5 Tempat Hunting Makanan Pedas di Makassar

 
0

Hayooo yang suka makanan pedas mana suaranya? Bagi pecinta pedas bakal selalu merasa ada yang kurang saat makan sesuatu yang seharusnya bisa dipedasin tapi malah gak pedas. Bahkan ada yang sampe bawa sambel ke mana-mana saking cintanya sama yang namanya pedas.

Berbicara mengenai makanan pedas memang tidak akan ada habisnya. Seiring berjalannya waktu, makin banyak bermunculan tempat-tempat makan seperti resto, café, warteg dan sejenisnya yang mengangkat tema pedas sebagai ciri khasnya. Ini bukannya tanpa alasan. Para pelaku bisnis di bidang kuliner tentunya mengikuti permintaan pasar. Peminat makanan pedas sangat banyak, dan warung-warung makan yang menyediakan makanan pedas juga terbilang cukup sukses dalam hal ini. That’s why, inovasi dalam hal kuliner pedas semakin berkembang.

Seperti halnya di Makassar, Kota Metropolitan ini menjadi target pelaku bisnis kuliner untuk mempersembahkan terobosan-terobosan barunya dalam hal kuliner pedas. Tak heran bila tempat makan yang bertemakan pedas sudah sangat banyak di Makassar.

Nah, buat Kamu yang doyan pedas, coba deh hunting makanan pedas di tempat-tempat ini:

1. Mie Naga

Mie Naga - bagooli.com
Sumber: pegipegi.com

Salah satu kuliner pedas yang pernah ngebooming di tahun 2014an dan masih mempertahankan eksistensinya hingga saat ini adalah Mie naga. Mie dengan tingkat kepedisan yang diukur dengan level pedas yang semakin meningkat ini pertama kali buka di Bumi Tamalanrea Permai (BTP).

Nama unik yang dicetus oleh pemiliknya serta cita rasa pedas yang khas membuat Mie Naga ini memiliki banyak peminat hingga saat ini. Tak heran bila Mie pedas yang satu ini telah memiliki banyak cabang yang tak hanya bertebaran di Kota Makassar, tapi juga berada di luar Makassar. Racikan bumbu khas yang memberikan sensai pedas rasa pengen nambah ini menjadi teman pas buat nongkrong atau makan bersama bareng teman maupun keluarga.

Mie Naga telah memiliki cabang di Pasar Segar, Talasapang, Hertasning, Pantai Losari, bahkan telah melebarkan sayap hingga ke luar Makassar seperti di Pangkajene, Bone dan Sorong. Seporsi mie naga bisa didapatkan mulai dari harga 13rb dan seterusnya, tergantung tingkatan level yang diinginkan. Makin tinggi levelnya, makin naik pula harganya.

Mie Naga tak hanya dijadikan sebagai pemuas lapar semata, tapi juga dijadikan sebagai ajang tantangan makan Pedas oleh kawula muda. Tak heran bila saat ini ada yang telah memecahkan rekor memakan Mie Naga level 45. Wooww!!!

2. Mie Pedas Sudiang

mie pedas sudiang - bagooli.com
sumber: instagram.com/miepedassudiang/

Tidak kalah dengan sensasi pedasnya Mie Naga, Mie pedas Sudiang juga merupakan kuliner pedas yang patut diperhitungkan kepedasannya. Kuliner yang satu ini juga telah ada sejak 2014 dengan lokasi pertama di Sudiang (Jl. Dg. Ramang, Komp. Sudiang Raya Blok H8 no.5).

Untuk seporsi Mie Pedas Sudiang harga mulai 14rb-an sampai 24rb-an, tergantung tingkat kepedasan. Mie Pedas Sudiang sendiri memiliki tagline “Bukan Lombok oplosan”. That’s mean, sensasi pedas yang dihasilkan benar-benar dari racikan cabe asli. Sama seperti Mie Naga, Mie pedas Sudiang juga kadang dijadikan sebagai tantangan makan pedas oleh mereka yang mengaku cinta pedas. Bahkan ada yang telah memecahkan rekor makan Mie pedas Sudiang Level 30.

Buat yang merasa kejauhan dengan lokasi Mie Pedas yang terletak di Sudiang ini, tenang.. Karena Mie Pedas Sudiang telah memiliki cabang di Toddopuli, tepatnya di Toddopuli 5 no. 4. Untuk Mie Pedas Sudiang Cabang Toddopuli ini memiliki keunggulan lain dari segi fasilitas, yaitu disediakan private room. Jadi, bila ingin mengadakan acara ulang tahun, arisan, reuni, party kecil-kecilan bareng teman dan sahabat, boleh banget di tempat ini. Untuk mereservasi private room ini, Kamu hanya perlu menghubungi ownernya dan meng-order minimal 250rb.

