunnah. Kalau kamu punya waktu luang buat nulis dan mengirimkan tulisan Kamu ke redaksi, yah bagus (Kamu dapat tambahan fee). Tapi kalau gak ngirim tulisan juga gak papa. Tapi yang namanya penulis yang mencintai passion-nya, seperti ada yang hilang saat dia berhenti menulis.

Lalu, Bagaimana Bila Ingin Menjadi Contributor di Bagooli.com ?

Caranya mudah, cukup bawa Songkolo dan Ayam Hitam ke redaksi. Eh gak, becanda. Kamu kan masih muda, jangan terlalu serius dong bacanya.

Nah buat Kamu yang berminat untuk gabung jadi contributor di Bagooli.com, ada beberapa hal yang perlu Kamu pahami. Artikel yang layak terbit di Bagooli.com adalah artikel yang membahas seputar Sulawesi Selatan. Entah itu tentang tempat wisata, orang-orang berpengaruh, pendidikan, atau apapun itu yang masih dalam ruang lingkup Sulawesi Selatan. Selain itu, Konten yang Kamu kirimkan ke redaksi tidak boleh mengandung ujaran kebencian, hoax, SARA dan bukan plagiarisme. Nah, untuk ketetuan kepenulisan, Kamu bisa cek di sini.

Nah, tunggu apa lagi? Yuk gabung jadi bagian dari Bagooli.com dan kirimkan artikel terbaikmu seputar provinsi kebanggan Kita ini, Sulawesi Selatan. Tetap produktif yah, guys.

Selain kepada-Nya, jangan terlalu percaya pada siapapun. Follow me on Instagram: @ilayahya_