[Wisata Bahari] Pesona Keindahan 6 Pantai di Kabupaten Bulukumba

 
0

Salah satu Kabupaten di Sulawesi Selatan yang terkenal dengan keindahan laut dan pasir putihnya adalah kabupaten Bulukumba. Kabupaten ini terletak di ujung bagian Selatan provinsi Sulawesi Selatan. Bulukumba berjarak 153 Km dari Kota Makassar. Kabupaten yang memiliki luas wilayah 1.154,67 Km2 ini memiliki total penduduk sebanyak 395.560 Jiwa.

Bulukumba selalu identik dengan Kapal Phinisi dan Suku Kajangnya. Bila orang-orang menyebut Kapal Phinisi atau Suku Kajang, biasanya seseorang akan reflex mengingat Kabupaten ini. Padahal, selain dua hal tersebut, banyak loh ciri khas lainnya dari Bulukumba, misalnya dari segi tempat wisata.

Setiap daerah pastinya memiliki tempat-tempat Wisata yang bisa dibanggakan dari daerahnya. Termasuk dengan Bulukumba ini. Tempat wisata apa yang paling terkenal dari Bulukumba? Yuuppzz.. Tanjung Bira. Wisata bahari Kabupaten bulukumba ini memang sungguh terkenal, tidak hanya di kalangan orang-orang Sulawesi Selatan tapi juga di luar Sulawesi Selatan.

Ketika libur panjang tiba, biasanya orang-orang akan berencana untuk liburan ke pantai berpasir putih ini. Tapi, tak hanya pantai Bira loh yang bisa memberikan pemandangan yang indah dan menyejukkan. Selain Bira, ternyata Bulukumba punya pantai-pantai indah lainnya loh yang tidak kalah keren.

Yuk, simak pesona keindahan 6 Pantai indah yang terdapat di Kabupaten Bulukumba berikut ini:

1. Pantai Tanjung Bira

Pantai Bira - bagooli.comSumber: piknikasik.com

Pantai Tanjung Bira ini adalah tempat wisata yang paling terkenal dari Kabupaten Bulukumba. Wisatawan tak hanya datang dari dalam Sulawesi Selatan telainkan juga berasal dari Luar pulau Sulawesi. Bahkan wisatawan mancanegara pun banyak yang berkunjung ke pantai ini.

Untuk menuju ke sini, akan membutuhkan waktu kurang dari sejam bila start dari kota. Ketika masuk di kawasan ini, akan dikenakan biaya 10rb rupiah per orang (untuk wisatawan local) dan 20rb rupiah per orang (untuk wisatawan mancanegara).

Ketika berada di tempat ini, sejauh mata memandang terlihat hamparan laut yang indah yang dapat memberikan ketenangan tersendiri. Ciri khas utama yang dimiliki Pantai Bira adalah pasir putihnya yang halus. Kemudian, ketika memandangi lautnya akan terlihat 3 lapisan warna khas pantai yang indah.

Ingin berlama-lama di Bira? Tenang.. di kawasan ini banyak penginapan kok. Penginapan ini mulai dari kisaran harga 100rb hingga 600rb per malam. Jadi tinggal pilih pengen menginap di tempat yang seperti apa.

2. Pantai Bara

pantai bara - bagooli.com
Sumber: rhajieblog.files.wordpress.com

Pantai indah lainnya dari Bulukumba yang tak kalah keren dengan Bira adalah pantai Bara. Dua pantai ini bagaikan anak kembar, yaitu Bara dan Bira.

Walau belum sepopuler Bira karena letaknya yang terkesan tersembunyi, Pantai Bara ini sebenarnya  menjadi incaran wisatawan saat ini karena keindahannya yang sungguh menggoda.

Bagi penikmat pantai yang sunyi dan tenang, pastinya akan sangat menyukai berada di Pantai ini. Keinginan untuk menyegarkan pikiran benar-benar bisa terealisasi ketika berada di tempat ini. Namun di Bara ini penginapan belum sebanyak di Bira.

3. Appalarang

appalarang - bagooli.com
Sumber: phinemo.com

Bila biasanya pantai selalu identik dengan keindahan pasir putihnya, hal ini berbeda dengan pantai yang satu ini. Appalarang merupakan pantai dengan hamparan tebing, alias pantai indah tak berpasir.

Lokasi Appalarang berada di desa Ara Kecamatan Bontobahari. Untuk menuju ke sana, dibutuhkan waktu sekitar 4 sampai 5 jam dari Kota Makassar dengan perjalanan darat menggunakan roda empat maupun roda dua.

