Memasuki musim hujan adalah sesuatu hal yang terkadang membuat masyarakat menjadi panik dan was-was. Mengapa tidak? Hujan mampu menjadi penghalang melakukan aktivitas dan juga menjadi sebuah ketakutan terbesar bagi sebagian masyarakat  (ketakutan akan hadirnya banjir, tanah longsor, merusak mata pencaharian, serts terganggunya kesehatan).

Hujan menurut Wikipedia merupakan proses kondensasi uap air di atmosfer menjadi butir air yang cukup berat untuk jatuh dan biasanya tiba di daratan. Saat Hujan biasanya  keadaan tubuh terjadi perubahan suhu dari normal ke dingin, ini ditambah lagi ketika kita Kehujanan, suhu tubuh sangat dingin akan mengakibatkan fluktuasi kesehatan akan memburuk dan bahkan berbagai mikroorganisme  meningkat 100 derajat dari biasanya siap menyerang kekebalan tubuh sehingga diperlukan reduksi dingin dengan memberikan kehangatan tubuh untuk segera mengembalikan suhu dingin tubuh agar normal kembali seperti sebelumnya.

Beberapa Makanan Berkuah yang tersedia di Makassar paling ampuh mengobati kedinginan dan dijamin akan memberikan kehangatan yang segera terhadap tubuh, 9 aneka makanan berkuah tersebut ialah :

1. Coto Makassar 

Coto Makassar - bagooli.com
Sumber: Rasamasa

Salah satu makanan yang paling sering dikunjungi oleh penikmat makanan berkuah baik di musim panas maupun musim dingin (hujan) adalah Coto Makassar. Coto Makassar adalah makanan asli dari Makassar yang terdiri dari gabungan jeroan (isi perut) dan daging sapi dengan proses perebusan yang memakan waktu lama. Jeroan dan daging sapi tersebut diiris-iris kemudian dibumbui dengan racikan secara spesial. Biasanya Coto ini disajikan dalam wadah mangkok yang dipadukan dengan Ketupat atau “burasa” (sejenis ketupat yang dibungkus dengan daun pisang. di Makassar terdapat 4 nama lain Coto Makassar yaitu Coto Gembira, Coto Nusantara, Coto Bawakaraeng, dan Coto Tol Nusantara.

2. Sop Saudara 

Sop Saudara - bagooli.com
Sumber: zen travel blog

Sop saudara adalah salah satu makanan yang paling familiar di telinga masyarakat.  Ini bukan tentang Sop-nya Saudara (Sebutan kakak laki-laki) melainkan hidangan berkuah dengan bahan dasar daging sapi biasanya disajikan bersama bahan pelengkap seperti bihun, perkedel kentang, jeroan sapi (misalnya, paru goreng), dan telur rebus di duetkan bersama nasi putih dan ikan bolu bakar. Tambahan lain sebagai pelengkap kelezatan sop ini yaitu sambal kacang serta irisan timun. Makanan ini berasal dari Pangkep (Salah satu Kabupaten yang ada di Sulsel dan tidak jauh dari Jantung kota Makassar).

3. Sop Konro 

Sop Konro - bagooli.com
Sumber: resepayam.net

Makanan satu ini tidak kalah lezat dari dua makanan diatas. Sop Konro sendiri terdiri dari bahan utama Tulang Sapi dan daging sapi. Tulang dan daging sapi tersebut awalnya dilakukan perebusan hingga matang kemudian ditambah dengan kayu manis, seduhan air asam jawa dan bahan-bahan lain (bahan penambah aroma dan kegurihan, tergantung dari salera yang diinginkan). Penambahan tumisan campuran dari bumbu-bumbu yang telah disiapkan (campuran dari merica, pala, kacang merah, bawang merah dan putih serta bahan yang lain) dituang kedalam rebusan tulang (iga) sapi. Kenikmatan dan kelezatan dari Sop Konro  tidak akan terlupakan oleh setiap penikmat makanan ini selain itu Sop konro juga biasanya diyakini dapat meningkatkan tekanan darah sehingga bagi masyarakat yang mengalami Anemia (kekurangan darah) sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan ini. Hal ini dapat terjadi akibat tingginya mineral, vitamin dan zat besi yang mampu membantu pembentukan darah hemoglobin dalam sel darah merah.

4. Pallu Basa 

Pallu Basa - bagooli.com
Sumber: goto maall.com

Pallu basa juga termasuk makanan asli dari kota Makassar. Makanan berkuah ini hampir sama dengan Coto Makassar, mungkin bagi pengunjung yang datang dari luar provinsi Sulawesi selatan akan memikirkan hal yang sama namun ternyata berbeda. Perbedaan yang mendasar dari Pallu Basa dan Coto Makassar terletak pada dasar bahan yang digunakan. Bahan dasar dari makanan berkuah ini adalah lebih ke penggunaan daging sapi dan jeroan sapi yaitu Hati, Usus serta jantung Sapi. Penyajiannya tetap di mangkung dan biasanya dimakan dengan Burasa dan ketupat. Rasa Pallu Basa tidak kalah nikmat dari Coto Makassar, kenikmatan hati dan daging ayam saat dicicipi sangat terasa di lidah. Keduanya memiliki rasa nikmat yang berbeda dan akan memberikan ketagihan untuk terus mencicipinya.

