Your Theme License is INVALID or EXPIRED

14 Tempat Wisata yang Bisa Kamu Kunjungi di Pinrang

 
0

Haiii Kamu yang suka travelling.. Sekarang udah bulan Desember loh guys, biasanya di penghujung bulan ini banyak banget loh libur panjang. Kok bisa gitu? Yah jelaslah.. Kan Desember merupakan penghujung tahun kan yah. Nah biasanya di akhir tahun, tanggal merah pada bersejajaran panjang di kalender bagaikan kereta api. So, buruan gih kudu cek kalendarnya guys. Jangan lupa tanggal merahnya dicentang dari sekarang biar keliatan Ready Alert gitu (merencanakan dengan matang kan lebih bagus).

Nah, udah pada nentuin target liburan nggak? Ada rencana ke mana? Gimana kalau liburannya ke Pinrang aja. Keren loh, Pinrang. Kabupaten ini tidak jauh dari Makassar, yaitu sekitar 158 Km dari Makassar. Untuk menempuh perjalanan ke Kabupaten ini, bila menggunakan kendaraan roda empat memakan waktu sekitar 4 jam. Sedangkan jika menggunakan motor, palingan hanya kurang lebih 3 jam. Dekat, kan? So, buat Kamu yang tertarik memilih Pinrang sebagai tujuan liburan pastinya gak bakal rugi deh. Karena di Pinrang, setidaknya ada14 tempat wisata yang bisa Kamu kunjungi. Penasaran? Yuk simak di bawah ini:

1. Permandian Air Panas Sulili

Permandian Air Panas Sulili
Sumber: Makassartribunnews

Salah satu destinasi wisata alam yang akan memanjakan mata pengunjung yang terletak di kabupaten Pinrang adalah Permandian Air Panas Sulili. Terletak di lingkungan Sulili, Kelurahan Mamminasae, Kecematan Palateang bagian selatan Kabupaten Pinrang ini memiliki dua sumber air yang mendukung suplai air untuk permandian air panas sulili. Salah satu di antaranya adalah sumber air panas yang tidak terlalu jauh dari kolam utama tempat berendam. Keunikan dari tempat permandian ini adalah sumber air panasnya yang seolah-olah hadir dari perut bumi dan bukan berasal dari gunung berapi seperti halnya sumber air panas lainnya yang lazim ditemui oleh para pencinta wisata.

Air panas dari lokasi ini tidak akan merusak tatanan sel dalam kulit apalagi untuk membakarnya. Yang ada malah dapat meregenerasi sel kulit mati untuk dapat tumbuh kembali menjadi sel yang baru atau kult baru. Ini juga diyakini oleh masyarakat setempat bahwa dapat mengobati berbagai penyakit ketika rutin mandi ditempat ini.

Mandi dan berendam dengan air panas (hangat) dalam dunia kesehatan sangatlah dianjurkan dalam waktu tertentu untuk membersihkan tubuh secara keseluruhan, yang artinya dapat membuka pori-pori yang terdapat pada kulit, melancarkan peredaran darah, mampu meredakan demam untuk menurunkan kondisi panas tubuh dan pilek yang menyerang tubuh, menghilangkan strees yang berkepanjangan, menyehatkan jantung dan menghilangkan insomnia. Namun ingat, jangan tiap hari yah mandi air hangat. Dianjurkan 2-3 kali seminggu.

2. Permandian Air Panas Lemo Susu

Permandian Air Panas Lemo Susu
Sumber: Explore South Sulawesi

Masih seputaran wisata permandian air panas, di atas telah dijelaskan berbagai kelebihan menggunakan air panas, dan yang membedakan wisata di atas selain lokasi adalah kondisi alam dan keadaan lingkungannya. Permandian Air Panas Lemo Susu ini adalah sebuah lokasi permandian yang terletak di daerah yang udara sejuk sehingga sangatlah pas untuk para wisatawan yang mendambakan udara pedesaan segar dengan penuh ketenangan yang jauh dari polusi dan kebisingan hiruk pikuk kota besar. Lokasinya berada tepat di kelurahan Betteng, Kecamatan Lembang kabupaten Pinrang.

Objek wisatawa ini dibangun sejak 1990-an dan untuk mengunjunginya,  satu-satunya akses jalan menuju Lemo Susu ini adalah jalan utama menuju pembangkit listrik tenaga Air (PLTA) Bakaru. Selain berkunjung ke permandian, Kamu juga bisa sekalian mampir ke PLTA agar bisa menambah pengetahuan dan menjawab berbagai rasa penasaran kamu tentang PLTA.

3. Pantai Ujung Tape

Pantai Ujung Tape
Sumber; imgrun

Salah satu objek wisata bahari yang terletak di Kelurahan Langnga Kecamatan Mattirosompeini terletak sekitar 25 KM arah barat dari jantung ibu kota Pinrang. Ketika melakukan perjalanan untuk mencapai tempat ini diperlukan waktu sekitar kurang lebih 20 menit melalui jalur darat dan beraspal. Wisata ini memiliki daya tarik tersendiri, pada sore hari pengunjung dapat menikmati angin pantai yang sejuk nan segar. Pantai Ujung Tape ini sangatlah ramai dikunjungi masyarakat terutama saat musim liburan dan hari raya.

4. Taman Lasinrang

Taman Lasinrang
Sumber: Pulaunesia

Taman Lasinrang juga termasuk salah satu objek wisata yang kudu layak dikunjungin. Panorama malam yang indah dengan bantuan kedap-kedipan lampu hias jalanan di sekeliling patung dan juga percikan keindahan bunga mekar serta suara-suara angin yang sejuk membuat perasaan akan tentram dan damai. Selain itu, di taman ini telah dipajang berbagai peninggalan sejarah Pinrang yang layak dan wajib Kamu ketahui. Sambil menyelam minum air gituu, berlibur sambil mengenal sejarah dan budaya Pinrang.

