Your Theme License is INVALID or EXPIRED

10 Tips Make Up untuk Pemula dari MUA Hitz Makassar, Endah MB

 
0

Tak dapat dipungkiri, inner beauty memang menjadi hal yang sangat penting bagi seorang wanita. Karena inner beauty merupakan kecantikan hakikih yang berasal dari dalam diri seorang wanita. Namun walau demikian, bukan berarti bahwa outer beauty justru diabaikan. Outer beauty sendiri merupakan kecantikan dari luar seorang wanita.

Berbicara mengenai kecantikan, Kamu pernah menyadari satu hal gak sih bahwa saat ini semakin banyak wanita cantik yang bertebaran? Ketika Kita ke tempat-tempat yang ramai seperti pusat-pusat perbelanjaan, tempat wisata, atau di tempat terbuka lainnya, sejauh mata memandang Kita akan melihat wanita cantik. Ini mengindikasikan bahwa wanita masa kini selain pandai merawat diri dan memperhatikan penampilan, mereka juga memiliki skill make up sebagai penunjang penampilan mereka.

Skill make up memang menjadi salah satu hal yang paling menunjang penampilan seorang wanita. Tapi eiittss… jangan membayangkan riasan tebal di wajah seorang wanita dengan lipstik merah cetar membahana ketika mendengar atau membaca kata make up. Karena saat ini ada banyak genre make up yang digandrungi oleh wanita masa kini. Salah satu yang paling nge-tren adalah ‘no make up’ make up look. Jenis make up yang satu ini merupakan dandanan dengan hasil yang terlihat natural seperti tidak menggunakan make up namun tetap terlihat segar dan menawan.

Lalu gimana dong kalau belum tau make up sama sekali? Kalau masih pemula dan ingin belajar make up, gimana dong? Tenang ladies… Karena salah satu make up artist andal asal Makassar yaitu Endah MB akan memberikan beberapa tips make up bagi pemula. Tips make up ini bisa Kamu praktekkan walau Kamu masih pemula. Penasaran? Yuk simak tips-tips dari Endah MB berikut ini:

1. Kenali Karakter Wajah serta Warna dan Jenis Kulit

Ini sangat penting sebagai pengetahuan dasar sebelum ber-makeup. Kenali terlebih dahulu seperti apa bentuk wajah dan bagaimana karakter wajah Kamu. Bentuk wajah di sini, apakah wajah Kamu cenderung berbentuk bulat, kotak, atau oval.

Selain itu, mengetahui karakter wajah juga sangat penting, apakah wajah terkesan jutek, calm, cute, dll. Dan yang tak kalah penting, mengetahui warna dan jenis kulit. Apakah kulit kamu normal, berminyak, atau kombinasi. Kamu juga perlu mengetahui warna kulit Kamu. apakah termasuk putih gading (ivory), Kuning Langsat / coklat terang (natural), Sawo matang (beige), atau gelap/coklat gelap (Tan).

Ketika Kamu mengetahui dengan baik mengenai ini, Kamu akan lebih terbantu dalam memilih produk yang akan Kamu gunakan untuk wajah Kamu. Jadi gak ada lagi tuh yang namanya salah beli shade ketika membeli bedak maupun pengalas bedak.

2. Kenali kekurangan dan kelebihan Wajah

Setelah mengetahui bagaimana karakter wajah, warna kulit serta jenis kulit, yang selanjutnya perlu diketahui adalah kekurangan dan kelebihan pada wajah. Mengapa ini perlu? Karena pada dasarnya, prinsip bermakeup adalah melebihkan yang kurang dan mengurangi yang lebih agar porsi pada setiap bagian wajah bisa lebih pas.

Mungkin kelebihan wajah Kamu adalah memiliki bentuk alis yang sudah cantik dari sononya tapi Kamu punya bentuk mata yang tidak sama besarnya, nah ini yang perlu disiasati dengan make up. Atau mungkin Kamu punya bentuk bibir yang bagus namun memiliki hidung yang kurang mancung, nah ini juga yang perlu disiasati bagaimana agar dengan kekuatan make up, Kamu bisa terlihat lebih mancung.

Jadi, sangat penting yah untuk mengetahui kekurangan dan kelebihan pada wajah Kamu, Ladies.

