Your Theme License is INVALID or EXPIRED

[Wisata Bahari] 6 Pantai Indah di Kabupaten Kepulauan Selayar

 
0

Sulawesi Selatan terdiri atas 21 Kabupaten dan 3 Kota. Salah satu Kabupatennya terletak di ujung Selatan pulau Sulawesi, yaitu Kabupaten Kepulauan Selayar. Dulunya kabupaten ini bernama Kabupaten Selayar, namun mengalami perubahan nama menjadi Kabupaten Kepulauan Selayar berdasarkan PP No. 59 Tahun 2008.

Kabupaten Kepulauan Selayar memiliki total keseluruhan luas wilayah (daratan dan lautan) sebesar 10.503,96 Km2 dengan total penduduk sebanyak 122.055 jiwa. Adapun ibu kota kabupaten dari Kepulauan Selayar ini adalah Kota Benteng.

Mungkin dari Kalian akan ada yang bertanya-tanya seperti ini, “Mengapa dinamakan Kabupaten kepulauan Selayar?” Nah jadi gini, dari 24 total Kabupaten / kota yang ada di Sulawesi Selatan, satu-satunya Kabupaten yang tidak berada di daratan pulau Sulawesi adalah Kabupaten ini. Dengan kata lain, Seluruh wilayahnya terpisah dari daratan Sulawesi, namun masih tetap dalam lingkup wilayah Sulawesi Selatan.

Mengapa namanya Kabupaten Kepulauan Selayar karena Kabupaten ini terdiri atas gugusan beberapa pulau sehingga membentuk suatu wilayah kepulauan. That’s why namanya Kabupaten Kepulauan Selayar, dan sangat terkenal dengan wisata baharinya.

Wisata Bahari apa yang paling terkenal dari Kabupaten ini? Yuuuppzz.. Taman Nasional Takabonerate. Keindahan bawah lautnya benar-benar bagaikan surga dunia yang sangat mempesona dan mengagumkan. Tak heran bila hal wajib yang akan dilakukan oleh pengunjung wisata ini adalah diving dan snorkeling.

Nah, selain Taman Nasional Takabonerate, ternyata banyak loh wisata bahari dari kabupaten ini yang sangat mengagumkan. Kabupaten Kepulauan Selayar yang memiliki beberapa gugusan pulau memiliki beberapa pantai indah yang pesonanya akan membuat pengunjungnya senantiasa merindukan tempat tersebut. Pantai apa sajakah itu?

1. Pantai Punagaan

pantai punagaan Selayar - bagooli.com
Sumber: instagram.com/muhan.ibnu/

Pantai indah ini terletak di pesisir timur Kabupaten Kepulauan Selayar, tepatnya di Dusun Patilereng Kecamatan Bontosikuyu. Dari kota Benteng ke Pantai Punagaan berjarak 20 Km dan  memerlukan waktu tempuh kurang dari sejam untuk bisa sampai ke sana.

Wilayah pantai Punagaan dipenuhi oleh tumbuhan dan pepohonan di sekitaran laut. Tak hanya itu, tebing-tebing indah akan terlihat dari tempat ini. Di pantai ini juga terdapat dermaga kayu, sehingga pengunjung bisa semakin menikmati keindahan laut dengan berada di dermaga kayu ini.

Tapi, sebelum memutuskan ke pantai ini, ada baiknya mempersiapkan perbekalan makanan yang cukup. Beli cemilan sebanyak-banyaknya, karena di pantai ini tidak terdapat tempat jajan, apalagi café buat nongkrong. Dan yang paling penting, di tempat ini susah sinyal. Jadi, yang dikit-dikit update status, live di sosial media, update instastory dan sejenisnya, harap bersabar dan nikmatilah panorama yang ada di sana.

2. Pantai Baloiya

Pantai baloiya - bagooli.com
Sumber: instagram.com/mhumu

Objek wisata bahari lainnya dari Kepulauan Selayar yang senantiasa menjadi primadona bagi para wisatawan adalah Pantai Baloiya. Pantai ini berjarak 10 Km ke arah Selatan dari kota Benteng. Dapat ditempuh menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat.

Dari bibir pantai, pengunjung dapat menyaksikan pemandangan batu yang berada di tengah pantai dengan keindahan tanaman Asoka yang tumbuh di atas batu tersebut.

Berebeda dengan pantai Punagaan, Pantai Baloiya ini memiliki sarana dan prasarana yang memadai. Pengunjung dapat melakukan aktivitas snorkeling maupun diving dengan menggunakan fasilitas yang telah disediakan oleh pengelola Selayar Island Resort.