5. Pantai Waetuoe

Pantai Waetuoe pinrang
Sumber: 1.bp.blogspot.com

Pantai Waetuoe adalah salah satu destinasi yang tidak kalah cantik dari lokasi-lokasi alam lainnya. Nama Waetuoe berasal dari penyebutan nenek moyang zaman dulu yang secara turun-temurun diyakini hingga sekarang. Suasana yang sejuk berada di bawah pepohonan yang rindang dan tempat berteduh beratapkan daun nipah  sambil mencoba menikmati santapan ikan atau ayam bakar menggoda masyarakat untuk berkunjung ke lokasi ini. Letak yang berada di lokasi Pinrang ini sangatlah sesuai menjadi salah satu pilihan untuk berlibur.

6. Batu Mea

Batu Mea Pinrang - bagooli.com
Sumber: scontent.cdninstagram.com

Keindahan alam yang natural terpancar dari lokasi yang satu ini. Batu Mea adalah sebuah tempat yang indah untuk berkunjung bersama keluarga. Berenang di sungai-sungai kecil sambil berfoto-foto dengan bebatuan yang sungguh unik dan tinggi akan filosofi yang kuat. Lokasi dari Batu Mea ini berada di Desa Karawa, Kecamatan Lemban.

7. Pulau Kamarrang

Pulau Kamarrang
Sumber: Gudangbaca

Pulau Kamarrang juga termasuk lokasi wisata Pinrang yang layak banget Kamu kijungi. Tempat ini berlokasi di Kelurahan Ujung Labuang. Pulau ini berluas sekitar 7 hektar yang didominasi dengan hutan bakau yang dikelilingi oleh air laut dan pulau. Sebelah Barat ditemukan bebatuan atau pantai berbatu dan Pulau bagian Tengah yang dihuni oleh kelelawar dengan pohon-pohon yang rindang. Selain itu Pulau ini juga menyediakan sebuah Villa yang cantik sebagai tempat merehatkan tubuh sejenak.

8. Gua Madingin

Gua Madingin
Sumber: Gua Madingin

Gua Madingin ini merupakan sebuah gua yang memiliki suhu yang lumayan dingin. Lokasinya berada di desa Batulappa sekitar 30 Kilometer dari jantung Kota Pinrang. Gua ini terletak di tengah gunung dan di dalamnya memperlihatkan sebuah nilai eksotis dan keindahan kontur relief pada dinding dan atap guanya.

9. Pantai Kappe

Pantai Kappe
Sumber: Gudangbaca

Pantai Kappe berada di desa data kecamatan Duampanua, Pinrang. Pantai Kappe ini masih sangat kental akan nuansa pedesaan. Karena keindahan perpaduan air pantai dan pedesaan yang memberikan kesujukan medalam menjadikan pantai ini sebagai salah satu lokasi nongkrong. Perjalanan ke pantai ini sekitar kurang lebih 2 jam dari Kota Pinrang.

10. Bukit Suppiran

Bukit Suppiran
Sumber: Twitter.com

Berada di atas bukit dan memandang keindahan ciptaan sang ilahi memang dapat menjadikan manusia  terhipnotis sejenak. Keindahan yang terpancar dari bukit suppiran ini menjadi salah satu destinasi tercantik yang dimiliki Kabupaten Pinrang. Lokasinya terletak di Desa Sali-Sali, Kecamatan Lembang, Kabupaten Pinrang.

11. Pantai Maroneng

Pantai Maroneng
Sumber: olieolay

Pantai Maronang terletak di Dusun Arra, Desa Rajang, Kecamatan Lembang. Pantai Maroneng memiliki garis pantai terpendek hanya sekitar 1km yang diapit oleh dua muara sungai. Di Pantai ini juga tersedia fasilitas yang dapat menunjang aktifitas liburan Kamu yaitu adanya Kolam Renang Bermain Untuk Anak-anak, Bebek-Bebek, Kolam Pemancingan, Beberapa Gasebo untuk tempat  beristirahat sejenak pengunjung, Mushollah, serta Kamar Mandi Ganti bagi para pengunjung yang ingin berenang di pantai.

12. Salo Saddang

Salosaddang
Sumber: Halamanindonesia

salah satu sungai yang cukup panjang dan membelah beberapa kecamatan yang ada di Pinrang dan salah satu anak sungainya bermuara di laut Kecamatan Duampanua. Selain menjadi nama sungai, Salo Saddang juga merupakan salah satu judul lagu yang biasa diperlombakan pada acara-acara tertentu. Pancaran alamiah yang terlihat di Salosaddang mengundang para pengujung untuk datang kelokasi ini.

13. Pantai Lowita Suppa

Pantai Lowita Suppa
Sumber; Indonesianews

Pantai Lowita merupakan salah satu pantai dari Suppa kabupaten Pinrang. Pantai ini dilengkapi dengan waterboom dan pohon-pohon yang indah.

14. Pantai Waka

Pantai Waka
Sumber: wisata lengkap

Pantai Waka juga disebut sebagai Pantai Kuta Pinrang. Keunikan pantai ini memiliki beberapa keasamaan dengan Pantai Kuta Bali. Lokasi yang tidak jauh dari jantung kota Pinrang menjadi salah satu destinasi yang layak dikunjungi.

Itulah beberapa wisata bahari yang layak dikunjungi dan dijadikan sebagai rute liburan panjang Kamu bersama keluarga tercinta. Sok, yuk ke Pinrang guys..

Penulis, Peneliti, Pengajar, volunteer, suka tantangan dan petualang.