3. Fokus di Latihan Alis

Percaya atau tidak, tapi alis memegang peranan penting dalam hasil make up. Bentuk alis dapat megubah tampilan wajah seseorang. Jadi sangat penting untuk menggambar alis yang sesuai dengan bentuk wajah. Dan membuat alis ini bisa dibilang gampang-gampang susah loh, ladies. Ada kalanya yang sebelah kiri sudah bagus, eh susah seimbang dengan hasil yang di kanan.

Kalau Kamu masih ragu untuk menggambar alis, Kamu bisa lihat di youtube tutorial membuat alis bagi pemula. Di youtube ada banyak kok tutorialnya. Tapi jangan hanya ditonton yah.. Tapi dipraktekin juga.

Oh iya, Endah MB memberikan tips nih buat Kamu agar terhindar dari yang namanya alis mencolok kayak sinchan. Gunakan pensil alis yang berwarna coklat atau coklat muda. Pokoknya hindari menggunakan pensil alis yang berwarna hitam. Karena gak semua orang loh cocok menggunakan pensil alis dengan warna itu. Dan jangan lupa, gunakan sikat alis untuk membuat kesan gradasi natural pada alis yang telah digambar sebelumnya.

4. Gunakan Eyeshadow Warna Natural

Menggunakan eyeshadow memang bisa dibilang perlu-gak perlu. Mengapa? Karena penggunaan eyeshadow yang tepat bisa memberikan kesan lebih hidup dan lebih segar pada mata. Nah, untuk mendapatkan look yang terkesan natural namun masih terlihat fresh, gunakan eyeshadow yang warna-warna aman seperti warna coklat, peach dan coklat tua.

Dari Endah MB, untuk mendapatkan tampilan mata yang cantik, gunakan kurang lebih 2 warna eyeshadow. Dan jangan lupa, blend dengan sempurna. Jangan sampai ada eyeshadow yang numpuk di bagian tertentu sedangkan di bagian lainnya malah terlihat kosong atau memudar.

5. Gunakan Alas Bedak dan Bedak yang berbahan Ringan

Penggunaan alas bedak ini juga perlu-gak perlu sih. Ada orang yang tidak suka menggunakan alas bedak apapun seperti foundation karena telah memiliki kulit wajah yang flawless dan terawat. Nah, buat Kamu yang memiliki kekurangan-kekurangan pada wajah seperti kulit kusam atau terdapat flek-flek hitam, Kamu bisa menggunakan pengalas bedak yang berbahan ringan seperti menggunakan bb cream.

Selain pemilihan alas bedak yang ringan, pemilihan bedak juga perlu dipertimbangkan. untuk Kamu yang kulitnya cenderung oily, Kamu bisa menggunakan bedak tabur. Tapi, Kamu juga sesuaikan dengan kebutuhan Kamu, sekarang jenis-jenis bedak dan fungsinya sudah beragam. Jadi, sesuaikan dengan kebutuhan kulit wajah Kamu.

6. Hindari dulu Penggunaan Teknik Shading

Teknik ini biasanya digunakan untuk mengatasi pipi yang chubby atau tembem. Dengan menggunakan teknik shading, bisa membuat pipi jadi terlihat lebih tirus dan membuat wajah jadi terlihat proporsional. Selain itu, teknik ini juga biasanya digunakan untuk membuat tulang hidung agar telihat lebih mancung. Nah, orang yang dengan hidung agak sedikit minimalis, biasanya akan perkuat di teknik ini untuk menonjolkan bagian hidungnya.

Tapi nih ladies, teknik shading gak boleh sembarang digunakan loh. Salah-salah bisa membuat muka Kamu jadi kelihatan aneh. That’s why, ketika Kamu ragu dengan teknik shading ini sebaiknya memang dihindari dulu. Kalau Kamu ada waktu luang di rumah, Kamu boleh coba belajar teknik Shading, banyak di youtube kok. Intinya, perbanyak latihan.

Jadi amannya, buat Kamu yang masih pemula bila ingin bepergian atau hendak ke kondangan dengan make up sendiri, sebaiknya hindari dulu menggunakan teknik ini bila memang belum menguasai dengan baik teknik shading. 