3. Pantai Pa’ baddilang

Pantai Pa' Baddilang - bagooli.com
Sumber: instagram.com/asrulashary/

Pantai yang tak kalah indah lainnya adalah Pantai Pa’ baddilang. Letaknya berada di bagian Utara Kepulauan Selayar tepatnya di desa Bungaiya Kecamatan Bontomate’ne. Pantai Pa’ baddilang  berjarak sekitar 35 Km dari kota Benteng. Untuk bisa sampai ke pantai ini, membutuhkan waktu sekitar satu jam. Boleh menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat.

Apa yang menarik dari pantai ini? Di sisi Timur pantai ini terdapat tebing karang yang ditumbuhi pepohonan, sedangkan di sisi baratnya terdapat pesisir putih.

Bila ingin berlama-lama berada di tempat ini, sebaiknya membawa perlengkapan yang dibutuhkan. Karena di tempat ini sarana dan prasarana belum memadai, belum ada fasilitas penginapan di Pantai Pa’ baddilang ini. Namun dari segi panorama, pantai ini tak perlu diragukan lagi.

4. Pantai Pinang

Pantai Pinang - bagooli.com
Sumber: instagram.com/mhumu

Pantai ini menyimpan pesona keindahan yang sungguh mengagumkan. Terletak di pesisir Timur Kepulauan Selayar, untuk bisa sampai ke pantai ini memerlukan waktu tempuh yang lumayan lama dari waktu tempuh pantai-pantai sebelumnya.

Dari kota Benteng, pengunjung harus menuju pelabuhan Pattumbukang terlebih dahulu dengan waktu tempuh lebih dari satu jam. Kemudian setelah tiba di pelabuhan ini, pengunjung harus melanjutkan perjalanan dengan menggunakan perahu kecil dengan waktu tempuh sekitar 40 menit. Sebelum sampai di tempat tujuan, pengunjung bisa menikmati panorama keindahan laut yang dilalui selama perjalanan menuju pantai Pinang.

Pantai Pinang ini telah dilengkapi fasilitas penginapan dan penyewaan peralatan diving. Sehingga pengunjung dapat menikmati keindahan bawah laut di pantai ini.

Selain disediakan penginapan yang dikelola oleh warga asing, di pantai Pinang ini juga terdapat sebuah restoran dengan berbagai menu lokal maupun menu internasional.

5. Pantai Liang Kareta

Pantai Liang Kareta - bagooli.com
Sumber: instagram.com/tresiaanggela_

Pantai indah lainnya yang identik dengan pasir putih dari Kabupaten Kepulauan Selayar adalah Pantai Liang Kareta. Jaraknya sekitar 10 Km dari kota Benteng yang ditempuh kurang lebih 20 menit agar bisa sampai di Pantai ini.

Pantai Liang Kareta terletak di sebelah Selatan Pulau Gusung, tepatnya di desa Bontoborusu Kecamatan Bontoharu. Letaknya berdekatan dengan pantai Je’neiya. Berbagai aktivitas bahari dapat dilakukan di tempat ini, mulai dari snorkeling, diving, fishing sampai sun bathing. Selain itu, memandangi sun set di sore hari bisa memberikan kesenangan dan kekaguman tersendiri pada keindahan pantai ini.

6. Pantai Liang Tarrusu

Pantai Liang Tarrusu - bagooli.com
Sumber: facebook.com/SelayarDiveAdventure/

Selanjutnya ada Pantai Liang Tarrusu. Pantai ini adalah salah satu objek wisata alam kepulauan selayar yang terletak di Desa Bontoborusu Kecamatan Bontoharu. Letaknya tidak jauh dari pantai Liang Kareta, namun garis pantai Liang Tarrusu tidak terlalu panjang seperti pantai-pantai lainnya.

Untuk bisa sampai di pantai ini, dibutuhkan waktu tempuh sekitar 90 menit dari kota Benteng menuju perkampungan nelayan Padang. Selanjutnya, dengan menggunakan perahu tradisional lepa-lepa atau joloro dibutuhkan waktu tempuh sekitar satu jam agar bisa tiba di pantai Liang Tarrusu ini.

Itulah beberapa pantai indah yang terdapat di Kabupaten Kepulauan Selayar. Kabupaten yang identik dengan wisata bahari ini memang tak akan pernah habis bila membicarakan keindahannya. Bagi para traveller Wisata Bahari, tentunya tidak akan melewatkan tempat-tempat indah seperti ini. Karena mengunjungi pantai dan memandangi keindahannya bisa memberikan ketenangan tersendiri. Dan yang tak kalah penting, dapat membuat pikiran jadi lebih tenang. So, kapan nih guys ke tempat-tempat indah ini? Mumpung lagi libur panjang, yuk ke Kabupaten Kepulauan Selayar.

 

Personal Blog: www.ilayahya.com || Instagram: @ilayahya_ || Facebook : Ila Yahya || Youtube: ILA YAHYA || Twitter: @ilayahya_