3. Mie Setan

mie setan - bagooli.com
Sumber: instagram.com/mie.setan/

Pertama kali mendengar namanya, mungkin Kamu sudah bisa menebak bahwa Mie ini pedas. Yupzz.. lagi-lagi, kreativitas dari owner tak hanya dari segi dekorasi tempat, tapi juga dalam hal menamai usahanya. Makin unik namanya, makin membuat penasaran penikmat kuliner.

Rumah makan ini pertama kali dibuka pada Agustus 2015. Bertempat di Jl. Adyaksa Ruko Zamrud Blok I No.2, rumah makan ini menyajikan hidangan Mie pedas dengan Level yang beragam. Nama untuk setiap level pedasnya pun terbilang unik. Jangan heran bila ketika membaca menuya, Kamu akan senyum-senyum melihat nama-nama levelnya. Sesuai dengan namanya (Mie Setan), maka setiap levelnya pun dinamai berdasarkan klan Setan seperti level tuyul, kuntilanak, wewe gombel dan genderuwo. Unik banget kan namanya..

Untuk level terendah berada di ‘pengusir setan’. Sedangkan yang yang level tuyul, namanya juga tuyul yah, masih anak-anak. Pastinya tingkat kepedasannya pun tidak ada apa-apanya. Berbeda dengan level genderuwo, bayangin tuh genderuwo seperti apa. Tak heran bila level genderuwo ini adalah level tertinggi di sini, yaitu bisa mencapai 120 cabe.. Wooww!!!

4. Tahu & Ceker Setan

Tahu & Ceker Setan - bagooli.com
Sumber: Tribunnews.com

Masih dengan embel-embel nama setan namun beda bahan baku, kali ini Kita keluar dari zona Mie dan berpindah ke Ceker Ayam.

Bermula dari iseng-iseng membuat ceker ayam dan ternyata banyak yang suka, Sang owner pun kepikiran untuk membuat bisnis kuliner ini. Tahu & Ceker Ayam Setan pertama kali dibuka pada 2015 yang lalu. Berlokasi di Jl. Ujung Pandang samping tugu Bank Mandiri (dekat kantor Haji La Tunrung), seporsi ceker ayam setan ini dibanderol dengan harga 10rb. Target pasar dari bisnis ini adalah semua kalangan. That’s why harga yang diberikan pun terbilang sangat terjangkau.

5. Richeese Factory

Richeese Factory - bagooli.com
Sumber: istana-biru.blogspot.co.id

Nah, ini nih yang terbaru di Makassar. Bila sebelum-sebelumnya yang dibahas adalah seputar Mie, kini saatnya kita beralih ke Ayam. Salah satu makanan pedas dengan rasa khas pengen nambah adalah Richeese Factory.

Richesee Factory ini pertama kali dibuka pada Februari 2011 di Paris Van Java Mall Kota Bandung. Setelah Sukses merebut hati warga Bandung dengan cita rasa pedasnya yang khas, Richeese Factory kemudian melebarkan sayap ke kota-kota besar lainnya dengan membuka cabang di wilayah Jabodetabek, Cirebo, Tegal, Malang, Surabaya, Bali, Samarinda, Balikpapan, bahkan hingga ke Kota Daeng.

Untuk yang cabang Makassar, Richeese Factory pertama kali dibuka pada November 2017 di Jl. Sam Ratulangi. Hingga saat ini, makanan pedas yang satu ini masih ramai pengunjung. Walau terbukti ramai, para pengunjung rela mengantri lama demi memuaskan keinginan untuk menikmati sensasi pedas dari Richeese Factory ini.

Untuk sepaket menu dari Richeese Factory dimulai dengan harga 30ribuan. Berbeda dengan menu-menu Mie pedas sebelumnya yang memiliki level hingga puluhan, untuk menu Richeese factory ini hanya menyediakan level 1 sampai 5. Tapi jangan menganggap remehnya. Karena Level 5 Richeese Factory bisa membuat muka Kamu memerah hingga mengeluarkan air mata, bahkan ada yang sampai mengecil pendengarannya karena saking pedasnya.

Walaupun terbilang sangat pedas, Richeese Factory ini selalu dirindukan dan membuat penggemarnya ingin selalu memakannya. Apa yah, Rasa yang diberikan memang pedas, tapi pedas enak. Gak percaya? Rasakan sendiri sensasinya. 😀

Nah, itulah beberapa rekomendasi makanan pedas yang bisa Kamu coba di Makassar. Tentunya setiap tempat makan memiliki konsep dan cita rasa khaasnya sendiri yang membedakan dengan usaha-usaha kuliner lainnya.

Gimana nih, guys? Berani coba menu-menu di atas? Atau Kamu punya tempat makan pedas lain yang masih berlokasi di Makassar? Yuk, komen di bawah 😉

Selain kepada-Nya, jangan terlalu percaya pada siapapun. Follow me on Instagram: @ilayahya_