7. Gunakan Blush On , Eyeliner , dan lipstick secukupnya

Yupzzz segala sesuatu yang berlebihan emang gak bagus, termasuk dalam hal make up. Nah buat Kamu yang pemula, eh bukan hanya untuk pemula sih. Tapi buat Kamu yang ingin make up simple tapi masih tetap terlihat segar, gunakan blush on, eyeliner dan lipstick secukupnya.

Eyelinernya yang tipis-tipis aja. Bila belum pede pake wing, pake eyeliner yang standar juga oke. Ini untuk mempertegas garis mata Kamu, Ladies. Selain itu, gunakan lipstick yang warna aman seperti nude. Ini untuk membuat bibir Kamu terlihat lebih segar tanpa harus kelihatan menor. Dan jangan lupa, blush on nya yang tipis-tipis aja, biar pipi Kamu terlihat lebih merona dan segar.

8. Sering-Sering Latihan dengan Bebagai Tema Make Up untuk Mendapatkan Look yang Pas

Kamu yang memiliki antusias dalam hal make up, tentunya akan selalu ingin belajar hal yang baru. Nah, di masa-masa belajar make up ini, Kamu sering-seringlah make up dengan berbagai tema. Kamu bisa mencoba make up ala-ala korea dengan ombre lipstick-nya yang khas. Atau make up ala orang barat dengan full lipstick ala-ala Kylie Jenner.

Ada banyak tema make up yang bisa kamu pelajari. Ini supaya apa? Supaya Kamu dapat menemukan tema make up yang pas untuk wajah, style dan kepribadian kamu, Ladies.

9. Minta Pendapat Orang Terdekat atas Hasil Make Up yang Telah Dibuat

Ini sangat penting untuk meminta pendapat orang terdekat dengan hasil make up yang telah dibuat. Bila sedang bersama teman, bisa minta pendapat teman. Bila sedang di rumah, minta pendapat ke mama atau saudara yang ada di rumah. Gak mau kan ketika sudah capek-capek make up, pas hangout bareng teman, eh malah dibilangi kayak badut atau kayak tante-tante.

Tak hanya ketika hendak bepergian. Ketika Kamu lagi luang di rumah, ketika Kamu bereksperimen dengan tema-tema make up yang kamu pelajari, Kamu pun bisa meminta pendapat orang terdekat kamu. Biar mereka juga bisa melihat setiap perkembangan skill make up Kamu. Selain itu, mereka juga bisa memberikan kritik dan saran, apa yang harus dikurangi, dan apa yang perlu ditambahkan.

10. Bila Sempat, Ikuti Kelas Make Up untuk Meningkatkan Skill Make Up

Tipikal orang beda-beda sih. Ada yang jago make up karena otodidak bereksperimen sendiri hingga benar-benar mahir, ada yang harus didampingi dulu biar bisa make up, dan ada juga yang belajarnya dari media youtube.

Buat Kamu yang masih merasa kesulitan dengan bereksperimen sendiri atau sudah merasa perlu meningkatkan skill make up, Kamu sebaiknya mengikuti kelas make up. Selain itu, Kamu juga bisa konsultasi langsung dengan ahlinya. Tapi memilih kelas make up juga harus teliti yah, Ladies. Kamu liat dulu hasil make-up yang buka kelas. Apakah memang seperti itu yang Kamu inginkan? Apakah ciri khas make up dari calon guru make up Kamu memang sesuai dengan yang Kamu inginkan? Serta keterjangkauan harganya.

Dengan mengikuti kelas make up, Kamu juga bisa mendapatkan sertifikat dari pengajar Kamu. Dan ini bisa sebagai portofolio Kamu yang pernah mengikuti kelas make up dari MUA ternama yang skillnya sudah tidak perlu diragukan lagi, seperti kelas make up Endah MB.

——-

Nah itulah beberapa tips make up dari MUA ternama asal Makassar. Endah MB merupakan make up artis Makassar yang telah merias tak hanya orang-orang ternama yang ada di Makassar, namun juga telah merias sederet Artis tanah air seperti Audy, Nafa Urbach, Luna Maya dan masih banyak lagi.

Yuk, ikut kelas make up dari Endah MB dan dapatkan berbagai benefit yang ditawarkan.

Personal Blog: www.ilayahya.com || Instagram: @ilayahya_ || Facebook : Ila Yahya || Youtube: ILA YAHYA || Twitter: @ilayahya_