5. Mie Titi 

Mie Titi - bagooli.com
Sumber: Faizalnisba.blogspot

Berbeda dari ke empat makanan berkuah diatas, makanan satu ini yang tidak kalah lezat dan nikmat adalah Mie Titi. Nama yang special dan juga mengundang pertanyaan yang mendalam bagi pengunjung akan arti dari Mie Titi. Mie Titi adalah sebuah makanan yang berbahan Mie kecil yang digoreng hingga kering tapi tidak sampai gosong juga yah, yang dipadukan dengan kuah yang kental ditambah perpaduan aneka sayuran hijau, seafood, bakso, daging ayam serta rempah-rempah lain yang akan menambah kegurihan dari makanan ini. Saat musim hujan pas banget deh ini  mencicipi Mie Titi ini. Awalnya masyarakat Sulawesi Selatan menjadikan sebagai makanan malam namun seiring perkembangannya dan rasa yang bikin ketagihan menjadi santapan dikala pagi dan siang hari juga. Selain gurih makanan ini sangat sehat dan kaya akan vitamin dan mineral.

6. Kapurung 

Kapurung - bagooli.com
Sumber: Resepsedapku.com

Kapurung merupakan salah satu makanan berkuah asli dari Luwu (kabupaten yang ada di Sulawesi Selatan) yang terdiri dari Bahan dasar sagu. Proses pengolahan sagu dapat dimasak dengan air panas maupun hanya disiram saja dengan air mendidih kemudian di aduk kencang dan cepat hingga berubah warna dan bentuk  yang semulanya berbentuk tepung yang halus menjadi sebuah tepung yang kenyal dan lengket. Kemudian akan dibentuk menjadi sebuah bulatan-bulatan kecil. Kapurung biasanya dikombinasikan dengan berbagai bahan-bahan makanan yang kaya akan mineral dan vitamin misalnya penambahan  bermacam-macam sayuran hijau, Buah jagung, Ikan, daging Ayam, Seafood dan apapun yang dapat dicampurkan tergantung dari salera penikmat kapurung tersebut. Proses pembuatan yang bisa disebut sangat cepat saji dan tidak memerlukan bahan-bahan dan rempah-rempah yang super duper banyak, kapurung bisa saja disajikan. Penggunaan rempah-rempah sederhana juga sangat efisien dalam penyajian kapurung ini. Biasanya dipadukan juga dengan biji kacang tanah yang sudah digoreng untuk menambah kelezatan dari makanan ini, bahkan masyarakat asli luwu mengistilahkan bahwasanya mereka tidak memakan kapurung melainkan meminum kapurung, penyajian yang sangat tradisional dan masih kental di kalangan masyarakat luwu akan mencicipi makanan berkuah ini dengan menggunakan tangan asli tanpa sendok dan mencampurkan langsung dengan nasi. Air atau kuahnya mereka minum. Inilah mengapa istilah Minum kapurung yang familiar di tanah luwu menjadi sebuah keunikan budaya tersendiri yang dimilikinya.

7. Juku pallu’ Ce’la

Pallu Ce'la - bagooli.com
Sumber: Kuliner Indonesia

Pallu Ce’la adalah masakan kuliner khas dari Makassar. (Pallu=Masak, dan Ce’la=Garam), Pallu Ce’la merupakan masakan dari bahan ikan spesifikasi rasa asin dengan aroma kunyit. Ikan Cakalang, Layang, Bolu, Sibula’/Tembang merupakan jenis ikan yang biasa diolah untuk dimasak Pallu Cela. Proses penyajiannya ikan ini dimasak dan dicampur dengan bahan-bahan rempah kunyit dan garam hingga airnya meresap dan aromanya akan terasa harum.

8. Pallu Mara 

Pallu Mara - bagooli.com
Sumber: indonesia.tourisme

Makanan satu ini identik dengan ikan bandeng (Bolu versi bugis) biasanya disebut sebagai ikan masakan kuah kuning. Tidak jauh beda dengan rasa masakan ikan lainnya ikan bandeng ini dimasak dengan bumbu dan bahan yang sederhana. Cita rasa yang nikmat menjadikan lidah untuk terus ingin mengkonsumsinya. Makanan Pallu Mara biasanya di duet mautkan dengan nasi putih dan tambahan racikan mangga yang muda yang masih segar dan gurih. Penambahan kunyit, merica, tomat dan beberapa bumbu penyedap lainnya menjadikan pallu Mara semakin andalan dan pilihan utama saat perut mulai merasa keroncongan.

9. Barobbo

Barobbo - bagooli.com
Sumber: Barobbo makassar

Barobbo berasal dari Bone, merupakan makanan khas asli dari Bone (Kabupaten terluas yang ada di Sulawesi Selatan). Bahan utama Barobbo adalah jagung yang diolah menyerupai bubur (tekstur halus dan tidak lengket). Rasa nikmat dan lezat dari barobbo akan lebih terasa bila ditambahkan dengan berbagai campuran rempah-rempah, sayuran,  Seafood, perkedel (jagung yang diiris tipis kemudian digoreng dengan tambahan tepung), kacang tanah goreng dan ikan yang akan menambah kegurihan dari masakan ini.

Itulah 9 aneka makanan berkuah dengan harga yang terjangkau sangat dekat dengan kantong masyarakat Makassar yang akan memberikan kehangatan disaat musim hujan mendera. Menyantap makanan tersebut juga kemungkinaan besar akan melindungi diri dari berbagai penyakit bukan hanya yang akan menyerang saat cuaca dan kondisi tubuh mulai dingin dan tidak seperti biasanya juga pada saat keadaan normal sekalipun karena kandungan mineral, vitamin dan zat besi yang dimiliki dari berbagai makanan berkuah tersebut. Mari menyantap makanan sehat dan juga bergisi, salam hangat dari penulis!

riskayuli nurvianthi

Penulis, Peneliti, Pengajar, volunteer, suka tantangan dan petualang.

View all posts

Add comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

About Us