Di Appalarang belum tersedia penginapan. Sehingga pengunjung yang hendak berlama-lama di sana sebaiknya membawa perlengkapan-perlengkapan yang dibutuhkan. Namun jangan risau, karena di tempat ini terdapat gazebo yang bisa dijadikan sebagai tempat beristirahat.

Selain hanya sekadar berfoto ria atau berenang, pengunjung juga dapat memancing di tempat ini. So, buat Kamu yang hobi mancing, jangan lupa membawa peralatan mancingnya yah biar bisa menikmati keindahan laut sambil mancing.

Oh iya, Appalarang ini juga sering dijadikan sebagai tempat untuk melakukan sesi foto Prewedding loh… Panorama laut indah berlatarkan tebing-tebing batu karangnya memberikan nilai estetika tersendiri pada hasil foto Prewedding.

4. Pantai Samboang

pantai samboang - bagooli.com
Sumber: webicdn.com

Pantai yang satu ini terletak di desa Eka Tiro Kecamatan Bonto Tiro. Lokasi pantai ini tidak jauh dari pantai Appalarang. Bila dari Appalarang, hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit untuk bisa sampai ke pantai ini.

Ketika berada di pantai Samboang, sejauh mata memandang akan terlihat hamparan laut yang luas. Dan ini benar-benar mengagumkan.

Apa yang istimewa dari pantai ini adalah terdapat sebuah pulau kecil yang berada di ujung pantai. Tak hanya itu, di sana terdapat sebuah jembatan dengan panjang kira-kira 20 meter sebagai akses menuju pulau kecil tersebut. Nah, pulau kecil itu sangat pas untuk dijadikan sebagai spot memancing.

Jadi, sebelum memutuskan untuk ke pantai Samboang ini, ada baiknya Kamu mempersiapkan segalanya dengan baik termasuk peralatan memancing bila Kamu senang memancing.

Di pantai Samboang ini juga telah dilengkapi fasilitas penginapan dengan kisaran harga mulai dari 100rb hingga beberapa ratus ribu per malam. Di sekitar pantai ini juga terdapat gazebo-gazebo yang bisa dijadikan sebagai tempat beristirahat ataupun sekadar nongkrong.

5. Pantai Kasuso

Pantai Kasuso - bagooli.com
Sumber: media.travelingyuk.com

Pantai menawan lainnya milik Bulukumba adalah Pantai Kasuso. Pantai ini terletak di dusun Kasuso Desa Darubiah Kecamatan Bonto Bahari. Pasir putih dan birunya air laut masih menjadi ciri khas pantai ini,  sama seperti pantai-pantai sebelumnya.

Letak pantai Kasuso berada 5 Km sebelum pantai Bira. Akses menuju pantai ini terbilang cukup ekstrim, karena pengendara harus melewati jalan yang sempit dan belokan tajam. Sehingga dibutuhkan kehati-hatian yang ekstra saat menuju pantai ini.

Untuk memasuki kawasan pantai ini, pengunjung tidak dikenakan biaya apapun, baik itu biaya masuk maupun parkir.

Yang unik dari pantai ini adalah terdapat sebuah batu besar berdiri kokoh tak jauh dari pinggir pantai Kasuso. Batu karang besar ini juga memiliki nama, loh. Batu ini dinamai Batu Taha, yang telah menjadi maskot atau ciri khas dari pantai Kasuso. Tak afdol rasanya bila mengunjungi pantai keren ini namun tak berfoto dengan latar batu besar tersebut.

6. Pantai Pusahelu

Pantai Pusahelu - bagooli.com
Sumber: instagram.com/erickrenaldo46

Pantai Pusahelu berada di Desa Darubiah Kecamatan Bonto Bahari. Pantai yang terletak di belakang pantai Bara ini belum terlalu banyak diketahui keberadaannya. Sehingga pantai indah ini terkesan masih sepi ketika dikunjungi. Bukannya bagus dong.. serasa pantai milik pribadi 😀

Itulah tadi beberapa pantai indah yang  bisa Kamu kunjungi sebagai destinasi liburan bareng teman, sahabat maupun keluarga. Nah, pantai mana dulu nih yang bakal Kamu kunjungi ketika berada di Bulukumba?

Selain kepada-Nya, jangan terlalu percaya pada siapapun. Follow me on Instagram: @ilayahya_